Home Tazkiyah Doa Doa Bila Anging Kencang atau Ada Angin Ribut

Doa Bila Anging Kencang atau Ada Angin Ribut

4017
0
angin kencang (theglobejournal.com)

“Angin kenceng…” kata seorang teman mengabarkan cuaca di tempatnya. Saat itu, kami sekeluarga yang sedang mudik juga mendapati hal yang sama. Angin kencang menerpa. “Bruakkk,” bunyi benda jatuh tersapu angin.

Sejumlah orang tampak ketakutan melihat angin sedahsyat itu. Pertama kalinya di tahun ini, menjelang musim penghujan. Genteng-genteng tetangga sampai berjatuhan menimpa rumah paman.

Teringat sebuah doa yang diajarkan Rasulullah, kami segera membaca doa tersebut dan mengajarkannya kepada anak-anak. Doa itu juga kami share kepada teman tadi.

Alhamdulillah, tak lama kemudian angin berhenti. Namun kami tak bisa langsung menuju tempat acara yang dimaksud teman tadi karena masih hujan.

“Di sini sudah normal setelah antum kirimi doa tadi,” sebuah WA masuk ketika kami minta ijin terlambat.

Alhamdulillah… Allah Subhanahu wa Ta’ala berkenan menghentikan angin kencang yang sebenarnya berlangsung singkat tersebut. Hanya sekitar 15 menit. Semata-mata hanya karena kehendak-Nya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya agar berdoa memohon kebaikan ketika ada angin yang berhembus kencang. Beliau bersabda:

لاَ تَسُبُّوا الرِّيحَ فَإِنَّهَا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ تَأْتِى بِالرَّحْمَةِ وَالْعَذَابِ وَلَكِنْ سَلُوا اللَّهَ مِنْ خَيْرِهَا وَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا

“Janganlah kalian mencaci angin, sebab ia merupakan angin Allah. Dengan angin, Allah mendatangkan rahmat dan adzab. Maka mohonlah kepada Allah kebaikan angin dan berlindunglah kepada Allah dari keburukan angin tersebut” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا عَصَفَتِ الرِّيحُ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika ada angin ribut beliau berdoa (yang artinya) “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan angin ini dan kebaikan yang terdapat di dalamnya serta kebaikan dari tujuan dikirimkannya. Dan aku berlindung dari keburukan angin, keburukan yang terdapat di dalamnya serta keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.” (HR. Muslim)

Jadi, doa ketika ada angin kencang atau angin ribut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan angin ini dan kebaikan yang terdapat di dalamnya serta kebaikan dari tujuan dikirimkannya. Dan aku berlindung dari keburukan angin, keburukan yang terdapat di dalamnya serta keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.”

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Bersamadakwah]