Beranda Tazkiyah Hikmah Inilah 3 Cara Menghindari Kesedihan (Bagian 2)

Inilah 3 Cara Menghindari Kesedihan (Bagian 2)

0
Ilustrasi berbuka puasa (Huffpost/AFP)

Lanjutan dari Inilah 3 Cara Menghindari Kesedihan

2. Bersedekah dan memberi infak di jalan kebaikan dalam rangka mencari ridha Allah Ta’ala

Dengan bersedekah dan berbuat kebajikan kepada sesama makhluk, dada menjadi lapang, hati menjadi lega, kesulitan menghilang, dan dijauhkan dari sifat kikir. Sedekah dan infak adalah bukti atas adanya iman.

Selain itu, pengaruh bersedekah terhadap jiwa dan timbulnya ketenangan serta kedamaian dalam hati setelah bersedekah adalah hal yang sudah teruji kebenarannya.

Oleh karena itu, amatilah olehmu suatu hari ketika kamu bersedekah, pasti kamu rasakan tidak seperti keadaanmu di hari yang lain ketika kamu tidak bersedekah.

Dalam ayat Al-Qur’an bahkan dinyatakan bahwa tidak ada rasa khawatir dan kesedihan datang kepada orang-orang yang bersedekah dan berinfak. Allah Ta’ala berfirman,

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.(QS. Al-Baqarah: 262)

Ibnul Qaiyim Rahimahullah menuturkan,

“Sesungguhnya sedekah itu mempunyai dampak yang sangat menakjubkan dalam menolak berbagai macam bencana, meski sedekah itu berasal dari orang yang berbuat durhaka, atau orang yang berbuat zhalim, atau bahkan dari orang kafir sekalipun.

Dengan sedekah, Allah Ta’ala menolak berbagai macam bencana dari pelakunya. Ini adalah hal yang sudah dimaklumi di kalangan manusia, baik orang-orang khusus maupun orang-orang awam. Seluruh penduduk bumi mengakui hal ini karena mereka telah mengalaminya.”

3. Banyak berdzikir kepada Allah Ta’ala

Dzikir kepada Allah Ta’ala juga mempunyai pengaruh yang menakjubkan untuk melapangkan dada, menenangkan jiwa, memberi kedamaian di hati, turunnya ketenteraman, dan menghilangkan kegalauan dan kesedihan dari dalam hati.

Allah Ta’ala berfirman,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللهِ أَلَا بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.(QS. Ar-Ra’d: 28).

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah 3 Cara Menghindari Kesedihan (Bagian 3)

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.