Home Tazkiyah Fadhilah Inilah Keutamaan Berderma Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

Inilah Keutamaan Berderma Pada Bulan Ramadhan (Bagian 2)

0
berderma
ilustrasi (cryptoindex)

Lanjutan dari Inilah Keutamaan Berderma Pada Bulan Ramadhan

Malik bin Anas Rahimahullah menyebutkan hadits ini dalam kitabnya Al-Muwatha`. Dengan demikian, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling dermawan secara mutlak.

Kedermawanan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam terlihat dari berbagai aspek kehidupan, berupa mempersembahkan ilmu dan harta, mempersembahkan jiwa raga kepada Allah Ta’ala dalam membela agama dan menuntun para hamba-Nya ke jalan yang benar.

Di samping itu, beliau memberikan hal-hal yang bermanfaat kepada manusia dengan segala cara berupa memberi makan kepada yang lapar, menasihati orang yang jahil, menunaikan kebutuhan mereka, serta ikut menanggung beban berat mereka.

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam senantiasa menjalankan sifat-sifat terpuji ini sejak beliau mulai beranjak dewasa. Oleh karena itu, Khadijah Radhiyallahu Anha pada awal masa beliau diutus sebagai nabi mengatakan,

“Demi Allah, Dia tidak akan menghinakan engkau selamanya karena engkau terbiasa menyambung silaturahmi, memuliakan tamu, ikut menanggung beban orang lain, memberi bantuan kepada yang tidak mampu, serta membantu orang yang berada dalam kesulitan.”

Kemudian sifat-sifat mulia ini bertambah sempurna setelah beliau diutus menjadi Nabi. Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia menuturkan,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْسَنَ النَّاسِ وَأَجْوَدَ النَّاسِ وَأَشْجَعَ النَّاسِ

“Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling baik, paling dermawan, dan paling berani.” (Muttafaq Alaih)

Dalam riwayat lain dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, disebutkan,

مَا سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى اْلإِسْلاَمِ شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ قَالَ فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَأَعْطَاهُ غَنَمًا بَيْنَ جَبَلَيْنِ فَرَجَعَ إِلَى قَوْمِهِ فَقَالَ يَا قَوْمِ أَسْلِمُوا فَإِنَّ مُحَمَّدًا يُعْطِي عَطَاءً لاَ يَخْشَى الْفَاقَةَ

 “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah menolak permintaan seseorang untuk dakwah Islam. Suatu saat seorang laki-laki datang, lalu beliau memberinya kambing yang sangat banyak, sebanyak isi tengah lapangan antara dua gunung. Kemudian dia pulang kepada kaumnya dan berkata, “Wahai kaumku, masuk Islamlah kalian, karena Muhammad itu memberi suatu pemberian seperti orang yang tidak takut melarat” (Muttafaq Alaih).

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah Keutamaan Berderma Pada Bulan Ramadhan (Bagian 3)

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.