Home Berita (Foto) Dilanda Kebakaran Hutan, 50 Ribu Warga Haifa Dievakuasi

(Foto) Dilanda Kebakaran Hutan, 50 Ribu Warga Haifa Dievakuasi

2504
0
Kebakaran yang melanda Israel 2010 silam (alaraby)

Otoritas Zionis Israel memerintahkan 50 ribu warganya untuk meninggalkan Haifa, kota ketiga terbesar di negara itu. Hal ini menyusul terjadinya kebakaran besar yang melanda negara Zionis tersebut semenjak Selasa malam (22 November 2016) lalu.

Kebakaran yang terjadi di sejumlah titik itu membuat otoritas Zionis Israel kelimpungan, seperti yang diungkapkan salah seorang pejabat.

Terkait hal ini, juru bicara walikota Haifa, Alice Doron mengatakan,

“Pihak berwenang setempat telah mengevakuasi sekitar 50 ribu orang dari kediaman dan tempat kerja mereka. Pada waktu yang sama, Pusat Manajemen Keadaan Darurat juga menyediakan makanan dan air minum untuk para korban kebakaran,” seperti dilansir AFP.

Menurut informasi, angin timur yang berhembus begitu kencang menyebabkan kebakaran bertambah hebat di sejumlah titik hutan yang berada di wilayah Zionis Israel dan Tepi Barat pada Kamis (24 November 2016) kemarin.

Hal ini menyebabkan penutupan sementara pada jalan utama yang menghubungkan Jerusalem (Al-Quds) dengan Tel Aviv.

Sebelumnya, pihak militer Zionis Israel menyebutkan bahwa dua batalyon yang berasal dari Home Front Command (Komando Front Internal) pasukan militer diperintahkan untuk membantu pengevakuasian warga Haifa dan membatalkan hari libur semua unsur militer.

Haifa adalah salah satu wilayah yang paling terpengaruh oleh kebakaran hebat yang melanda negara Zionis tersebut.

Bermula dari api yang menyala di hutan Gunung Karmel yang bersebelahan dengan kota itu, lalu api dengan sangat cepat menyebar ke dalam kota. Kebakaran hebat ini membuat sejumlah ruas jalan di Haifa lumpuh total.

Kebakaran ini juga memaksa pihak berwenang untuk menutup pelabuhan dan bandara Haifa guna mengantisipasi bertambahnya korban. Saat ini, paling tidak ada 100 orang lebih yang mengalami luka-luka dan sebagian besar dari mereka menderita sesak napas.

Kurangnya curah hujan ditambah tiupan angin timur dan cuaca kemarau yang ekstrem memperparah kebakaran yang terjadi pekan ini di bagian tengah wilayah Zionis Israel dan wilayah utara Tepi Barat.

Kebakaran tersebut menyebabkan rusaknya puluhan rumah di wilayah itu. Sampai saat ini, pihak terkait belum mengumumkan jatuhnya korban jiwa dalam peristiwa yang dahsyat tersebut.

Berikut kami lampirkan beberapa foto kebakaran di sejumlah wilayah Zionis Israel.

kebakaran-haifa2kebakaran-haifa3kebakaran-haifa5kebakaran6 kebakaran2kebakaran-hutan-israelkebakaran-hutan-israel2kebakaran-hutan-israel3kebakaran3 kebakaran4

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]