Home Kisah-Sejarah Sirah Nabawiyah Bukti Malaikat Ikut Maju di Perang Badar

Bukti Malaikat Ikut Maju di Perang Badar

2626
0
Photo by Alecu Gabriel on Unsplash

Peristiwa Perang Badar mengandung salah satu mukjizat terbesar yang menghantarkan pasukan Muslim meraih kemenangan gemilang. Dalam perang itu, Allah menurunkan malaikat untuk ikut bertempur bersama pasukan Muslim. Fakta ini benar-benar terjadi, karena didukung sekian dalil, baik Al-Qur’an maupun sunnah yang sahih.

Ibnu Hisyam meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. berseru dari dalam kemahnya, “Bergembiralah, wahai Abu Bakar, karena pertolongan Allah telah datang kepadamu. Jibril telah meraih tali kekang kudanya, kemudian menghelanya ke arah kepulan debu.”

Yang dimaksud dengan kepulan debu di akhir kalimat adalah medan peperangan.

Ada yang mengatakan, “malaikat” sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT. di atas bukanlah dalam pengertian yang hakiki, tetapi lebih merupakan semangat spiritual, kekuatan batin, atau lainnya.

Pendapat ini dipatahkan ayat yang secara gamblang menyebutkan jumlah malaikat yang ikut membantu pasukan Muslim dalam Perang Badar. Dalam ayat tersehut Allah SWT. berfirman, “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, ‘SesungguhnyaAku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut,” (QS. Al-Anfal [8]: 9).

Penyebutan angka seperti itu jelas menunjukkan kuantitas sasuatu yang benar-benar nyata.

Dari sini kita tahu bahwa penyebutan angka secara eksplisit oleh Allah SWT. menutup celah bagi siapa pun yang ingin menakwilkan pengertian malaikat dengan berbagai hal lain berdasarkan dugaan
belaka.

Turunnya para malaikat untuk ikut bertempur bersama pasukan Islam ini bertujuan menenangkan hati para prajurit Muslim, sekaligus sebagai jawaban Allah SWT. terhadap doa yang dipanjatkan mereka. Apalagi pada saat itu, umat Islam yang baru pertama kali berperang fii sabilillah sudah menghadapi musuh yang jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah mereka.

Jika bukan karena pertolongan Allah SWT, tentulah turunnya malaikat itu tidak akan berarti apa-apa bagi pasukan Islam. Berkenaan dengan alasan diturunkannya para malaikat, Allah SWT. menjelaskan dalam firman-Nya, “Dan Allah tidak mcnjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan scbagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana,’ (Q3 Al-Anfal: 10).

Wallahua’lam. [@paramuda/BersamaDakwah]

SHARE

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here