Home Ilmu Islam Hadits Berbuat Baik itu Perintah Allah

Berbuat Baik itu Perintah Allah

790
0
ilustrasi (hdw)

Sungguh, sangat banyak ayat Al-Qur`an yang menerangkan perintah Allah untuk berbuat baik (ihsan). Prof. Dr. Falih Ash-Shughayyir menulis kitab khusus tentang Ihsan ini dengan julud Haditsul Ihsan (Hadits tentang Ihsan). Berikut adalah ayat yang menerangkan keutamaan orang yang berbuat baik dan balasan yang akan mereka dapatkan di akhirat kelak.

1. Firman Allah Ta’ala,

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69).

2. Firman Allah Ta’ala,

كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيْئًا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ. إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

(Katakan kepada mereka), “Makan dan minumlah dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Mursalat: 43-44).

3. Firman Allah Ta’ala,

لَهُمْ مَا يَشَاءُوْنَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِيْنَ

“Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki di sisi Tuhannya. Demikianlah balasan bagi orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Az-Zumar: 34).

Itu adalah pahala yang Allah berikan kepada orang-orang yang berbuat baik, yakni surga nan abadi.

Selanjutnya, Prof. Dr. Falih menerangkan tentang keagungan ihsan, yaitu bahwa ia merupakan sifat terpuji, sifat para nabi dan rasul dan sifat hamba-hamba Allah yang Ikhlas. Dalam hal ini, tidak sedikit ayat yang menerangkannya. Mari kita simak bersama.

Firman Allah Ta’ala tentang Nabi Nuh,

سَلَامٌ عَلَى نُوْحٍ فِي الْعَالَمِيْنَ. إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

“Kesejahteraan (Kami limpahkan) atas Nuh di seluruh alam. Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Ash-Shaffat: 79-80).

Firman Allah tentang Nabi Ibrahim,

سَلَامٌ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ .كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

Selamat sejahtera bagi Ibrahim. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Ash-Shaffat: 109-110).

Firman Allah tentang Nabi Musa dan Harun,

سَلَامٌ عَلَى مُوْسَى وَهَارُوْنَ. إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

“Selamat sejahtera bagi Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Ash-Shaffat: 120-121).

Firman Allah tentang Nabi Ilyas,

سَلَامٌ عَلَى إِلْ يَاسِيْنَ. إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

“Selamat sejahtera bagi Ilyas.”Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Ash-Shaffat: 130-131).

Allah juga menyebutkan beberapa nabi lainnya dalam firman-Nya,

وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ. وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوْبَ كُلًّا هَدَيْنَا وَنُوْحًا هَدَيْنَا مِنْ قَبْلُ وَمِنْ ذُرِّيَّتِهِ دَاوُوْدَ وَسُلَيْمَانَ وَأَيُّوْبَ وَيُوْسُفَ وَمُوْسَى وَهَارُوْنَ وَكَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan itulah keterangan Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan derajat siapa yang Kami kehendaki. Sesungguhnya Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui. Dan Kami telah menganugerahkan Ishaq dan Ya‘qub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-An’am: 83-84).

Dari dalil-dalil di atas, jelaslah bahwa berbuat bak (ihsan) adalah perintah Allah, merupakan sifat para nabi, dan orang-orang yang berbuat baik di dunia akan dimasukkan ke dalam surga sesuai dengan kehendak Allah Ta’ala. Jadi, Jadi, apalagi yang menghalagi kita untuk berbuat baik?

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

SHARE

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here