Home Tazkiyah Fadhilah Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan

Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan

282
0
Berbuka puasa (Darussalam foto)

Jika berbicara tentang bulan Ramadhan yang penuh berkah, maka kita akan selalu mendengar para penceramah, para ustadz, kiyai, dan ulama yang menyebutkan amalan-amalan yang seharusnya di lakukan pada bulan tersebut.

Namun, banyak kaum muslimin yang tidak mengindahkan nasihat dan ceramah para ulama. Bahkan, ada yang menentangnya.

Untuk mengingat-ingat kembali, berikut ini kami tulis beberapa amalan yang ditegaskan pelaksanaannya di bulan Ramadhan seperti dikutip dari kitab Arba’una Darsan Liman Adraka Ramadhan karya Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Puasa

Amalan yang wajib dilakukan pada bulan Ramadhan ini adalah puasa di samping amalan wajib yang harus dilakukan seperti bulan-bulan lain di luar Ramadhan. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَة ضِعْفٍ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوْفُ فِيْهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan anak Adam adalah miliknya, setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipatnya.

Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, sebab puasa adalah milikku dan aku memberi balasan atas puasa tersebut. Dia meninggalkan syahwat, makanan, dan minumannya demi Aku.’

Orang yang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan; kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya. Dan bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi bagi Allah dari aroma kasturi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam juga bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah berlalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Puasa adalah menahan diri dari makanan dan tindakan haram; berkata dusta, keji, menggunjing, atau mengadu domba.

Saudaraku, janganlah Anda menyamakan hari berpuasa dengan hari Anda tidak berpuasa. Jangan sampai Anda mendapatkan dari puasa Ramadhan ini sekadar lapar dan dahaga.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah 7 Amalan yang Seharusnya Dilakukan Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

SHARE