Home Kisah-Sejarah Kisah Nyata Rutinkan Shalat Dhuha, Pemuda Ini Panen Rezeki Menakjubkan

Rutinkan Shalat Dhuha, Pemuda Ini Panen Rezeki Menakjubkan

73234
24
ilustrasi shalat dhuha (ummi-online.com)

Shalat dhuha adalah amal istimewa. Banyak keajaiban seputar rezeki menghampiri mereka yang rutin menjalankan shalat Dhuha. Salah satunya pemuda ini, sebut saja namanya Abdullah.

Awalnya, Abdullah tidak terlalu perhatian dengan shalat dhuha. Apalagi, pekerjaannya di sebuah perusahaan swasta di Surabaya sangat padat di waktu dhuha.

Ketika ia berpindah kerja yang lebih longgar waktunya, secara kebetulan ia juga mengetahui keutamaan sholat dhuha. Bahwa shalat dhuha diwasiatkan Rasulullah untuk senantiasa dikerjakan, shalat dhuha dua rakaat senilai 360 sedekah, shalat dhuha empat rakaat membawa kecukupan sepanjang hari, bahkan shalat dhuha berpahala umrah.

Jadilah Abdullah memulai shalat Dhuha. Dan keajaiban demi keajaiban pun mengalir sejak hari-hari pertama.

Selang sekitar tiga jam setelah Abdullah menunaikan shalat Dhuha, seorang rekan kerja mentraktirknya. “Alhamdulillah, makan siang gratis,” kata Abdullah mensyukuri nikmat di hari pertama ia berkomitmen merutinkan shalat dhuha. Mungkin bagi orang lain mendapat traktiran makan siang bukanlah rezeki, namun bagi Abdullah, ia mulai menghubungkannya dengan shalat dhuha. Terlebih di hari kedua ada rezeki lain yang datang.

“Ini untuk apa, Bos?” Abdullah terkejut mendapatkan amplop dari atasannya.
“Semacam bonus lah,” jawab atasannya sembari tersenyum.
Jika ditraktir adalah hal sangat biasa bagi banyak orang, mendapatkan rezeki nomplok berupa bonus yang tak diperkirakan sebelumnya benar-benar keajaiban bagi Abdullah. Ini membuatnya sangat bersemangat merutinkan shalat dhuha.

Di hari ketiga, Abdullah menanti-nanti kira-kira dapat rezeki apa ia hari ini. Sejak pagi diperhatikannya segala hal yang terjadi. “Nggak ada rezeki nomplok nih hari ini,” simpulnya setelah jam kerja hampir usai.

“Astaghfirullah,” Abdullah terhenyak. Mengapa ia jadi sangat materialis memperhitungkan rezeki setelah shalat dhuha. Padahal ia sudah tahu konsep ikhlas; beribadah semata karena Allah, bukan karena ingin mendapatkan dunia. Kalau ia jadi tak semangat shalat dhuha karena tak ada rezeki nomplok, itu adalah indikator ke-tidak ikhlas-an. Jika ikhlas, semestinya amal ibadahnya tak terpengaruh dengan hal-hal duniawi yang ia dapatkan atau tidak.

Abdullah bertekad untuk tidak menghitung-hitung balasan duniawi yang ia dapatkan dari shalat dhuha, meskipun ia masih memiliki keyakinan bahwa salah satu faedah shalat dhuha adalah memperlancar rezeki. Ia berusaha lebih ikhlas, meskipun ia masih meyakini bahwa meminta kepada Allah tidak harus dipertentangkan dengan keikhlasan.

“Bruakkk!” Abdullah terkejut setengah mati. Sebuah motor menabrak motornya dari belakang. Ia sempat oleng, namun tidak terjadi apa-apa. Justru motor yang menabraknya itu yang jatuh. Seketika lalu lintas di belakangnya menjadi macet. Ia hendak berhenti, tapi sejumlah orang yang sigap menolong penabraknya itu mempersilahkan untuk melanjutkan perjalanan. “Terus saja, Mas. Terus saja. Mas nggak salah. Biar kami urus.”

Rupanya itu keajaiban di hari ketiga. Nilai materi dan keselamatannya lebih besar dibandingkan bonus yang diterimanya di hari kedua.

Abdullah tertegun. Betapa Maha Pemurahnya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Baru saja ia merutinkan shalat dhuha, keajaiban demi keajaiban telah dirasakannya. Dan itu terus berlanjut di hari, bulan dan tahun berikutnya. Semoga Abdullah mau menuturkannya kembali kepada Bersamadakwah untuk dibagikan kepada pembaca.

Anda juga pernah mengalami keajaiban shalat Dhuha? [Muchlisin BK/Bersamadakwah]

SHARE

24 KOMENTAR

  1. Sholat Dhuha sangat bagus.tergantung kita ikhlas mengerjakan nya.ikhlas mengerjakan karna Allah SWT.janji pejabat aj kita percaya.ap lg janji Allah SWT itu pasti
    sabar dan ikhlas adalah kunci utama dlm beribadah
    smg Allah SWT mempermufah rejeki kita semua
    aamiin ya Allah..
    Aamiin.

  2. Mudah-mudahan kita beribadah bukan seperti pedagang yang mengharapkan untung. Walaupun kisah-kisah seperti ini “sangat menginspirasi” agar beribadah seperti layaknya pedagang. Semoga Allah selalu melindungi kita dari sifat riya.

  3. Subhanallah..walhamdulillah.. walailahaillallah ..wallahuakbar 🙂
    Benar2 brmanfaat sekali 🙂 menambah ilmu pngetehuan kita smua ..

  4. Saat sangat tepuruk saya bingung mau mintak pendapat siapa dan meminta bantuan kepada siapa.gak sengaja ku buka google salah nilis yang kluar tentang sollat duha.trus ku baca dan ku praktek kan .subhanallah mukzizat .semua permasalahanku.langsung ada jalan keluarnya.itulah mukjizat allah.maha besar dan maha segalanya

  5. Alhamdulillah… kisahnya hampir sama persis dgn kisahku.. awal.y sy yg nabrak mobil, tp entah knp yg punya mobil malah cuek dan berlalu bgtu sj, hnya saja bagian kap depan mtorku hancur parah dan saat itu sy hendak mengajak kedua adikku utk ikut lomba mewarnai.. Alhamdulillah berkat prtlongan Allah, ada seseorng yg tdk aku knal sblumnya mau menolong, dy membawa mtorku msk bengkel, dan dy mnyuruhq utk trus mlanjutkan perjlanan mngntar k2 adikku untuk lomba mewarnai… Masya Allah:)

  6. Alhamdulillah… kisahnya hampir sama persis dgn kisahku.. awal.y sy yg nabrak mobil, tp entah knp yg punya mobil malah cuek dan berlalu bgtu sj, hnya saja bagian kap depan mtorku hancur parah dan saat itu sy hendak mengajak kedua adikku utk ikut lomba mewarnai.. Alhamdulillah berkat prtlongan Allah, ada seseorng yg tdk aku knal sblumnya mau menolong, dy membawa mtorku msk bengkel, dan dy mnyuruhq utk trus mlanjutkan perjlanan mngntar k2 adikku untuk lomba mewarnai… Masya Allah:) Insya Allah ini berkat sholat Dhuha yg sy lakukan sebelumnya.

  7. Alhmdllh saya sdh 4 th ini blm prnh tinggalkan shalat dhuha…baru2 ini saking sibuk nya acr pesta penikahan keponakan ….shalat dhuha nya jam 11…rasanya tnpa shalat dhuha..kyk nya ada yg kurang dlm hidup hr ini…trm kaih ya Allah ats anugrahMu…smga istiqomah unt menjlnkan nya…

  8. Shalat dhuha membuat hati kt tenang rutin melaksanakannya akan kelihatan di raut wajah kita lebih bersih dan tenang dipandang orang.pernah beberapa orang bertanya kpd sy”kok wajah nya sekarang semakin bersih dan enak dilihat, pake cream kecantikan apa mba?” Saya hanya menjawab”ga pake perawatan apa2 kok mba, cukup rajin shalat dhuha aja, cuma itu resep sy silahkan deh mba buktikan” dan alhamdulillah disetiap kesempitan saya selalu ada kelapangan yg diberikan ALLah

    • Ya allah percis banget mba….Banyak yg bilang wajah sy bersih bercahaya, akh saya rasa itu hanya pujian mereka saja, perasaan muka saya biasa2 aja ga perawatan, mungkin bisa jd karena rutinitas sy shalat dhuha dan sholat2 sunah lainnya yg sy selalu kerjakan. Krn sehari saja tidak mengerjakan rasanya ngeganjel kaya ngutang. Alhamdulillah semoga semua yg kita kerjakan hanya karena allah semata

  9. bagi saya rutin sholat dhuha dn sholat sunat lainya itumerupakan rasa sukur dn terimakasih saya pd Allah swt,yg tlah memberi nikmat dunia,kesehatan dn keselamatan.tapi kadang2 ada rasa takut klau Allah slalu mengabulkan apa yg kiata inginkan,krena itu jg suatu coba’an apakah kita akan terbuai dgn nikmat2 yg Allah berikan.maka do”a yg slalu saya panjatkan tetep iman dn islam,rejeki yg halal,umur yg barokah,anak2 yg sholehah dn khusnul khotimah.Amiinn3x

  10. Alhamdulillah..dgn rutin sholat dhuha dan membaca surat arrahman dan waqiah…rezeki dan pekerjaan suami lancar…semua dicukupkan Allah SWT..mudah mudahan tetap istiqomah menjalankan sholat duha…amiin…

  11. Saya baru bberapa hari ini mnjlankan sholat duha,sblumnya sya stress krna smpai skrg blm mndpatkan pkerjaan stelah hbis kontrak jnuari lalu. Pdahal sya sudah mlamar pkrjaan kmna2 n interview. Alhamdulillah hati sya saat ini tenang mskpun blm bkerja. Sholat duha bkn hnya untuk rezeki dunia tpi ktenangan hati n keikhlasan dlm mnjlani ujian yg saat ini Allah SWT berikan..Rezeki yg sya dpatkan adalah ketenangan hati 🙂

  12. Komentar: dulu saat merantau saya jarang ibadah dan rajin ibadah krn terpengaruh pergaulan di sana. selain itu saya sering dijahati teman dan sering ditolak wanita krn saya org nya agak cupu, letoy, pendiam, pemalu. saya terpaksa pulang kampung. di kampung saya nganggur dan jomblo jutaan tahun. kenapa saya sdh beberapa thn agak rajin tahajud, puasa, dluha, dzikir tp nasib saya tdk pernah berubah. saya tetap nganggur dan jomblo. nyari jodoh dan rejeki semakin lama semakin sulit. saya terpaksa buka usaha kecil kecilan tp untung nya tdk seberapa. semakin lama semakin sepi.

  13. di perantauan.. teman2 saya yg dulu bekerja saatu perusahaan dg saya, mrk tdk pernah ibadah malah rejeki lancar, jodoh gampang. ada yg jabatan nya naik jadi kabag dan nikah dg wanita cantik di perusahaan itu. di kampung.. teman saya yg dulu menghamili anak org, skrng jadi kaya raya punya bnyk mobil. dan teman2 saya yg lain buka usaha kecil kecilan, ada yg bsa beli motor, ada yg bsa bkin rumah dll.

  14. Kalau boleh berbagi, saya mulai rutin solat dhuha, tak ada niat apa apa. Hanya ingin dhuha. Ingin lbh damai di pagi hari. Tapi, mmg waktu itu usia sy 28 thn dan blm ad jodoh. Tiap hari dhuha. Subhanallah, selang beberapa bulan, lgs bertemu seseorang yg skrg menjadi suami saya. Allah swt mengetahui kesulitan hambaNya dan memudahkan jalan bagi siapa yang ikhlas berdoa…

  15. Sholat dhuha BIASAKANLAH Allah itu maha Berkah… kl sy boleh berkata.. Dhuha adalah SHOLAT KEBERUNTUNGAN.. karna dah 20 thn sy telah sholat dhuha walaupun masih Bolong2.. Allah Yang Maha Pengasih serta penyayang selalu aja memberi KEBERUNTUNGAN… Insyallah..

  16. assalamualikum, wr, wb.
    di dalam sholat harus memperhatikan bagaimana cara khusuknya, jadi kita harus belajar tidak muda maupun tua harus dianjurkan mempelajarinya, janganlah malas, jangan membohongi diri sendiri untuk tidak mempelajarinya, lawanlah nafsu kemalasanmu, jadikanlah contoh para rosullulah untuk mematangkan hati, nafsu kita, supaya membawa kita menjadi orang benar benar bertakwa kepada allah swt, sayapun alhamdulillah sudah mendapatkan ilmu bahwasanya dengan memahami artinya, ketika kita membaca arabnya didalam hati kita nikmati artinya isyaallah pastinya membuat kita menjadi khusuk dalam semua sholat, dan dengan cacatan harus fokus kepada allah swt , kita rasakan kita lagi menghadap kepadanya, wassalamualikum wr, wb.

  17. Kemari aku acara Aqiqoh putriku tanpa harus keluar uang sama sekali…bukan karena aku lakuin dhuha rutin, tp semua murni kemurahan dan kasih sayang Alloh padaku…

  18. Alhamdulillah dari kisah diatas sangat menginspirasi dan terkadang diluar nalar kita.. Tp insha allah janji allah itu pasti… Contoh sy sendiri mengalaminya.. Entah kenapa beberapa hari ini terketuk hati sy utk melakukan shalat dhuha.. Maklum biasanya krn keterbatasan waktu sy seorang PNS yg dituntut utk brrangkat ke kantor setiap pagi.. Tp alhamdulillah setelah sy lakukan tdk ada yg berat dan tdk ada yg dapat menghalangi keinginan beribadah yg sifatnya duniawi… Masyaa allah.. Baru 2 hari sy melakukan shalat dhuha.. Rezeki yg tidak terdugapun saya terima.. Alhamdulillah janji allah iitu nyata…

  19. Di satu kajian, dipaparkan tentang 3 level ikhlas dalam beribadah.
    Level 1 : beribadah kepada Alloh dengan berharap pada kebaikan di dunia dan akherat
    Level 2 : beribadah kepada Alloh dengan berharap dimasukkan ke surga
    Level 3 : beribadah kepada Alloh tanpa berharap apapun kecuali berharap ridlo Alloh.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here