Beranda Ilmu Islam Fiqih Qunut Subuh, Ini Fatwa Syaikh Yusuf Qardhawi

Qunut Subuh, Ini Fatwa Syaikh Yusuf Qardhawi

32
Qunut (islam-institute.com)

Syaikh Dr Yusuf Qardhawi ditanya tentang qunut Subuh. Maka beliau menjelaskan tentang qunut Subuh ini di dalam Hadyul Islam Fatawi Mu’ashirah (Fatwa-Fatwa Kontemporer) sebagai berikut:

Qunut Subuh

Membaca doa qunut dalam shalat Subuh termasuk hal yang dipersilihkan oleh para fuqaha. Sebagian menilai sunnah, sebagian yang lain tidak menganggapnya sunnah.

Memang ada riwayat yang menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan qunut Subuh, tetapi hadits-hadits tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah melakukannya dalam rangka mendoakan kehancuran kaum musyrikin yang mengganggu dan menyakiti kaum muslimin serta mendoakan kebaikan kaum muslimin yang tertindas.

Jadi, qunut yang beliau lakukan hanyalah pada waktu dan kondisi tertentu yang oleh para fuqaha diistilahkan dengan qunut nazilah, yang dilakukan ketika kaum muslimin ditimpa bencana. Maka pada saat itu disunnahkan dan disyariatkan membaca qunut dalam shalat-shalat jahriyah agar Allah menghilangkan derita dan kesediha yang menimpa mereka sebagaimana yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Sebagian ulama dan imam, misalnya golongan Syafi’iyah, menilai sunah melakukan qunut subuh secara terus menerus dalam kondisi apa pun.

Dengan demikian, qunut Subuh ini termasuk hal yang diperselisihkan yang tidak apa-apa jika ditinggalkan. Diriwayatkan bahwa ketika Imam Syafi’i pergi ke Baghdad, beliau tidak membaca qunut Subuh demi menghormati perasaan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam masalah qunut Subuh terdapat kelapangan dan rukhshah yang tidak semestinya kita menyikapinya dengan kaku. [Bersamadakwah]

32 KOMENTAR

    • Tidak diwajibkan mas.. Tp ada sbagian umat yg kaku. Klo ga qunut di cibir lah, dirasani, bahkan dipelosok ada yg ekstrim : digebukin.. Mereka ga tau ilmunya tp asal menghukumi. Smoga kita semua selalu diberikan hidayah Alloh SWT. Amiiin.

  1. Klu imam memakai qunut sebaiknya kita juga memakai qunut, klu imam tidak berqunut kita juga tidak usah qunut sebagaimana fatwa dari syekhul islam ibnu taimiah kita harus mengikuti imam. Setahu saya dalil untuk qunut nazilah tidak sama dengan dalil untuk qunut shubuh, sedangkan syekh yusuf qordowi tadi masih menggunakan dalil qunut nazilah, seharusnya yg dijelaskan dalil untuk qunut shubuh. Wallohu ‘alam.

  2. Menurut saya yg jadi permasalahan adalah, bukan.qunut dan tidak qunutnya… tp sholat subuhnya ada enggak…???
    Mau qunnut silahkan, gk qunut jg gpp… tergantung mana yg kenak di hati… yg penting jgn bertengkar dgn qunut dan tidak qunutnya org. Kesian donk para imam mazhab di alam qubur.. masak gara2 gk qunut aja bertengkar…

  3. Comment: belajar menjadi orang yg arif sangatlah susah.itulah yg di lakukan para imam…letakkan akhlak di atas fiqih.

  4. Mau pake qunut atau gak bkn jd mslh….
    Yg penting kita tetep satu sahadat ashaduallah illahaillallah wa ashaduanna muhammad rosulullah.
    Ini yg harus sama semua nya bgi yg ngaku muslim.
    الله اكبر

  5. Saat sy sholat subuh sendirian atau jamaah bersama istri dirumah sy tdk pakai qunut. Jika saya sholat subuh di mesjid yg disana pakai qunut sy ikut qunut

  6. Ya..Ayyuhannas Ittaqullahaqotuqortih wala tammutunna illa waantum muslimun, inilah basic dari seorang muslim sejati, permasalahan khilafiah jgn sampai diperdebatkan kecuali anda pada posisi berhadapan dgn orang tidak seakidah.

  7. Klo membaca tujuannya, seharusnya yg tdk memakai qunut, skrg pakailah qunut, karena skrg kondisi muslim di seluruh dunia selalu ada saja yg di dzolimi.

  8. sak karepmu, mau qunut monggo, gak qunut yo gak opo-opo, sing penting sholat subuh, syukur-2 bisa jamaah di masjid.

  9. Iya ga usah pada ribut msalah pake qunut atau ga. malah ad yg sampe dikucilkan. Nanti yg tertawa adalah yg ga solat subuh. Dia blg ‘msih mending gw yg ga solat subuh’ wkwkwkw

  10. jika menelaah kondisi di sebagian umat Islam sekarang, yang banyak tertindas oleh kaum kafir. akan lebih baik berqunut.

  11. Apakah benar pendapat yang mengatakan bahawa di hujung usia Nabi s.a.w – baginda tindak pernah meninggalkan bacaan qunut dalam solat subuh ? Inilah yang menjadi sandaran bahawa bacaan qunut itu sangat dituntut.

    Mohon pencerahan.

  12. Islam itu lahir di tanah Arab bukan di Indonesia, Rosul mengatakan shalatlah kamu sebagaimana engkau melihat aku shalat, pertanyaan adakah orang indonesia yg pernah melihat Rosulullah shalat? Itu berarti mari kita berkiblat ke negeri Arab. Selama saya nenunaikan ibadah di Masjid -masjid yg ada ditanah haram blm pernah menemukan orang qunut saat shalat subuh. Jika pembuktian lagi silahkan tonton siarang langsung ditanah suci Makkah dan Madinah setiap sekitar jam 10.30 pagi.

  13. Artikel di atas walaupun kalimat2nya secara tersurat bijak tapi secara tersirat juga melemahkan yg qunut subuh.. Sehingga muncul anggapan yg qunut subuh mencibir yg tidak qunut subuh.. Dan untuk Imam Syafi’i tidak qunut pada saat di baghdad itu untuk menghormati yg tidak qunut.. Itu juga pada saat itu aja.. Selebihnya beliau qunut terus menerus..

  14. Sholat subuh pake qunut atau tidak..jgn di perdebatkan..krn kita sholat mencari keridoan allah…pertanyaanya..sudah benarkah kt sholat..sucikah pd saat kt sholat…itu saja…trmksh…

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.