Home Ilmu Islam Inilah 9 Urgensi Sholat, Nomor 4 Cukup “Unik”

Inilah 9 Urgensi Sholat, Nomor 4 Cukup “Unik”

0
unsplash

Sholat merupakan rukun Islam. Ia menjadi pembeda antara umat Islam dan non-Islam. Lalu apa urgensi dari sholat dalam Islam?

Berikut ini adalah urgensi sholat di dalam Islam:

1. Sholat adalah rukun yang bersifat amali (perbuatan anggota tubuh) yang pertama di dalam Islam dan merupakan rukun yang kedua setelah syahadat.

2. Allah mewajibkan sholat kepada Rasulullah SAW. pada malam mi’raj dengan tanpa perantara. Atas saran Nabi Musa AS, Rasulullah SAW. berulang kali menghadap Allah SWT. untuk meminta keringanan. Pada malam itu, Rasulullah menjadi orang yang paling mulia melebihi kedudukan malaikat Jibril. Malaikat Jibril-hanya-berdiri di depan Sidratul Muntaha, seandainya ia mendekat maju, pastilah ia terbakar. Namun, Rasulullah melewatinya hingga tiada sesuatu pun antara beliau dengan Allah SWT, kecuali cahaya sebagai penghalangnya. Allah berbicara langsung kepada beliau dan mewajibkan sholat. Demikian ini menunjukkan betapa mulia dan tingginya kedudukan Rasulullah Muhammad SAW.

3. Siapa yang menjaga sholat maka terhadap yang lain dia akan lebih bisa menjaga. Sebaliknya, Siapa yang mengabaikan sholat maka terhadap selainnya dia akan lebih mengabaikan.

4. Tiada satu pun di dalam rukun Islam yang jika ditinggalkan menjadikan kafir, kecuali sholat.

5. Dosa dan kesalahan akan terhapus oleh sholat, sebagaimana hilangnya kotoran oleh air.

6. Pembagian waktu sholat pada malam dan siang menjadikan hamba selalu terikat dengan Rabbnya.

7. Perhatian Nabi SAW dalam mengajarkan sholat kepada para sahabat sangat besar, beliau bahkan masih mewasiatkan sholat kepada mereka hingga saat menjelang kewafatan beliau.

8. Islam menjadikan azan sebagai seruan berkumpul untuk melaksanakan sholat sebagai kewajiban, sengaja meninggalkan sholat adalah berdosa.

9. Banyaknya teks Al-Qur’an dan hadits Nabi yang menerangkan tentang perintah menjaga sholat pada waktunya. Menjelaskan bahwa sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, tiada kedudukan dalam Islam bagi yang tidak melaksanakan sholat, sholat merupakan kesenangan jiwa dan sholat adalah penggembira hati Rasulullah.

Wallahua’lam. [@paramuda/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.