Home Tazkiyah Hikmah Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (2)

Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (2)

964
0

2. Semangat dan bekerja keras

Bagi Abdurrahman bin Auf, bisnis adalah pekerjaan dan tanggung jawab. Jika sukses akan semakin mengasah jiwanya dan menambah semangat kerjanya.

Ia adalah orang yang penuh semangat. Semangatnya yang tinggi itu terasa tersalurkan ketika ia sibuk bekerja.
Jika ia tidak sedang shalat di masjid atau berperang di medan laga, maka dia sedang sibuk di bisnisnya yang sangat sukses. Lihatlah, kafilah dagangnya yang datang dari Mesir dan Syam membawa muatan yang mencukupi seluruh kebutuhan Jazirah Arab.

3. Menjadi super dermawan

Abdurrahman bin Auf pernah minta bantuan saudara Ansharnya untuk membeli tanah di dekat pasar dan mempersilahkan para pedagang untuk berjualan dilokasi itu. Sistem pembayarannya menggunakan bagi hasil dari keuntungan yang didapat. Para pedagang menganggap sistem ini lebih baik, bahkan jika saat hari itu pedagang tersebut tidak untung, maka tidak ada bagi hasil yang perlu dibayarkan.

Perlahan-lahan para pedagang pindah ke pasar baru yang dibuat Abdurrahman bin Auf. Sistem tersebut sangat membantu mereka untuk menurunkan beban biaya sewa kios dan menurunkan harga jual dagangan mereka yang akhirnya menyebabkan semakin lakunya barang dagangan mereka jika dibandingkan dengan para pedagang pasar Madinah sebelumnya.

Pada hal yang lain,Saat Rasulullah mempersiapkan logistik perang Tabuk, Abdurrahman bin Auf datang dengan membawa 200 uqiyah emas dan menginfakkannya di jalan Allah. Rasulullah pun bertanya kepadanya, ”Wahai Abdurrahman, apa yang telah engkau tinggalkan untuk keluargamu?” Dia menjawab, ”Wahai Rasulullah, aku telah meninggalkan untuk mereka lebih banyak dan lebih baik dari yang telah aku infakkan.” ”Apa itu?” tanya Rasulullah. Abdurrahman menjawab, ”Apa yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya berupa rizki dan kebaikan serta pahala yang banyak.”

Diketahui bahwa satu uqiyah beratnya sekitar 33,85 gram. Jika dikalikan 200 maka hasilnya 6770 gram atau sekitar 6,7 Kg emas.

Pada suatu waktu, Abdurrahman bin Auf membiayai perjuangan Rasulullah dengan menyediakan perlengkapan sebanyak 500 ekor kuda tempur, pakaian makanan untuk dipergunakan oleh para prajurit dan juga dalam waktu yang sama membawa karavan perbekalan yang diangkut oleh 500 unta.

Selain dikenal sebagai pribadi yang mudah berinfaq Abdurrahman bin Auf juga diceritakan merupakan orang yang paling banyak memerdekakan hamba sahaya. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Abdurrahman bin Auf telah memerdekakan hamba sahaya sebanyak 30.000 ribu jiwa. Dalam riwayat lain dikabarkan bahwa beliau memerdekakan sebanyak 30 hamba sahaya dalam satu hari.

Selepas wafatnya Rasulullah, Abdurrahman bin Auf adalah sahabat yang menjaga dan mengayomi para istri nabi. Ia selalu berusaha untuk menafkahi mereka, mencukupi kebutuhan mereka dan ikut menyertai apabila mereka berhaji. Dia juga mewasiatkan memberikan kepada mereka sebuah kebun yang nilainya senilai 40.000 dinar.
(Yakhsyaa/BersamaDakwah)

berlanjut ke: Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (3)