Home Ilmu Islam Hadits Mencelupkan Rambut Rasulullah ke Dalam Botol untuk Obat

Mencelupkan Rambut Rasulullah ke Dalam Botol untuk Obat

685
0
Rodale's Organic Life (ilustrasi)

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS Al-Isra`:36).

Begitulah Allah SWT berfirman dan mengingatkan kepada umat Islam agar bergerak berdasarkan ilmu yang kita punya. Termasuk dalam hal tabarruk.

Abu Ayub Al-Anshari dan istrinya mencari berkah atau tabarruk dengan memakan makanan yang tersisa dari hidangan yang mereka berikan kepada Rasulullah SAW.

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan begitu banyak hadis yang menuturkan kebiasaan mencari berkah dari sisa bekas Rasulullah SAW. Atau bertawasul dengan benda-benda itu untuk mencari kesembuhan, pertolongan, taufik dan sebagainya.

Di antara hadis yang berbicara tentang berkah ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari di dalam kitab Ash-Shahih pada bagian Kitab Al-Libas pada bab Ma Yudzkaru fi Asy-Syaib (hal-hal yang berkenan dengan uban).  Di dalam hadis tersebut dinyatakan bahwa Umm Salamah ra,  istri Rasulullah pernah mengumpulkan rambut Rasulullah dalam sebuah botol. Ketika seorang sahabat terserang sakit mata atau penyakit lainnya, ia akan mengirimkan air kepada Umm Salamah. Selanjutnya Umm Salamah biasanya akan mencelupkan rambut Rasulullah ke dalam air itu,  untuk kemudian diminum oleh orang yang bersangkutan dengan niat awal tawasul dan tabarruk dari rambut Rasulullah SAW.

Sebuah hadits bernada sama diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab Al-Fadhail pada bab Thib Araqih (wanginya keringat Rasulullah SAW). Di dalam hadits itu disebutkan bahwa pada suatu hari Rasulullah masuk ke kediaman Umm Salim ketika ia tidak di rumah, kemudian tidur di atas ranjangnya. Tak lama kemudian, Umm Salim muncul. Rasulullah SAW kala itu sedang berkeringat. Maka Umm Salim pun mengumpulkan keringat itu dengan cara memerasnya dari kain alas tidur Rasulullah kemudian dimasukkan ke dalam botol. Sesaat kemudian Rasulullah SAW terjaga dan langsung bertanya kepada Umm Salim.

“Apa yang kau lakukan, wahai Umm Salim?”

Umm Salim menjawab, “Wahai Rasulullah, kami mencari berkah dari keringat ini untuk anak anak kami yang masih kecil.”

Rasulullah SAW bersabda,”engkau benar,” (HR. Muslim) [@paramuda /BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here