Home Pemuda 5 Tips Efektif Pakai Instagram untuk Berdagang

5 Tips Efektif Pakai Instagram untuk Berdagang

648
0
www.notgreedy.media

Ada banyak cara berbisnis dalam jaringan (daring) alias online, bisa mulai membuka lapak di marketplace atau melalui media sosial. Dan salah satu media sosial yang kerap dipakai untuk mendukung bisnis adalah Instagram (IG). Agar IG tak hanya dipakai untuk selfie dan narsis saja.

Selain karena memiliki puluhan juta pengguna di Indonesia, platform ini juga bisa menjadi etalase virtual dan tentu saja irit biaya.

Lalu bagaimana cara efektif menggunakan IG untuk usaha? Berikut tipsnya:

  1. Postingan harus berbeda

    Pakailah karakter yang unik dan berbeda untuk mencitrakan produk Anda. Misalnya nggak harus menampakkan perempuan untuk produk kecantikan. Yang penting tonjolkan power yang unik dari merek produk Anda.

  2. Lihat angle foto

    Gunakan foto yang bisa membuat followers tergugah dan terus mengikuti perkembangan foto Anda. Susunlah konten Anda layaknya majalah, dengan foto yang unique dan caption atau keterangan foto yang menarik. Hindari foto yang mirip dalam tempo berdekatan.

  3. Istiqomah posting

    Istiqomah nggak hanya soal ibadah tapi juga amaliyah. Usahakan untuk selalu istiqomah (konsisten) dalam jumlah postingan dalam jangka waktu tertentu. Juga konten apa saja yang akan diposting. Tentu saja harus sesuai dengan merek yang akan dipamerkan. Tapi jangan sering memposting berlebihan karena followers akan diterpa rasa bosan.

  4. “Berhentilah” berjualan

    Berhentilah berjualan sejenak, berikan ruang waktu yang digunakan untuk merespons pertanyaan dan pernyataan followers. Ciptakan hubungan kedekatan sebagai bagian kontrol mutu.

  5. Jangan pelit

    Berikan semacam reward atau penghargaan bisa berupa kupon atau diskon melalui sayembara sederhana yang Anda ciptakan.

Selamat mencoba dan menuai keberkahan dengan berdagang. Cek IG kami ya, Sis!

[Paramuda/ BersamaDakwah]