Home Ilmu Islam Fiqih Inilah 16 Keutamaan Ramadhan yang Perlu Diketahui

Inilah 16 Keutamaan Ramadhan yang Perlu Diketahui

261
0
Ilustrasi berbuka puasa (Huffpost/AFP)

Bulan Ramadhan tahun ini telah datang menghampiri kita. Sudah sepantasnya kita mengetahui kehormatan tamu ini dan menempatkannya sesuai dengan kedudukannya. Sungguh banyak keistimewaan yang ada di dalam bulan puasa yang penuh berkah ini sehingga tidak dapat dirinci satu demi satu.

Namun demikian, setidaknya ada 16 keistimewaan dan keutamaan bulan puasa ini yang perlu kita ketahui. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Puasa adalah salah satu rukun Islam di mana Islam tidak tegak tanpa rukun tersebut. Diriwayatkan dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam itu didirikan di atas lima perkara; bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menuaikan haji, dan puasa pada bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Pada bulan Ramadhan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam diutus dengan membawa risalah Islam bagi seluruh umat manusia.

3. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur`an. Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

4. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mana pahala amal kebaikan dilipatgandakan dan derajat orang-orang yang berpuasa ditinggikan.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda tentang keutamaan bulan Ramadhan yang berbunyi,

مَنْ تَقَرَّبَ فِيْهِ بِخَصْلَةٍ مِنَ الْخَيْرِ، كَانَ كَمَنْ أَدَّى فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ، وَمَنْ أَدَّى فِيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ

“Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah di dalamnya (bulan Ramadhan) dengan satu sifat kebaikan, maka ia seperti mengerjakan kewajiban pada bulan lain, dan barang siapa yang mengerjakan kewajiban di dalamnya ia seperti mengerjakan tujuh puluh kewajiban di bulan lain.” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Dari jalur periwatan ini, hadits tersebut berstatus lemah. Namun disebutkan di sini sebagai pemacu semangat untuk beribadah.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah 16 Keutamaan Ramadhan yang Perlu Diketahui (Bagian 2)