Home Ilmu Islam Fiqih Inilah Kesalahan Orang Berpuasa yang Harus Dijauhi (Bagian 2)

Inilah Kesalahan Orang Berpuasa yang Harus Dijauhi (Bagian 2)

1376
0
ilustrasi (skymetweather)

Lanjutan dari Inilah Kesalahan Orang Berpuasa yang Harus Dijauhi

10. Meninggalkan qiyamullail yang dikhususkan pelaksanaannya pada sepuluh hari terakhir.

Disebutkan dalam sebuah riwayat, bahwa begitu tiba sepuluh hari terakhir, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menghidupkan malam-malamnya, membangunkan keluarganya, dan mengeratkan ikat pinggangnya, yakni tidak mencampuri istrinya.

11. Begadang pada malam hari, kemudian tidur hingga melewatkan shalat subuh, sehingga baru dikerjakan pada waktu dhuha (matahari mulai naik).

Ini merupakan tindakan lalai dalam urusan kewajiban.

12. Kikir terhadap harta dan mengabaikan orang-orang yang memerlukan.

Perbuatan ini tentu tidak sesuai dengan spirit Ramadhan, karena jumlah orang-orang yang membutuhkan semakin bertambah pada bulan Ramadhan. Disamping itu, pahala sedekah dilipatgandakan pada hari-hari ini.

13. Banyak orang yang tidak perhatian untuk membayar zakat harta secara sempurna.

Banyak tidak mengetahui bahwa padahal zakat setara dengan shalat dan puasa, meskipun ibadah ini tidak khusus hanya pada bulan Ramadhan.

14. Lalai dari berdoa pada waktu puasa, terlebih pada waktu berbuka, karena sibuk makan dan minum.

Dalam sebuah hadits disebutkan tentang anjuran berdoa dan orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak ketika ia berbuka.

15. Mengabaikan sunnah iktikaf di bulan Ramadhan, khususnya pada sepuluh hari terakhir.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa anjuran untuk beriktikaf terdapat di dalam Al-Qur`an dan hadits.

16. Banyak kaum perempuan yang turut hadir di masjid, dengan pakaian mencolok disertai parfum dan wewangian, padahal rentan menimbulkan fitnah.

17. Kaum perempuan menggampangkan pergi ke pasar pada malam Ramadhan, bahkan bersama sopir asing dan tanpa mahram, dan biasanya tanpa kebutuhan mendesak.

Ya Allah, sempurnakanlah bulan ini untuk kami dengan aman dan iman, dengan keselamatan dan keislaman.

Ya Allah, bantulah kami untuk menunaikan puasa dan beribadah pada malam harinya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang Engkau bebaskan dari api neraka, termasuk orang-orang yang beruntung dengan mendapatkan kedudukan tinggi di surga.

Ya Allah, ampunilah kami, orang tua kami, dan segenap kaum muslimin. Ya Allah, karuniakanlah kepada kami rasa aman di negara kami, perbaikilah kondisi para pemimpin kami.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]