Home Tazkiyah Tazkiyatun Nafs Lakukanlah 5 Amal Shalih Ini Pada Sepuluh Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

Lakukanlah 5 Amal Shalih Ini Pada Sepuluh Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

5257
0
Kaum muslimin melaksanakan shalat (theatlantic)

Memasuki sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah yang memiliki banyak keutamaan ini dan musim baik ini, hendaknya seorang muslim berusaha sekuat tenaga untuk berbuat kebaikan dengan melakukan taubat yang sebenar-benarnya.

Sebab, karena tidak seorang pun yang terhalang untuk mendapatkan kebaikan kecuali disebabkan oleh dosanya sendiri, baik itu kebaikan agama ataupun kebaikan dunia.

Sungguh, Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيْرٍ

“Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy-Syuuraa: 30)

Sesungguhnya dosa-dosa itu mempunyai pengaruh yang sangat berbahaya terhadap hati. Sebagaimana racun berbahaya bagi badan dan harus dikeluarkan dari tubuh, begitu pula dengan dosa, pengaruhnya terhadap hati sangat kuat sekali.

Satu dosa itu akan melahirkan dosa-dosa lain yang serupa, sehingga berat bagi seorang hamba melepaskan diri dan keluar dari perangkapnya.

Oleh karena itu, wahai saudaraku, segeralah bertaubat dengan sungguh-sungguh, mari kita sambut hari-hari ini dengan menjauhi perbuatan maksiat dan dosa, serta memperbanyak istighfar (minta ampunan) dan ingat kepada Allah.

Sebab, tidak seorang pun dari kita yang tahu kematian datang menjelang, sehinga dia pergi meninggalkan dunia yang fana ini.

Dr. Abdul Malik Al-Qasim dalam Durus Al-Am menyebutkan, ada 5 amal shalih yang hendaknya dilakukan oleh orang-orang yang mendambakan surga pada bulan Dzulhijjah ini. Penjelasannya sebagai berikut:

Pertama, memperbanyak amal shalih secara umum

Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tentang sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللهِ، وَلا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيْهِنَّ مِنْ أَيَّامِ الْعَشْرِ

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan tidak ada amal yang lebih dicintai-Nya dari pada yang dilakukan pada sepuluh hari itu.” (HR. Ath-Thabrani).

Di antara amal shalih yang banyak dilupakan oleh sebagian orang adalah membaca Al-Qur`an, memperbanyak sedekah, berinfak kepada orang-orang miskin, melakukan amar ma’ruf nahi mungkar (menyeru untuk berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran), dan lain sebagainya.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Lakukanlah 5 Amal Shalih Ini Pada Sepuluh Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah (Bagian 2)