Beranda Tazkiyah Doa Doa Berlindung dari Kemalasan dan Hutang

Doa Berlindung dari Kemalasan dan Hutang

0
doa berlindung dari kemalasan

Kemalasan adalah salah satu musuh terbesar manusia. Betapa banyak kewajiban yang terabaikan karena kemalasan. Baik kewajiban kepada Allah berupa ibadah seperti shalat, maupun kewajiban menafkahi keluarga dengan bekerja. Di sini pentingnya doa berlindung dari kemalasan.

Selain kemalasan, ada pula hal-hal yang menghalangi manusia dari produktivitas dan kebahagiaan. Misalnya kesedihan dan kecemasan, rasa lemah, kikir, dan kepengecutan. Ada lagi dua hal yang membuat manusia tertekan dan jauh dari kebahagiaan yakni lilitan hutang dan penindasan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya doa perlindungan dari semua itu. Dengan membaca doa ini sepenuh hati, hati kita akan terkondisikan untuk memiliki komitmen berubah. Dan yang paling penting, dengan membaca doa ini, Allah akan menolong dan melindungi kita.

Doa untuk Berlindung dari Kemalasan #1

Berikut ini doa berlindung dari kemalasan dan hutang, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

(Alloohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazan, wal ajzi wal kasal, wa bukhli wal jubni, wa dhola’id daini wa gholabatir rijal)

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih, duka cita, rasa lemah, kemalasan, sifat kikir, pengecut, lilitan hutang, dan kesewenang-wenangan orang.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa untuk Berlindung dari Kemalasan #2

Ada pula doa yang mirip dengan doa di atas. Bedanya, pada doa kedua ini ada pengulangan lafal perlindungan dan sedikit berbeda urutan.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

(Alloohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazan. Wa a’uudzubika minal ajzi wal kasal, wa a’uudzubika minal jubni wal bukhl, wa a’uudzubika min gholabatid daini wa qohrir rijal)

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan duka cita. Aku berlindung kepada-Mu dari  rasa lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang serta kesewenang-wenangan orang.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Abu Dawud. Dalam hadits tersebut, doa ini menjadi doa pagi dan petang sehingga Hasan Al-Banna memuatnya sebagai salah satu doa dzikir Al-Ma’tsurat pagi dan petang.

Baca juga: Doa Qunut

Kumpulan Doa Lainnya

Islam adalah agama yang syamil mutakamil. Sempurna dan menyeluruh. Islam agama yang sempurna untuk umat manusia sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga kiamat tiba. Selain itu, ajaran Islam juga menyeluruh meliputi seluruh segi kehidupan.

Karenanya, tidak ada satu bidang pun kecuali Islam memiliki tuntunan baik yang bersifat umum maupun khusus. Terkadang global dan terkadang sangat detail. Dan hampir semua aktivitas manusia ada tuntunan doanya, termasuk doa berlindung dari kemalasan dan hutang ini.

Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. [NF/BDN]

SILAKAN BERI TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini