Home Keluarga Inilah 13 Ciri-Ciri Istri Idaman

Inilah 13 Ciri-Ciri Istri Idaman

1523
0
Pengantin muslim (squarespace)

Menikah dengan istri dengan sempurna cita-cita semua laki-laki yang hidup di dunia ini. Namun, sesungguhnya bukan kesempurnaan yang dituntut dari seorang wanita yang akan dinikahi.

Sebab, kesempurnaan yang hakiki hanyalah milik Allah Ta’ala. Menurut hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, biasanya wanita itu dinikahi karena hartanya, kecantikannya, keturunannya dan agamanya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan laki-laki untuk memilih faktor agama dari seorang wanita yang akan dinikahinya.

Terikait istri idaman, dalam buku 1000 Tips Menggapai Rumah Tangga Bahagia, karya Batsinah As-Sayyid Al-Iraqi disebutkan ada 13 ciri-ciri sebagai berikut:

1. Seorang istri idaman akan selalu berusaha untuk tampil menarik di depan suaminya dengan sering bersolek dan berdandan di dalam rumahnya.

2. Seorang istri idaman akan selalu berusaha untuk tampak bersih, baik dirinya maupun rumahnya.

3. Seorang istri idaman akan selalu menaati suaminya dalam hal-hal yang tidak berisi kemaksiatan kepada Allah.

4. Selalu berusaha menjaga dirinya dan harta suaminya ketika sang suami tidak ada di rumah dan bisa memegang rahasia rumah tangga mereka berdua.

5. Mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak shalih dan berakhlak mulia dan tidak mempercayakannya kepada pembantu atau orang lain.

Sebab, seorang istri adalah seorang pemimpin dan akan dimintai pertangunggung jawabannya dari (anggota) yang dipimpinnya.

6. Seorang istri idaman adalah seorang istri yang qanaah (merasa cukup), ia rela dengan pemberian suaminya, baik sedikit maupun banyak dan tidak pernah menuntut sang suami dengan hal-hal di luar kemampuannya.

7. Seorang istri idaman mampu mengurus urusan di rumah, mampu mengatur pengeluaran uang keluarga.

8. Berakhlak mulia, dan hanya mengucapkan perkataan yang baik-baik saja dan tidak menambah beban suami.

9. Selalu menyambut sang suami dengan perkataan yang baik-baik, senyuman hangat dan penuh kedamaian.

10. Seorang istri idaman bisa bersikap baik terhadap keluarga suaminya, mencintai, berlemah lembut, nampak rasa hormat dan cinta.

11. Bisa menghormati perasaan suaminya dan mampu merasakannya.

12. Bisa menjaga ucapannya dan bisa memilih kata-kata dan perbuatan yang tidak akan menyakiti atau melukai perasaan suaminya.

13. Mampu menampakkan bahwa ia mencintai dan merasa bangga terhadap suaminya.

Di samping itu semua, yang terpenting adalah seorang istri idaman akan selalu berterima kasih kepada suaminya atas semua sikap baiknya, karena hal ini bisa mendatangkan rasa cinta dan mampu mendorong suami untuk menjadi lebih baik.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Amiin.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]