Home Tazkiyah Fadhilah 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 2)

5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 2)

503
0
Shalat berjamaah (darussalam foto)

Lanjutan dari 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan

4. Saya tambahkan sepuluh pelajaran lebih banyak dari bilangan hari di bulan penuh berkah ini, tujuannya ialah:

a. Sebagian imam –semoga Allah selalu melindungi mereka- memberi ceramah kepada jamaah masjid sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari, dengan sepuluh pelajaran tersebut ia memiliki tema cadangan yang membantunya menunaikan tugas di atas.

b. Ada imam yang memilih tema yang sesuai dengan kondisi jamaah, sehingga variasi tema menjadi keniscayaan.

c. Saya khususkan tiga pelajaran untuk kaum perempuan, yang bisa disampaikan pada tiga majlis pengajian atau lebih, sesuai kebutuhan dan keinginan imam. Ini khusus untuk masjid yang memiliki tempat shalat khusus bagi perempuan.

5. Variasi tema memungkinkan disampaikannya tema-tema tersebut di luar bulan Ramadhan, dalam berbagai momentum khutbah dan ceramah, disebabkan materinya yang ringan dan penyertaan dalil dari Al-Qur`an dan Hadits.

Ketiga: Ada beberapa amalan yang bila dilakukan pada bulan Ramadhan menghasilkan manfaat lebih banyak, di antaranya:

1. Hadiah Ramadhan.

Hadiah merupakan pintu masuk meraih simpati, sarana dakwah, dan sarana yang mudah dan praktis. Pilihlah hadiah yang sesuai dengan warga lingkungan Anda yang menghadiri shalat jamaah di masjid, juga warga yang tidak hadir dalam shalat jamaah.

Usulkan agar diadakan kuis keluarga dengan berbagai hadiah menarik. Sediakan beberapa buku dan ceramah untuk masing-masing rumah. Ada banyak manfaat dalam kegiatan ini.

2. Menyampaikan nasihat kepada orang-orang yang kurang taat beragama, dan berkunjung ke rumah-rumah mereka dengan memanfaatkan momentum kedatangan bulan Ramadhan, untuk menyambung dan memperkuat hubungan yang selama ini renggang.

3. Mengundang para ulama dan dai untuk menyampaikan ceramah dan nasihat di masjid.

4. Berusahalah –semoga Allah melipatgandakan pahala Anda- agar buku-buku dan kaset-kaset islami yang bermanfaat bisa masuk ke setiap rumah. Coba rasakan besarnya pahala dan antusiasme penerimaan mereka.

5. Sebaiknya dipilihkan kitab yang sesuai untuk dibacakan kepada jamaah masjid. Di antara kitab-kitab yang dibutuhkan masyarakat ialah:

a. Kitab-kitab tentang akidah (tauhid) yang sesuai dengan pemahaman ahlussunnah wal jamaah.

b. Kitab-kitab tentang sejarah Islam.

c. Kitab-kitab tafsir terpercaya, seperti kitab tafsir Ibnu Katsir dan lain-lain.

d. Sejarah sahabat dan tabi’in seperti Shuwar Min Siyar Ash-Shahabah Wa Ash-Shahabiyat yang ditulis Syaikh Abdul Hamid As-Suhaibani –semoga Allah selalu membimbingnya-.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 3)