Home Tazkiyah Akhlak Inilah Manfaat Akhlakul Karimah yang Sering Terlupakan (Bagian 4)

Inilah Manfaat Akhlakul Karimah yang Sering Terlupakan (Bagian 4)

629
0
Senyum (flickr)

Lanjutan dari Inilah Manfaat Akhlakul Karimah yang Sering Terlupakan (Bagian 3)

Wahai saudara dan saudariku yang beriman!

Jangan tenggelamkan dirimu ke dalam iri dengki, benci, berkata-kata kotor, tidak adil, menggunjing, pelit, dan memutus tali silaturrahim.

Sungguh saya (penulis) heran, melihat orang yang setiap hari membasuh wajahnya sebanyak lima kali untuk memenuhi panggilan Allah Ta’ala, tetapi tidak pernah membasuh hatinya sekali saja dalam setahun, agar lenyap semua bisikan keduniaan, kepekatan hati, dan perangai buruknya.

Usahakanlah untuk selalu menahan amarah. Buatlah orang tuamu, istrimu, anak-anakmu, teman-temanmu, dan orang-orang yang ada di sekelilingmu tenang, bahagia, dan bangga dengan perkataan lembutmu, sopan santunmu, dan keceriaan wajahmu.

Wahai saudaraku yang tericinta karena Allah!

Perhatikanlah selalu wasiat agung Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang tertuang dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar.

Ia menuturkan, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda kepadaku,

اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

“Bertakwalah kamu dimana pun kamu berada! Lakukanlah kebaikan setelah melakukan kesalahan, niscaya kebaikan itu menghapusnya. Dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang mulia.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita semua dalam golongan orang-orang yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلاَقًا

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai, dan orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat, adalah orang-orang yang baik budi pekertinya.” (HR. At-Tirmidzi).

Ya Allah, kami memohon kepadamu ampunan, kesehatan dan keselamatan yang langgeng. Ya Allah, perbaikilah akhlak kami dan perbuatan kami.

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperbaiki rupa kami, maka dengan anugerah-Mu perbaikilah akhlak kami. Ya Allah, ampunilah kami, kedua orang tua kami dan semua kaum muslimin.

Semoga shalawat dan salam tetap terlimpah kepada nabi Muhammad, serta keluarga dan para shahabatnya. Semoga tulisan bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Demikian dikutip dari Durus Al-Am karya Syaikh Dr. Abdul Malik Al-Qasim.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]