Home Ilmu Islam Hadits Mengharapkan Diri dan Orang Lain Mati

Mengharapkan Diri dan Orang Lain Mati

438
0
Go4Viral

Kematian adalah hal yang pasti. Namun tidak sedikit ada orang yang berharap ingin mati. Padahal tidak vonis penyakit apa-apa, hanya karena putus asa menjalani kehidupan.

Selain diri yang mengharapkan kematian, ada pula orang yang meminta orang lain mati karena tidak suka dengan keberadaannya hidup di dunia ini.

Telah mengabarkan kepada kami Harun bin ‘Abdullah; telah menceritakan kepada kami Ma’an dia berkata; telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa’ad dari Az Zuhri  dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah salah seorang dari kalian berharap untuk mati. Adakalanya dia adalah orang yang baik, maka barangkali akan bertambah baik; dan adakalanya ia adalah orang yang -selalu berbuat- jelek, maka barangkali ia tidak akan mengulangi perbuatan jelek dan bertaubat.” (Hadits Sunan Nasa’i: 1795)

Telah mengabarkan kepada kami ‘Amru bin ‘Utsman dia berkata; telah menceritakan kepada kami Baqiyyah  dia berkata; telah menceritakan kepadaku Az Zubaidi dia berkata; telah menceritakan kepadaku Az Zuhri dari Abu ‘Ubaid -budak ‘Abdurrahman bin ‘Auf- bahwasanya ia mendengar Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian berharap mati. Adakalanya dia adalah orang yang baik, maka barangkali ia akan hidup bertambah baik, dan itu lebih baik baginya; dan adakalanya ia adalah orang yang -selalu berbuat- jelek, maka barang kali ia akan tidak mengulangi perbuatan jelek dan bertaubat.” (Hadits Sunan Nasa’i: 1796)

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dia berkata; telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai’ dari Humaid dari Anas  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kalian berharap mati karena bahaya (musibah) yang menimpanya di dunia, tetapi hendaklah ia berdo’a, ‘Ya Allah, hidupkanlah aku selama kehidupan lebih baik bagiku dan wafatkanlah aku jika kematian lebih baik bagiku’.” (Hadits Sunan Nasa’i: 1797)

Telah mengabarkan kepada kami ‘Ali bin Hujr dia berkata; telah menceritakan kepada kami Isma’il bin ‘Ulayyah dari ‘Abdul ‘Aziz. demikian pula diriwayatkan dari jalur lain, dan telah memberitakan kepada kami ‘Imran bin Musa dia berkata; telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Warits dia berkata; telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz dari ‘Anas dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ketahuilah, janganlah salah seorang dari kalian berharap mati karena bahaya (musibah) yang menimpanya. Jika ia harus berhadap mati, maka hendaknya ia berdo’a, ‘Ya Allah, hidupkanlah aku selama hidupku lebih baik bagiku, dan wafatkanlah aku selama kematian lebih baik bagiku’.” (Hadits Sunan Nasa’i: 1798).

[Paramuda/BersamaDakwah]