Home Tazkiyah Fadhilah 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 3)

5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 3)

384
0
Seorang dai berceramah di hadapan hadirin (radiosawa)

Lanjutan dari 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 2)

6. Memanfaatkan kehadiran kaum perempuan, dengan membagikan buletin dan buku khusus untuk mereka, menyampaikan tema tertentu dari sebuah kitab, atau menyampaikan ceramah setelah menguasai betul tema yang akan diangkat.

7. Menyediakan jamuan buka puasa untuk jamaah musafir.

Jangan lupa menyediakan buku-buku untuk pendatang luar negeri. Selain konsumsi fisik sediakan juga konsumsi rohani. Yang demikian itu sangat mudah dilakukan, kantor-kantor jawatan luar negeri dengan senang hati akan menyediakan buku untuk anda, buletin, bahkan dai dengan berbagai bahasa yang ada.

8. Majalah dinding di masjid memiliki pengaruh yang luar biasa. ‘Saya melihat dengan kepala mata saya sendiri, bagaimana banyak orang berdiri bermenit-menit untuk membacanya. Maka –semoga Allah memberkahi Anda- berusahalah untuk membuat variasi materinya dan menggantinya dari waktu ke waktu.

9. Hendaknya kegiatan Anda tidak terbatas hanya di dalam masjid.

Anda juga bertanggungjawab atas tempat-tempat bisnis di sekitar masjid Anda. Kunjungi mereka, sampaikan nasihat dan ajaklah untuk menerapkan syariah. Bagikan buku dan hadiah kepada mereka, ajak mereka untuk melaksanakan shalat.

Taruh majalah-majalah islami di tempat pangkas rambut dan tempat-tempat lain, untuk dibaca di bulan Ramadhan ini sebagai pengganti majalah yang ada.

10. Hendaklah Anda bersikap ramah, lembut, dan bermuka cerah.

Hal-hal ringan tersebut menjadi kunci pembuka hati yang keras. Cobalah, niscaya Anda akan melihat hasilnya.

11. Adakan acara lomba cerdas cermat untuk warga lingkungan dengan ragam pertanyaan, manfaatnya akan lebih merata, mencakup orang dewasa dan anak-anak, laki-laki dan perempuan.

Sediakan hadiah-hadiah yang memotivasi mereka untuk ikut serta dalam perlombaan. Jika memungkinkan, di bulan agung ini Anda mengadakan tiga kali perlombaan, satu kali setiap sepuluh hari.

Dari beberapa kali perlombaan itu, sebagian di antaranya melombakan buku atau kaset ceramah, di mana pertanyaan lomba diambil dari buku atau kaset tersebut, atau mencari solusi untuk problematika yang berkembang di tengah masyarakat, seperti sikap lalai terhadap shalat jamaah, fenomena kaum perempuan yang membuka wajahnya, dan lain sebagainya.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 4)