Home Keluarga Inilah 12 Ciri-Ciri Suami Idaman

Inilah 12 Ciri-Ciri Suami Idaman

1103
0
Pengantin (twobrightlights)

Suami idaman adalah dambaan semua wanita yang akan menikah. Sesungguhnya banyak cara untuk menjadi suami idaman para wanita sesuai dengan tuntunan Al-Qur`an dan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Dalam sebuah buku berjudul 1000 Tips Menggapai Rumah Tangga Bahagia, karya Batsinah As-Sayyid Al-Iraqi disebutkan 12 ciri-ciri suami idaman sebagai berikut:

1. Jujur dan penuh keterus terangan sejak awal, tidak menyembunyikan sesuatu yang dibenci oleh seorang perempuan ketika acara lamaran.

2. Bersikap baik ketika memperlakukan istri. Bersikap lemah lembut, menghormati istri dan keluarganya dan harta yang dimilikinya.

3. Suami paling baik adalah suami yang paling baik terhadap istrinya. Hanya suami yang mulialah yang akan menghormati istrinya dan hanya suami yang hinalah yang akan menghinakan istrinya.

4. Seorang suami teladan sering berlaku baik atau mencandai terhadap istrinya. Ia bisa memenuhi hak istrinya yang berupa kesenangan atau canda tawa.

5. Seorang suami idaman mampu mengendalikan rasa cemburunya, ia tidak bersikap berlebih-lebihan.

6. Mampu berbicara baik-baik dengan istrinya. Ia berbicara dengan istrinya dengan kata-kata yang lemah lembut penuh penghormatan.

7. Seorang suami idaman akan membiayai istrinya sedang-sedang saja, tidak berlebihan dan tidak juga bersikap kikir.

8. Seorang suami yang beradab tidak mungkin akan bersenang-senang sendiri sedangkan istrinya tidak mendapatkan bagiannya.

9. Seorang suami teladan akan selalu tampil menarik di depan istrinya. Ia akan selalu mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam hal kebersihan pribadi.

10. Seorang suami teladan mampu menyimpan rahasia hubungan intimnya. Ia tidak akan menceritakannya walaupun sedikit, karena menyebarluaskan hal tersebut termasuk perbuatan yang sangat tercela.

11. Seorang suami teladan selalu menjaga kewibawaannya dalam keadaan apapun, baik dalam bentuk fisik dan jiwanya dan ia tidak akan pernah condong kepada hal-hal yang akan menjatuhkan martabatnya.

12. Sesungguhnya contoh paling tinggi untuk para suami adalah akhlak Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam memperlakukan istri-istrinya.

Semoga bermanfaat. Aamiin.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]