Beranda Suplemen Khutbah Jumat Khutbah Jumat: Menghadapi Potensi Gempa Megathrust

Khutbah Jumat: Menghadapi Potensi Gempa Megathrust

2
khutbah jumat gempa megathrust

Pekan ini, gempa megathrust menjadi perbincangan hangat. BMKG menyebut gempa megathrust tinggal menunggu waktu. Bagaimana kita menyikapinya? Khutbah Jumat edisi 18 Shafar 1446 hijriyah yang bertepatan dengan 23 Agustus 2024 ini mencoba menjawabnya dengan mengambil tema Menghadapi Potensi Gempa Megathrust.

Khutbah Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا . مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ . وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ . اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Jamaah Jum’at hafidhakumullah,
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia senantiasa mencurahkan nikmat kepada kita. Kapan pun dan di mana pun kita berada, tak pernah lepas dari nikmat-Nya. Mulai dari nikmat terbesar berupa iman, hingga nikmat kesehatan dan nikmat keamanan.

Pekan ini, gempa megathrust menjadi perbincangan hangat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan potensi terjadinya gempa megathrust di Indonesia. Yakni gempa Megathrust Selat Sunda yang bisa mencapai 8,7 Magnitudo dan gempa Megathrust Mentawai Siberot 8,9 Magnitudo. Bahkan, BMKG menyebut gempat tersebut tinggal menunggu waktu.

Reaksi masyarakat pun beragam. Ada sebagian orang yang panik, ada pula yang acuh tak acuh. Lalu, bagaimana kita sebagai umat Islam menyikapi potensi gempa megathrust tersebut?

1. Tidak mengabaikan data ilmiah

Islam mengajarkan umatnya untuk merenungkan ciptaan Allah. Islam mengajarkan umatnya untuk berpikir dan memperhatikan alam. Sebagaimana firman Allah Subahanhu wa Ta’ala:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ  . الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran: 190-191)

Islam juga mendorong umatnya untuk melakukan penelitian hingga memahami sunnatullah yang berlaku di alam ini. Hukum alam yang Allah tetapkan merupakan sunnatullah yang sifat dasarnya sebagaimana Dia firmankan:

فَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللَّهِ تَبْدِيلًا وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللَّهِ تَحْوِيلًا

Maka sekali-kali kamu tidak akan mendapati sunnatullah itu berubah, dan sekali-kali tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi sunnah Allah itu. (QS. Fatir: 43)

Ketika ada data ilmiah dari BMKG tersebut maka kita tidak mengabaikannya tetapi menjadikannya sebagai acuan untuk bersikap dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang terjadi.

2. Berlindung kepada Allah

Ma’asyiral muslimin hafizhamullah,
Potensi terjadinya gempa bumi megathrust tersebut tidak perlu membuat kita panik atau ketakutan. Kita harus tetap tenang karena kita memiliki Allah Yang Maha Menjaga dan Melindungi. Allah memiliki asmaul husna al-hafizh yang artinya maha menjaga. Allah juga memiliki asmaul husna al-waliy yang artinya maha melindungi.

Meskipun BMKG dan para ahli gempa bumi (seismolog) bisa mengetahui potensi gempa bumi, mereka tidak dapat memastikan kapan gempa bumi itu terjadi. Kapan waktu persis terjadinya gempa bumi tidak dapat diprediksi.

Fakta ini menyadarkan kita bahwa memang manusia itu lemah dan Allah-lah yang Maha Kuat. Kita ini rapuh dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka, hanya kepada Allah-lah kita berlindung.

أَمِ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ فَاللَّهُ هُوَ الْوَلِيُّ وَهُوَ يُحْيِي الْمَوْتَى وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Atau patutkah mereka mengambil pelindung-pelindung selain Allah? Maka Allah, Dialah pelindung (yang sebenarnya) dan Dia menghidupkan orang-orang yang mati, dan Dia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Syura: 9)

Ketika Allah menyebutkan tentang azab yang menimpa orang-orang kafir, Allah mengingatkan bahwa Dialah pelindung orang-orang mukmin.

ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ مَوْلَى الَّذِينَ آَمَنُوا وَأَنَّ الْكَافِرِينَ لَا مَوْلَى لَهُمْ

Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman dan karena sesungguhnya orang-orang kafir itu tidak mempunyai pelindung. (QS. Muhammad: 11)

3. Bertaubat dan meningkatkan taqwa

Jama’ah shalat Jumat rahimakumullah,
Tidak ada yang tahu kapan gempa megathrust terjadi. Kita meyakini bahwa Allah berkuasa kapan pun Dia menghendaki gempa terjadi pasti terjadi. Di dalam Al-Qur’an, Allah mengaitkan gempa besar dengan azab-Nya yang menimpa kaum yang durhaka. Misalnya kaum Nabi Shalih:

فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka.. (QS. Al-A’raf: 78)

Juga penduduk Madyan, kaum Nabi Syu’aib:

فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Maka mereka mendustakan Syu’aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka. (QS. Al-Ankabut: 37)

Nabi Musa juga meyakini bahwa gempa ada hubungannya dengan kedurhakaan dan kemaksiatan manusia.

فَلَمَّا أَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ أَهْلَكْتَهُمْ مِنْ قَبْلُ وَإِيَّايَ أَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاءُ

…Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: “Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami?… (QS. Al-A’raf: 155)

Pernah terjadi gempa ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan beberapa sahabat Nabi sedang berada di bukit Uhud. Maka, beliau menenangkannya dengan menyebut bahwa di atasnya sedang berdiri Rasulullah, ash-shiddiq, dan para syuhada’.

Di masa khalifah Umar bin Khattab juga pernah terjadi gempa. Beliau kemudian memerintahkan penduduk Madinah untuk bertaubat. Demikian pula, pernah terjadi gempa di masa khalifah Umar bin Abdul Aziz, beliau memerintahkan umat Islam untuk bertaubat dan memperbanyak sedekah.

Maka, kuatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita bertaubat kepada-Nya. Semoga Allah menahan gempa sehingga bahaya besarnya tidak menimpa generasi kita. Sebaliknya, Allah menjanjikan keberkahan suatu negeri jika penduduknya beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. Al-A’raf: 96)

4. Mitigasi bencana

Ini adalah kewajiban pemerintah atau pemimpin kaum muslimin. Yakni mengambil langkah-langkah mitigasi bencana. Mulai dari edukasi gempa megathrust, memetakan zona merah, dan dalam jangka panjang menerapkan standar bangunan tahan gempa.

أَقُوْلُ قَوْلِ هَذَا وَاسْتَغْفِرُوْاللَّهَ الْعَظِيْمِ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ . أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Jamaah Jum’at hafidhakumullah,
Ketika terjadi gempa di masanya, Umar bin Abdul Aziz mengirimkan surat ke berbagai daerah. Mengajak umat untuk bertaubat, di antaranya dengan membaca doa Nabi Yunus:

لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim. (QS. Al-Anbiya’: 8)

Juga doa Nabi Adam dan Bunda Hawa’:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Al-A’raf: 23) Maka, marilah kita berdoa dengan khusyu’ memohon penjagaan dan perlindungan Allah Azza wa Jalla dari gempa megathrust dan segala bencana. Memohon ampunan dan rahmat-Nya. Serta memohon ridha dan surga-Nya.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ . رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ. اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا وكُلِّ أَرزَاقِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ . رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

 < Khutbah LainnyaDownload versi PDF >
Khutbah Jumat 2024Telegram BersamaDakwah

2 KOMENTAR

SILAKAN BERI TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini