Home Tazkiyah Hikmah Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf

Lakukan 7 Hal Ini Agar Sesukses Abdurrahman Bin Auf

1973
0

Abdurrahman bin Auf, ada juga yang memanggil ia Abu Muhammad, termasuk salah satu sahabat Rasulullah yang istimewa. Tak hanya kaya-raya, ia juga termasuk dalam jajaran 10 sahabat yang dijamin masuk surga.

Abdurrahman bin Auf juga termasuk dalam salah satu dari 6 dewan pertimbangan yang ditunjuk langsung oleh Umar RA (khalifah saat itu) untuk bertugas memilih pengganti dirinya.

Banyak gambaran dan cerita tentang kekayaannya yang membuat orang yang mendengarnya akan tercengang, misalnya saja gambaran terkait sepertiga kekayaan beliau yang dipinjamkan kepada seluruh penduduk madinah saat itu, sepertiga lagi dipergunakan untuk membayar utang-utang penduduk Madinah, dan sepertiga sisanya dibagi-bagikan kepada mereka.

Penduduk Madinah juga menjadi saksi bagaimana datangnya iringan kafilah yang besar dan panjang memenuhi jalanan kota Madinah, terdiri dari 700 ekor unta berisi penuh dengan harta yang pada akhirnya ia sedekahkan.

Lantas hal penting apa saja yang sudah dilakukan Abu Muhammad sehingga bisa memperoleh pencapaian sebesar itu?

1. “Tunjukkan saja arah pasar”

Saat hijrah ke Madinah seluruh harta kekayaan sahabat Rasullullah ini ditinggalkan begitu saja di Mekah, ia tiba di Madinah dengan tangan kosong.

Waktu itu seluruh sahabat Rasulullah dipersaudarakan, 1 orang dari kalangan muhajirin dipersaudarakan dengan 1 orang dari kalangan anshar, hasil dari persaudaraan ini sungguh luar biasa, orang dari Kalangan Anshar membagi semua harta yang dimilikinya, bahkan tempat tidurnya. Yang memiliki 2 istri, menceraikan satu istrinya agar bisa dinikahi oleh saudaranya yang muhajirin.

Abdurrahman bin Auf sendiri juga dipersaudarakan dengan Sa’d bin Rabi’. Mari kita dengarkan kisah tentang beliau yang dipaparkan oleh tokoh agung, Anas bin Malik, “Sa’d berkata kepada Abdurrahman bin Auf, “Saudaraku, aku orang terkaya di Madinah. Ambillah separuh hartaku yang kau suka. Aku juga memiliki 2 istri. Pilih yang kau suka dan nikahilah.’ Abdurahman bin Auf Menjawab, “Semoga Allah melimpahkan berkah-Nya kepadamu, juga kepada keluarga dan hartamu. Tunjukkan saja arah pasar.’ Lalu ia pergi ke arah pasar, melakukan jual beli, hingga mendapatkan keuntungan yang cukup besar.”

Abdurrahman bin Auf seakan sudah belajar tentang teori bisnis dan marketing yang baru berkembang abad ini. bahwa menemukan pasar adalah hal pertama yang penting dilakukan oleh seorang pebisnis. [Yakhsyaa/BersamaDakwah]

Berlanjut ke: Lakukan 7 hal ini agar sesukses Abdurrahman Bin Auf (2)

SHARE