Home Tazkiyah Inilah Dampak Kesedihan Bagi Individu dan Masyarakat

Inilah Dampak Kesedihan Bagi Individu dan Masyarakat

356
0
ilustrasi sedih (hdwallpapersrocks)

Sedih adalah salah satu sikap manusia ketika tidak mendapatkan sesuatu yang dinginkan atau kehilangan sesuatu yang dicintai. Jika yang terjadi adalah sekadar sedih, maka itu merupakan fitrah manusia.

Namun, jika berlebihan dan melampaui batas, tidak diragukan lagi bahwa kesedihan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi individu dan masyarakat.

Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam senantiasa memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari kesedihan, sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu dalam Shahih Al-Bukhari yang berkata,

“Dahulu aku menjadi pelayan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, aku sering mendengar beliau berdoa,

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, sifat kikir dan pengecut, lilitan hutang, dan dikuasai orang lain.” (HR. Al-Bukhari).

Allah Ta’ala telah menciptakan manusia dalam keadaan lemah, sebagaimana Dia firmankan,

وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيْفًا

“Dan, manusia diciptakan bersifat lemah.” (QS.  An-Nisa`: 28).

Apabila seseorang ditimpa musibah, hal tersebut akan sangat mempengaruhi jiwa dan fisiknya. Seseorang akan dirundung kesedihan, kecuali orang yang dirahmati Allah Azza wa Jalla.

Sejumlah dampak negatif yang timbul akibat kesedihan itu berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain.

Hal tersebut dikarenakan di samping keterkaitan dengan dahsyat dan tidaknya musibah yang menimpa, dapat juga disebabkan kesiapan jiwa orang yang terkena musibah, atau bergantung pada kuat-lemahnya keimanan kepada qadha dan qadar Allah Ta’ala.

Begitu juga, bergantung pada berulang-ulangnya dan berapa lamanya kesedihan itu berlangsung. Oleh karena itu, dampak negatif yang akan disebutkan nanti tidak mesti dialami setiap orang yang sedang ditimpa kesedihan.

Dampak negatif kesedihan bagi individu

Adapun dampak negatif kesedihan bagi individu yang dapat penulis sebutkan di sini, antara lain ialah:

1. Lesu dalam berpikir dan kurang konsentrasi terhadap sesuatu.

2. Padamnya kobaran semangat dalam jiwa, atau dengan kata lain runtuhnya semangat.

Hal ini mengakibatkan orang yang sedang sedih tidak bisa berpikir sehat dan tidak berbuat sesuatu yang bermanfaat, bahkan dapat menghambat segala kegiatannya.

3. Cepat merasa lelah, fisik lemah, dan terasa sakit di sekujur tubuh, terutama rasa nyeri di kepala dan semua persendian.

4. Meningkatnya detak jantung.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah Dampak Kesedihan Bagi Individu dan Masyarakat (Bagian 2)

SHARE