Home Suplemen Resensi Panduan Lengkap Hadapi Kematian dan Hari Kiamat

Panduan Lengkap Hadapi Kematian dan Hari Kiamat

1736
0
ilustrasi kiamat dekat © heydiaspora.com

Sejak 1400-an tahun yang lalu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam sudah memberitahukan kepada umatnya bahwa kiamat sudah dekat. Banyak ayat dan hadits yang mengabarkan tentang kepastian dekatnya kiamat. Keduanya adalah sumber pasti yang mustahil terdapat kedustaan di dalamnya.

Maka kita yang hidup 1400-an tahun setelah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam diutus seharusnya semakin meyakini bahwa kiamat benar-benar sudah dekat, bahkan tak ada jarak lagi bagi diri untuk menjauh. Sayangnya, banyak di antara kita yang justru lalai, terkesan seperti tidak menghiraukan pesan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam 1400-an tahun silam itu.

Oleh karena alasan itulah, buku Al-Wa’dul Haq ini dihadirkan ke tengah-tengah pembaca Tanah Air oleh penerbit Maghfirah Pustaka. Sebuah buku paripurna yang menjelaskan proses kehidupan manusia, kematian, siksa atau nikmat kubur, hari kiamat, mahsyar, sampai surga dan neraka.

Buku ini dibuka dengan uraian kepastian yang mustahil diingkari. Semua yang hidup pasti akan mengalami kematian. Tak ada yang bisa mengelak. Mati tidak membutuhkan sebab. Lagi-lagi, banyak di antara kita yang melupakan kematian hingga hidup seenaknya sendiri. Padahal, hidup yang benar adalah mengikuti syariat-Nya.

Saking lalainya terhadap kematian yang amat pasti itu, banyak orang yang lupa berwasiat. Padahal, semua orang shalih dari kalangan Nabi dan para sahabatnya, semuanya berwasiat menjelang wafatnya. Mereka ingin memastikan bahwa tidak ada hak sesama yang belum ditunaikan dan memastikan agar keturunannya senantiasa berada dalam naungan iman dan Islam.

Selanjutnya, pembaca akan dibimibing menuju sejarah kematian orang-orang shalih, sebab-sebab kematian yang buruk, hingga kiat-kiat agar seorang hamba benar-benar siap untuk bertemu Allah Ta’ala.

Setelah usai mengantarkan pembaca pada gambaran kematian yang jelas dan menggerakkan diri untuk senantiasa mempersiapkan sebaik-baik bekal menghadapi kematian, pembaca akan dituntun untuk memasuki bilik-bilik alam barzakh yang terbentang luas dan terperinci.

Bukan hanya disajikan gambaran alam barzakh lengkap dengan nikmat kubur bagi orang beriman dan siksa kubur bagi orang kafir, pembaca akan dibimbing untuk mengetahui sebab-sebab siksa atau amal-amal yang mengantarkan pada nikmat di alam kubur.

Usai pengembaraan ruhani di alam kubur, pembaca akan diajak menyaksikan gambaran kiamat yang mengerikan. Dimulai dari penghancuran seluruh makhluk hidup, kebangkitan, hingga dikumpulkan di padang mahsyar dan hisab.

Sebelum itu, pembaca akan diajak membaca zaman dengan data-data amat valid yang mengisahkan tentang tanda-tanda kiamat, mulai dari tanda-tanda kecil-yang semuanya sudah terjadi-sampai tanda-tanda besar yang tinggal menunggu waktu.

Setelah digiring menuju sajian mahsyar melewati shirat, pembaca senantiasa dibuat peka perasaannya lantaran gambaran neraka yang tersaji di bawah jembatan amat tipis nan tajam itu. Namun jika berhasil, di depan sana ada telaga al-kautsar yang siap menjamu dengan ganjaran hilangnya seluruh dahaga, lapar, pedih, dan takut di sepanjang perjalanan melewati shirat.

Pada akhirnya, pembaca disajikan gambaran-gambaran neraka dan surga yang lengkap, beserta sebab-sebab yang mengantarkan kepadanya.

Nyaris saja, jika membaca buku ini dari awal sampai akhir, pembaca akan sukar bernafas dengan lega. Beruntungnya, penerbit menyajikan tampilan menakutkan yang amat pasti ini dalam bentuk buku bersampul tebal dengan kualitas kertas majalah yang tidak mudah rusak atau basah.

Tapi yang paling pasti, buku yang dibedah oleh Dr Amir Faishol Fath MA pada gelaran Islamic Book fair Februari 2016 lalu ini, insya Allah mampu mempertebal iman dan taqwa pembaca karena disajikan dengan dalil-dalil al-Qur’an, kebenaran hadits, dan penjelasan lugas nan berisi khas penulisnya.

Wallahu a’lam. [Pirman/Bersamadakwah]

Sampul Al-Wa'dul Haq
Sampul Al-Wa’dul Haq

Detail Buku:
Judul Asli : Al-Wa’dul Haq

Judul Terjemahan : Perjalanan Terakhir Anda yang Pasti Terjadi

Penulis : Dr. ‘Umar ‘Abdul Kafi

Penerjemah : Masturi Irham, Lc

Penerbit : Maghfirah Pustaka – Jakarta

Cetakan : I; Februari 2016

Ukuran : 400 halaman; 17×25 cm; Hard cover

ISBN : 978-979-25-2639-4

*Tulisan ini dimuat di Majalah Dakwah Islam Al-Intima’ Edisi 074
*Pesan buku Al-Wa’dul Haq atau majalah Al-Intima’ di 085691479667

Komentar