Home Tazkiyah Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya

Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya

853
0
ilustrasi (shutterstock)

Obesitas (kegemukan yang berlebih) bisa dialami oleh semua kalangan, baik anak-anak, maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan. Banyak orang yang menganggap enteng obesitas. Padahal, obesitas dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap tubuh.

Berikut adalah tulisan singkat yang penulis kutip dari buku Kuni Aniqah karya Shafa Syamandi dengan beberapa penyesuaian.

Melawan obesitas harus dilakukan sejak dini

Obesitas adalah penumpukan lemak secara tidak wajar di bagian-bagian tubuh sehingga menyebabkan berat badan meningkat secara tidak proporsional.

Penumpukan ini dipicu oleh ketidak-seimbangan sistem pencernaan tubuh yang mencapai 90%.

Bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor internal tubuh, seperti derasnya produksi kelenjar-kelenjar tubuh dan kurangnya aktivitas dan gerak tubuh. Terkadang juga timbul karena faktor keturunan dan psikologis.

Kaum laki-laki dan obesitas

Kaum laki-laki jauh lebih sedikit mengalami penambahan bobot tubuh dan segala efek sampingnya dibanding dengan kaum perempuan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak juga kaum laki-laki yang mengalami obesitas, terlebih pada hari-hari terakhir ini.

Secara umum obesitas kaum laki-laki adalah penumpukan lemak di sekitar perut, sehingga membentuk seperti buah apel (apple shape).

Perempuan dan obesitas

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa kaum perempuan paling banyak mengalami penambahan bobot tubuh daripada kaum laki-laki.

Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain adalah perbedaan struktur tubuh. Alasannya, karena kaum laki-laki secara alami memiliki urat-urat yang lebih besar daripada yang ada pada kaum perempuan.

Persebaran lemak dalam tubuh kaum perempuan (di perut dan di pinggul) bersifat keturunan. Tetapi secara umum perempuan Timur Tengah mengalami penumpukan lemak itu disekitar perut, sehingga membentuk seperti buah apel.

Penumpukan lemak di sekitar perut lebih berbahaya daripada yang berada di sekitar pinggul dan pantat.

Terdapat cara yang tepat untuk menentukan obesitas seseorang, yaitu dengan mengukur pinggul dan pantatnya; jika tonjolan lemak laki-laki lebih dari 1 cm atau 0.8 cm untuk perempuan, maka tingkat bahaya sangat besar, karena mereka benar-benar mengalami obesitas yang tertumpuk di area perut.

Ada juga bentuk obesitas ketiga yaitu kombinasi antara keduanya (penumpukan lemak di perut dan di pinggul), sehingga anggota tubuh orang tersebut menjadi gemuk semua.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Anda Mengalami Obesitas? Inilah Penyebab dan Solusinya (Bagian 2)

SHARE