Home Tazkiyah Fadhilah 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan

5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan

1073
0
Kaum muslimin melaksanakan shalat (theatlantic)

Imam masjid adalah salah satu pemimpin yang harus ditaati oleh jamaah yang shalat di belakangnya. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, bahwa para imam shalat itu ditunjuk adalah untuk diikuti.

Melihat pentingnya peranan imam masjid di bulan Ramadhan, salah seorang ulama Arab Saudi bernama Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim, menulis risalah khusus untuk imam dalam kitabnya yang berjudul Arba’una Darsan Liman Adraka Ramadhan.

Berikut ini adalah tulisannya.

Segala puji hanya milik Allah yang telah mempermudah urusan ketaatan, yang telah mengangkat Anda sebagai imam dan teladan masyarakat. Semoga di hari-hari penuh berkah ini, tindakan saling memberi wasiat dan nasihat lebih ditegaskan.

Berdasarkan pengetahuan saya tentang lapangnya hati para penghafal Al-Qur`an, maka saya sampaikan kepada Anda beberapa hal yang semestinya tidak pernah hilang dari benak Anda yaitu yang saya sebutkan dalam poin-poin berikut:

Pertama, anda menanggung beban besar di bulan ini, juga bulan sebelumnya dalam mempersiapkan, mengkondisikan, dan mengulang hafalan.

Oleh karena itu, saya memohon kepada Allah semoga Dia menolong Anda dan memasukkan semuanya ke dalam timbangan amal kebaikan Anda.

Kedua, dalam tindakan tolong-menolong dalam kebaikan dan takwa, saya turut menanam saham berupa buku sederhana yang ada di hadapan Anda ini. Saya membaginya, seperti yang bisa Anda lihat sendiri, menjadi beberapa bagian berikut:

1. Tiga puluh pelajaran pertama saya bagi ke dalam beragam tema mencakup akidah, ibadah, dan akhlak.

2. Tema yang berkaitan dengan hari tertentu saya tempatkan pada hari dimaksud, misalnya tentang pertempuran Badar, saya tempatkan pada pelajaran tujuh belas, tentang zakat fitrah dan hukum-hukum idul fitri, saya letakkan pada malam dua puluh sembilan, dan begitu seterusnya.

3. Tidak mesti urutan yang saya buat sesuai dengan realitas jamaah masjid Anda. Anda boleh mendahulukan dan mengakhirkan tema sesuai keinginan Anda.

Di dalam daftar isi, saya cantumkan judul untuk masing-masing tema sekaligus kesimpulan isinya, sehingga Anda bisa memilih tema yang sesuai menurut Anda.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke 5 Nasihat Berharga Untuk Imam Masjid di Bulan Ramadhan (Bagian 2)

SHARE