Home Berita Arab Saudi Putuskan Hubungan Dagang dengan Iran

Arab Saudi Putuskan Hubungan Dagang dengan Iran

1376
2
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir (Reuters)

Pada hari Senin (4/1/2016) Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Luar Negerinya, Adel Al-Jubeir menyatakan keinginannya untuk memutuskan hubungan dagan dengan Iran serta menghentikan lalu lintas udara dari dan ke Republik Iran.

Dalam wawancara yang dilakukan Reuters dengan Al-Jubeir pada Senin, disebutkan bahwa pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi dengan Iran akan bersifat menyeluruh, termasuk hubungan dagang dan penerbangan, sehingga warga Arab Saudi tidak bepergian ke negara yang mayoritasnya menganut paham syiah itu.

Di samping itu, Al-Jubeir meminta Pemerintah Iran menghormati norma-norma hukum internasional sebelum memulihkan hubungan kedua negara tersebut sampai pada waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya, pada Ahad (3/1/2016) malam, Al-Jubeir mengumumkan secara resmi, bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dan memerintahkan agar semua diplomat Iran meninggalkan Arab Saudi sesegera mungkin.

Menurut Al-Jubeir, serangan sekelompok warga Iran terhadap kedutaan dan konsulat Arab Saudi merupakan pelanggaran yang nyata terhadap konvensi internasional.

Dalam banyak kasus, warga Iran sering melakukan penerangan terhadap kedutaan besar negara lain yang ada di negaranya. Demikian seperti diberitakan Islammemo. [Abu Syafiq/BersamaDakwah]

SHARE

2 KOMENTAR

  1. Sudah nyata sekali bahwa bahwa negara-2 Timur Tengah tidak lagi layak untuk dijadikan panutan bagi ummat Islam didunia khususnya Indonesia.
    Al Qur”an tidak akan pernah bohong asalkan ummatnya membacanya dengan hati yang tulus dan tidak dipengaruhi ikatan emosi,15 abad yang lalu sudah tercantum dalam Surat AtTaubah 97,dan surat Ar Raad ayat 37.mudah-2an tidak ada ummat Islam yang merasa tersinggung dengan peringatan tsb,saya hanya menyampaikan saja apa yang ada didalam kitabNya dan bukan untuk tujuan membenci suatu kaum apapun,ini hanyalah bentuk kewaspadaan saja.

  2. Arab saudi dan Iran harus saling berpikiran jernih dan Bijaksana.
    Cukup lah dgn pemutusan hubungan Diplomatik saja / urusan pemerintahan.
    tak usah penutupan keseluruhan, karena Rakyat kedua negara yang di rugi kan.
    Tidak semua Rakyat Iran mendukung Gerakan pembakaran kedutaan arabsaudi trsbt,
    Dan,..Rakyat Iran juga tdk semua nya Syiah, ada juga Sunni & yg lain nya.
    Bagaimana Rakyat itu ingin ke Tanah suci utk Haji atau Umroh,… ???
    JALAN KEKERASAN itu tidak menghasil kan kebaikan apa pun.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here