Home Tazkiyah Tazkiyatun Nafs Setan Paling Benci Azan, Ini Alasannya

Setan Paling Benci Azan, Ini Alasannya

4992
1
azan
ilustrasi azan (Youtube)

Siapa yang paling benci dengan suara azan? Ternyata setan. Baginya, azan itu tidak lebih indah dari suara apa pun. Karenanya begitu azan dikumandangkan, setan lari sejauh-jauhnya. Tak hanya itu, Rasulullah menggambarkan setan sampai ke level yang sangat parah.

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِينَ

“Apabila panggilan shalat dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan azan lagi” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Mengapa setan lari saat mendengar adzan? Karena ia takut dengan panggilan shalat itu. Begitu besar ketakutannya hingga setan lari sambil terkentut-kentut.

“Kalimat adbarasy syaithan menggambarkan kondisi setan ketika ia lari begitu mendengar azan,” terang Syaikh Majdi Abdul Wahab Al Ahmad dalam Syarah Hisnul Muslim, “sebab ia menganggap azan sebagai sesuatu yang sangat besar dan menakutkan. Hingga ia terkentut-kentut. Itulah yang terjadi. Ketakutan dan ketegangan membuat persendian jadi kendor sehingga seseorang yang takut ia tidak bisa menguasai dirinya. Saluran seni dan kotoran menjadi terbuka, hingga bisa mengompol atau terkentut. Setan mengalami terkentut ini.”

Mengapa setan sangat takut dan benci mendengar suara adzan? Syaikh Majdi Abdul Wahab Al Ahmad menambahkan, setan lari mendengar suara adzan karena berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar Islam. Setan juga putus asa dalam menggoda seseorang ketika terdengar pernyataan tauhid.

Baca juga: Bacaan Sholat

Selain adzan, ada pula ayat-ayat Al Qur’an yang jika dibacakan pada orang yang diganggu setan dari golongan jin, setan itu akan kepanasan sehingga ia keluar. Hal ini bisa diamati ketika seseorang yang diganggu jin jahat diruqyah. Dengan dibacakan surat Al Fatihah, surat Al Baqarah ayat 1-5, ayat kursi (surat Al Baqarah ayat 255), surat Al Baqarah ayat 285-286, Al Jin dan lain-lain, setan akan kepanasan dan akhirnya keluar dari tubuh orang yang diganggunya. Kalaupun ada setan dari golongan jin yang berusaha bertahan, kadang ia malah terbakar karenanya.

Karenanya, jika ada manusia yang membeci adzan, bisa jadi ia terjangkiti sifat-sifat setan. Karena bagi orang beriman, tak ada panggilan yang lebih indah darinya.

“Tidak ada yang lebih indah dari suara azan, demi Allah,” kata Ustadz Yusuf Mansur. “Gak mungkin kita gak bergerak dan bergetar kalau kita mengetahui makna azan.”

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SHARE

BARU 1 KOMENTAR

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here