Home Tazkiyah Fadhilah Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

263
0
Shalat malam (Darussalam foto)

Lanjutan dari Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan

2. Qiyamullail (shalat malam)

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang mendirikan (shalat) malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah berlalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Allah Ta’ala berfirman,

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا – وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (QS. Al-Furqaan: 63-64)

Diriwayatkan dari Sa`id bin Yazid, ia berkata,

“Dulunya ada seorang imam membaca ratusan ayat Al-Qur`an, sampai kami harus bersandar dengan tongkat karena lamanya berdiri. Dan orang-orang tidak keluar dari masjid kecuali ketika fajar menyingsing.”

3. Bersedekah

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, ia berkata,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُوْنُ فِي رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ … فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلاَم كَانَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

“Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah manusia paling dermawan terhadap kebaikan. Dan beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan, ketika berjumpa dengan Jibril… Jika Jibril menemuinya, maka beliau lebih dermawan terhadap kebaikan dari pada hembusan angin.” (HR. Al-Bukhari).

Sedekah pada bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, karenanya bersegeralah melakukannya. Ada beberapa bentuk sedekah pada bulan Ramadhan:

a. Memberi Makan

Allah Ta’ala berfirman,

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا – إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا – إِنَّا نَخَافُ مِنْ رَبِّنَا يَوْمًا عَبُوسًا قَمْطَرِيرًا – فَوَقَاهُمُ اللَّهُ شَرَّ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَلَقَّاهُمْ نَضْرَةً وَسُرُورًا – وَجَزَاهُمْ بِمَا صَبَرُوا جَنَّةً وَحَرِيرًا

 “Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan, (sambil berkata),

“Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu. Sungguh, kami takut akan (azab) Tuhan pada hari (ketika) orang-orang berwajah masam penuh kesulitan.”

Maka Allah melindungi mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka keceriaan dan kegembiraan. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabarannya (berupa) surga dan (pakaian) sutera.” (QS. Al-Insaan: 8-12).

Oleh karena itu, para salafus shalih gemar memberi makan, baik dengan memberi makan kepada orang kelaparan, atau memberi makan saudara muslim yang shalih. Tidak ada syarat fakir miskin bagi orang yang diberi makan.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 3)