Home Tazkiyah Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya (Bagian 2)

Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya (Bagian 2)

526
0
Ilustrasi (glaucioborges)

Lanjutan dari Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya

Siapa laki-laki yang rawan mengalami obesitas?

Kaum laki-laki yang rawan obesitas adalah mereka yang dalam gaya hidupnya minim gerak tubuhnya. Biasanya gaya hidup seperti ini disertai dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang bergizi buruk.

Melihat kondisi kerja yang ada, seorang laki-laki duduk ber-jam-jam sepanjang siang di balik meja kantor, sehingga gerak tubuhnya lebih sedikit daripada kuantitas energi yang dihasilkan oleh makanan-makanan cepat saji yang dikonsumsi.

Sebagian besar manusia mengkonsumsi makanan-makanan yang berlemak, seperti makanan cepat saji, gorengan atau jajanan. Karena semua ini tersedia di mana-mana dan mudah mendapatkannya maka dengan berjalannya waktu menjadikan penumpukan lemak di dalam tubuh.

Semua faktor ini mendorong bertambahnya bobot tubuh dan obesitas.

Apa pengaruh obesitas saat usia dini?

Obesitas saat usia dini akan nampak efek negatifnya saat dewasa jika sejak dini tidak ditangani secara serius.

Meskipun ditangani biasanya anak itu tetap dalam kondisi obesitas. Karena dirasa sangat susah merubah kebiasaan saat dewasa maka lebih baik menanganinya sejak dini.

Apa penyakit yang mengancam laki-laki yang obesitas?

Penumpukan lemak di area perut sebagaimana yang dialami kaum laki-laki itu lebih berbahaya daripada yang ada di pinggul dan kedua paha perempuan.

Efek negatif obesitas

Obesitas menimbulkan beberapa efek negatif seperti rentan terkena penyakit jantung, saluran darah terlebih saat kolesterol dalam darah naik, penyakit ginjal, gula darah dan sesak nafas.

Kita juga harus waspada faktor-faktor psikologis yang timbul dari obesitas yang menyebabkan berkurangnya gerakan tubuh.

Apa terapi memperoleh berat badan yang sehat?

Pada tahun-tahun yang lalu banyak sekali sarana-sarana menangani obesitas mulai dari yang berbentuk obat-obatan sampai operasi.

Tetapi tidak diragukan bahwa cara terbaik dan paling aman adalah dengan mengatur konsumsi makanan yang seimbang di bawah pengawasan ahli gizi. Di samping juga harus melakukan olah raga secara konsisten.

Untuk menjaga berat badan yang ideal kita benar-benar harus merubah gaya hidup dengan memperbanyak gerak tubuh dan konsisten mengkonsumsi makanan yang sehat.

Maksudnya, dengan mengkonsumsi gula, jajanan, lemak, minyak dengan ukuran yang ideal dan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Jangan dilupakan meminum air putih, karena air putih termasuk salah satu unsur penting dalam proses mengurangi berat badan. Kami sarankan agar meminum air minimal satu setengah liter sehari.

Air putih tidak menyebabkan obesitas dan juga tidak dapat menghancurkan lemak sebagaimana yang diyakini sebagian kalangan. Tetapi sangat membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

Bagaimana cara melawan obesitas?

Proses melawan obesitas harus dimulai sejak dini dengan cara mengajari anak hal-hal yang positif. Setiap fase usianya harus selalu dipantau olah raganya dan juga makanannya agar benar-benar dapat mengatasi masalah ini.

Maksudnya, harus ada pantauan sekaligus aturan yang jelas jenis olah raga dan kuantitas makanannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Komentar