Beranda Tazkiyah Doa Doa Berkumur Saat Wudhu; Arab, Latin, dan Artinya

Doa Berkumur Saat Wudhu; Arab, Latin, dan Artinya

0
doa berkumur saat wudhu

Salah satu sunnah wudhu adalah berkumur-kumur. Dan ternyata ada doa berkumur saat wudhu. Imam Nawawi rahimahullah mencantumkannya dalam Al-Adzkar.

Berkumur-kumur ini termasuk sunnah wudhu sebagaimana banyak hadits shahih menjelaskan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkumur-kumur saat berwudhu.

إِذَا تَوَضَّأْتَ فَمَضْمِضْ

Jika kamu berwudhu, hendaklah berkumur-kumur. (HR. Abu Dawud; shahih)

Sunnah Berkumur-kumur Tiga Kali

Sunnah berkumur-kumur tiga kali saat berwudhu sebagaimana banyak hadits-hadits shahih yang menerangkan Rasulullah berkumur tiga kali.

عَنْ عَلِىٍّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَوَضَّأَ فَمَضْمَضَ ثَلاَثًا

Dari Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu bahwa ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berwudhu, beliau berkumur-kumur tiga kali. (HR. Ibnu Majah; shahih)

Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menjelaskan, berkumur ini sunnahnya sebanyak tiga kali karena terdapat sebuah hadis muttafaq ‘alaih dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa dia meminta satu ciduk air kemudian dia menuangkannya ke atas kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, setelah itu membasuh kedua-duanya.

Kemudian, Utsman memasukkan tangan kanan ke dalam tempat air itu lalu berkumur dan ber-istintsar (memasukkan air ke hidung). setelah itu dia membasuh muka sebanyak tiga kali kemudian membasuh kedua tangannya hingga sampai pada kedua siku sebanyak tiga kali.

Kemudian, ia mengusap kepala lalu membasuh kedua kaki hingga sampai pada kedua mata kaki sebanyak tiga kali. Setelah itu Ustman berkata, “Saya telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berwudhu seperti wudhu saya tadi kemudian beliau bersabda, “Barang siapa berwudhu seperti wudhu saya ini kemudian setelah itu dia melaksanakan shalat sebanyak dua rakaat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan mengampuni segala dosa yang telah lalu.”

Para fuqaha telah bersepakat mengenai sunnahnya melakukan berkumur dan istintsar dengan bersungguh-sungguh bagi orang yang tidak berpuasa.

Baca juga: Doa Sebelum Wudhu

Doa Ketika Berkumur

Berikut ini doa berkumur saat wudhu dalam bahasa Arab, tulisan Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia:

اللَّهُمَّ اسْقِنِيْ مِنْ حَوْضِ النَّبِيِّكَ كَأْسًا لَا أَظْمَأُ بَعْدَهُ اَبَدًا

(Alloohummas qinii min haudlin nabiyyika ka’san laa adhma’u ba’dahu abadan)

Artinya:
Ya Allah, berilah aku minum segelas dari telaga Nabi-Mu yang setelahnya aku tidak akan haus selamanya.

Keterangan:
Imam Nawawi mencantumkan doa ketika berkumur saat wudhu ini dalam kitab Al-Adzkar:

Demikian doa berkumur saat wudhu. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAKAN BERI TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini