Home Tazkiyah Doa Doa Agar Tidak Disusahkan Iblis

Doa Agar Tidak Disusahkan Iblis

3219
3
ilustrasi. sumber gambar: dunia.news.viva

Doa berupa kalimat-kalimat mulia yang termaktub di dalam al-Qur’an dan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah senjata ampuh yang bisa melindungi kita dari godaan iblis dan bala tentaranya yang terlaknat. Tiada yang bisa melindungi kita dari iblis, kecuali perlindungan dari Rabb yang menciptakan seluruh makhluk. Dialah sebaik-baik Pelindung yang mustahil dilawan oleh makhluk mana pun.

Iblis akan berupaya menjerumuskan manusia ke dalam sengsara berkepanjangan. Mereka akan membisiki ke dalam hati manusia dengan perasaan khawatir,takut, sedih, dan kesusahan. Ia dan bala tentaranya akan senantiasa menggoda manusia hingga bergumul dalam perbuatan dan dosa sepanjang masa. Mereka bahagia ketika manusia merasa susah, lalu mencari perlindungan dari selain Allah Ta’ala.

Oleh karenanya, jangan bosan untuk berdoa. Senantiasalah memohon kepada Allah Ta’ala agar dilindungi dari bisikan dan godaan iblis yang terlaknat. Di antaranya dengan doa yang direkomendasikan oleh Nabi agar iblis tidak mampu menyusahkan kita. Kapankah sebaiknya doa ini dipanjatkan?

“Sungguh,” sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang disampaikan dari Abu Umamah, “apabila seseorang hendak keluar dari masjid, iblis berkumpul dan mengundang bala tentara dan teman-temannya sebagaimana berkumpulnya lebah di sarangnya.”

Adakah yang mampu keluar dan bebas dari kepungan iblis dan bala tentaranya ini? Siapakah yang mampu melindungi kita dari sergapan jahat dan bisikan kejinya? Bukankah keroyokan iblis dan bala tentaranya adalah seburuk-buruk kerjasama?

Jika demikian, apa yang harus kita lakukan?

“Jika seseorang di antara kalian berada di pintu keluar masjid,” demikian lanjut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni dan dinukil oleh Imam an-Nawawi dalam kitab al-Adzkar, “hendaklah kalian membaca اللهم انى اعوذبك من ابليس وجنوده (Allahumma innii a’udzubika min ibliisa wa junuudihi-Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari iblis dan bala tentaranya),”

“Jika doa tersebut dibaca,” janji Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “iblis tidak akan mampu menyusahkannya.”

Terkait doa keluar dari masjid ini, ada banyak riwayat lain yang disebutkan oleh Imam an-Nawawi dalam kitabnya ini. Di antaranya adalah,

اللهم افتح لى ابواب فضلك

Ya Allah, bukakanlah untukku pintu karunia-Mu.

بسم الله اللهم صل على محمد

Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, semoga shalawat senantiasa tercurah untuk Nabi Muhammad.

اللهم اعذنى من الشيطان الرجيم

Ya Allah, lindungilah aku dari godaan setan yang terkutuk.

Wallahu a’lam. [Pirman/BersamaDakwah]

Komentar