Home Suplemen Resensi Bukan Sekadar Nulis, Pastikan Best Seller!

Bukan Sekadar Nulis, Pastikan Best Seller!

1169
0
sampul buku Bukan Sekadar Nulis, Pastikan Best Seller!@lisojungchan.blogspot

Menulis membuat warisan dalam sebuah peradaban. Dengan menulis mengajak manusia berinteraksi tentang adanya ilmu yang akan dikomunikasikan lewat sebuah karya. Banyak orang yang ingin menulis, tetapi tidak bisa menyusun satu kalimat pun. Seperti ada penjara dalam kata yang hendak keluar dari pikiran. Butuh strategi khusus agar dapat menulis dengan baik dan lancar tanpa hambatan.

Buku “Bukan Sekadar Nulis, Pastikan Best Seller!” karya Tendi Murti, merupakan solusi jitu bagi siapa saja yang ingin langsung belajar nulis. Ada formula-formula khusus yang dibahas dalam buku ini. Di antaranya; membuat judul dengan otak kanan, menemukan ide dengan cara yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, cara menulis cepat tanpa harus berpikir dengan otak kanan, 10 alasan yang akan membuat Anda tidak akan pernah berhenti menulis, 10 trik jitu menembus penerbit dan penerbit tidak akan menolaknya, kemudian 7 cara gila agar buku menjadi best seller.

“Kalau kamu bukan anak raja, dan bukan anak ulama besar, maka menulislah.” (Imam Ghazali). Quote inilah yang menginspirasi Tendi Murti untuk menjadi seorang penulis. Ketika ingin menulis saja masih banyak alasan, masih takut mengeluarkan ide atau bahkan bingung karena tidak tahu ilmu menulis yang harus dipelajari, maka alasan itu tidak bermakna lagi setelah Anda membaca buku ini.

Jika Anda belum mampu membuat sebuah media berupa film, atau radio, maka menulislah. Karena menulis merupakan salah satu media yang paling murah. (halaman 29)

Menulis adalah aktivitas yang dapat dijadikan sebagai sebuah jalan untuk mengeluarkan aspirasi, meningkatkan ilmu dan amal. Menurut Kyoto Mori, seorang penulis Jepang, “Saya pikir, hal terbaik menjadi seorang penulis adalah kita dapat mereka-reka segala sesuatu sekaligus mengatakan kebenaran pada saat yang sama.” Menulis bisa dijadikan sebagai media apa pun. Soe Hok Gie, seorang aktivis kampus UI yang disegani oleh para pakar politik dan mahasiswa UI karena tulisannya di berbagai media cetak yang sangat menggigit. Ia tumpahkan semua keluh kesahnya dalam bentuk tulisan. (halaman 35)

Ilmu teori menulis sudah dipelajari, tetapi ada saja yang membuat diri merasa minder? Cobalah sejenak untuk berpikir bahwa Anda adalah penulis. Percaya diri saja, sepercaya diri Ippho Santosa yang menyisipkan right di pertengahan namanya menjadi Ippho Right Santosa. Sepercaya diri teman saya yang mengatakan trainer muda se-Asia pada kartu namanya. Atau seperti Andrias Harefa yang mengikrarkan dirinya sebagai penulis sejati.(halaman 46)

Banyak cara agar kita bisa lancar menuliskan apa saja yang terlintas dari pikiran. Bukan hanya satu, dua atau tiga ide, tapi tak terhingga. Kenapa para penulis selalu tak kehabisan ide dalam menulis dan kenapa tema yang diambil sama tetapi sajian setiap penulis berbeda? Karena setiap penulis punya ilmu, pengalaman serta sudut pandang yang berbeda-beda.

Salah satu cara agar bisa menulis dengan cepat adalah dengan otak kanan. Visualisasi adalah bahasa otak kanan. Jadi ketika Anda melihat sebuah fenomena atau gambar, cobalah belajar untuk berimajinasi mengenai gambar tersebut. Banyak penulis yang hanya dengan melihat sebuah gambar atau tempat, ia mampu membuat sebuah tulisan yang sangat spektakuler. Harry Potter muncul karena hanya sebuah tembok yang dilewati J.K. Rowling. Seperti itulah kira-kira gambar atau sebuah tempat dapat menjadi sebuah ide yang layak untuk dijadikan sebuah tema buku. (halaman 67)

Buku ini juga bukan hanya memandu orang yang mau belajar menulis, tetapi memberikan kiat step by step agar tulisan bukan hanya sekadar kumpulan kalimat biasa, dan mengoptimalkan otak kanan agar menulis menjadi hal yang mudah dan menembus pintu penerbit bukan lagi halangan besar. Menjadi penulis bukan lagi sekedar impian. Buku ini bisa disebut sebagai peta, kompas sekaligus strategi di lapangan untuk sampai pada sebuah proses karya hingga terbit. [Ernawati/Bersamadakwah] Editor: Pirman Bahagia

Detail Buku :

Judul : Bukan Sekedar Nulis, Pastikan Best Seller!

Penulis : Tendi Murti

Penerbit : Elex Media Komputindo

Cetakan : 2015

Tebal : 138 Halaman

ISBN : 978-602-02-6402-8

SHARE

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here