Home Tazkiyah Hikmah Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (3)

Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (3)

837
0

4. Patuh pada seluruh perintah Allah dan Rasul-Nya

Ia masuk Islam sejak fajar Islam menyingsing. Ia masuk Islam sejak awal sekali, sebelum Rasulullah saw menjadikan rumah Arqam sebagai tempat pertemuan dengan para sahabat.

Dia adalah satu dari delapan orang yang pertama kali masuk Islam. Abu Bakar datang menyampaikan Islam kepada Abdurrahman bin Auf, Usman bin Affan, Zubair bin Awwam , Thalhah bin Ubaidillah, dan Sa’d bin Abi Waqqash. Tidak ada sedikitpun cahaya yang tertutup. Tidak ada keraguan sedikitpun di hati mereka. Bersama Abu Bakar, mereka segera menemui Rasulullah untuk menyatakan keislaman mereka.

Sejak keislamannya, Abdurrahman bin Auf kerap mendapat gangguan dan penghinaan dari orang-orang kafir Quraisy. Namun hal itu tak lantas menyurutkan langkahnya untuk terus berislam.

Sejak masuk Islam hingga meninggal dunia pada usia 75 tahun, dia menjadi teladan utama seorang mukmin yang agung. Ketika Rasulullah memerintahkan kaum muslimin hijrah ke Habasyah , ia ikut dalam rombongan itu. Kemudian, ia kembali lagi ke Habasyah untuk kedua kalinya, iapun ikut hijrah ke Madinah. Ia ikut dalam perang Badar, Uhud, dan peperangan lainnya.

5. Memastikan kehalalan bisnisnya

Yang menjadikan bisnisnya sukses dan berkah adalah karena ia selalu memperhatikan kehalalan bisnisnya. Bahkah ia tidak mau melakukan yang syubhat (tidak jelas kehalalan dan keharamannya).

Sebelum meninggal dunia, ia mewasiatkan 50 ribu Dinar untuk kepentingan jihad di jalan Allah dan 400 dinar untuk setiap pahlawan Perang Badar yang masih hidup. Utsman bin Affan yang terbilang kaya-raya pun mengambil bagiannya. Ia Berkata, “Harta kekayaan Abdurrahman bin Auf halal dan bersih. Memakannya akan membawa keselamatan dan berkah.”

6. Zuhud terhadap dunia

Harta kekayaan biasanya mengundang kekuasaan. orang-orang kaya selalu ingin mempunyai pengaruh untuk melindungi kekayaan mereka dan melipatgandakannya, akan tetapi, jika kita melihat kekayaan Abdurrahman bin Auf dengan kekayaannya yang melimpah ini, kita akan menemukan manusia super yang luar biasa. Ia sanggup menjauhi sifat-sifat buruk itu dan terbang menuju ketinggian yang tiada duanya.

Sebelum meninggal dunia, khalifah Umar memilih enam orang yang diberi tanggung jawab untuk memilih khalifah pengganti. Abdurrahman bin Auf termasuk dalam enam orang itu.
sebagian sahabat menyatakan bahwa Abdurrahman bin Auf lah yang berhak menjadi khalifah pengganti.
Abdurrahman menanggapi usulan itu dengan ucapannya, “Demi Allah, daripada aku menerima jabatan tersebut, lebih baik kalian menusukkan pisau di leherku dari satu sisi hingga tembus ke sisi lainnya.”

Begitulah ia, sebelum enam orang pilihan Khalifah Umar ini melakukan rapat untuk menentukan siapa diantara mereka yang pantas menjadi khalifah pengganti, Abdurrahman bin Auf sudah mengundurkan diri dari haknya. Dan sekarang , pemilihan hanya dilakukan terhadap satu dari lima orang yang tersisa.

Sikap Zuhudnya terhadap jabatan khalifah ini, dengan cepat telah menempatkan dirinya sebagai hakim diantara lima orang tokoh terkemuka itu. Lima orang ini rela jika yang memilih siapa yang akan menjadi khalifah pengganti diantara mereka adalah Abdurrahman bin Auf.

Akhirnya Abdurrahman bin Auf memilih Ustman bin Affan untuk menjadi khalifah setelah khalifah Umar dan disetujui oleh lima orang itu.


(Yakhsyaa/BersamaDakwah)

berlanjut ke: Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf (4)

Komentar