Home Tazkiyah Fadhilah Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 3)

Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 3)

779
0
Jamaah Masjid Nabawi (alyaum)

Lanjutan dari Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

Di dalam hadits riwayat Abdullah Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma disebutkan,

أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ اْلإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, ‘Bagaimanakah (menjalankan) Islam yang baik?’

Beliau menjawab, ‘Kamu memberi makan, dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Imam Asy-Syafi’i Rahimahullah menuturkan,

“Amalan yang lebih disukai bagi seseorang adalah bertambah dermawan di bulan Ramadhan karena meneladani Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, membantu orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya, dan karena kesibukan sebagian mereka dalam beribadah yang mengakibatkan mereka tidak bisa bekerja maksimal.”

b. Memberi santapan berbuka bagi orang yang berpuasa

Terdapat banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan tindakan ini. Di antaranya adalah sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ إِلاَّ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ

“Barang siapa yang memberi santapan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang tersebut, hanya saja tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Ahmad)

4. Bersungguh-sungguh dalam membaca Al-Qur`an

Ramadhan adalah bulan Al-Qur`an, maka seyogianya seorang hamba muslim memperbanyak membaca Al-Qur`an di bulan ini. Disebutkan bahwa karakter generasi salaf adalah sangat perhatian kepada Al-Qur`an.

Jibril Alaihissalam mengecek bacaan Al-Qur`an Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam di bulan Ramadhan. Utsman bin Affan mengkhatamkan bacaan Al-Qur`an satu kali dalam sehari.

Ada juga beberapa generasi salafus shalih yang mengkhatamkan Al-Qur`an dalam qiyamullail (shalat malam) mereka dalam satu malam. Ada juga yang mengkhatamkannya dalam tiga malam, sebagian yang lain dalam tujuh malam, sebagian yang lain dalam sepuluh malam.

Ibnu Rajab mengatakan,

“Adapun larangan untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur`an dalam tiga hari adalah bila dilakukan secara kontinu.

Namun bila dilakukan pada waktu-waktu utama, seperti bulan Ramadhan khususnya malam-malam yang diharapkan turunnya lailatul qadar, atau di tempat-tempat utama, seperti halnya Makkah bagi selain penduduknya, maka dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Qur`an, untuk memanfaatkan keutamaan yang dimiliki waktu dan tempat tersebut.

Ini adalah pendapat Ahmad, Ishaq, dan imam-imam yang lain. Apa yang dilakukan ulama lain juga menunjukkan pendapat ini.”

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 4)

SHARE