Beranda Kisah-Sejarah Kisah Sahabat Benarkah Ali Mendapat Wasiat Sebagai Khalifah Pertama? (Bagian 2)

Benarkah Ali Mendapat Wasiat Sebagai Khalifah Pertama? (Bagian 2)

0
Unta di gurun (hdw)

Lanjutan dari Benarkah Ali Mendapat Wasiat Sebagai Khalifah Pertama?

Amir bin Watsilah meriwayatkan salah satu sikap Ali yang mengingkari adanya wasiat yang disangkakan itu yang dikhususkan untuknya tanpa melibatkan shahabat lain.

Amir berkata, “Waktu itu saya sedang bersama Ali bin Abi Thalib, lalu datang seorang laki-laki dan bertanya kepadanya, “Apa yang dirahasiakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam kepadamu?”

Ali pun marah dan berkata, “Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak memberi rahasia apapun kepadaku yang disembunyikannya dari orang-orang. Hanya saja beliau pernah mengatakan kepadaku empat hal.”

Orang itu bertanya, “Apa empat hal itu?”

Ali menjawab,

“Allah melaknat orang yang melaknat ayahnya, Allah melaknat orang yang menyembelih sesuatu untuk selain Allah, Allah melaknat orang yang melindungi orang yang berbuat pelanggaran, dan Allah melaknat orang yang mengubah tanda batas wilayah.”

Dalam riwayat lain dari Abu Thufail Amir bin Watsilah juga, dia berkata, “Ali ditanya, “Apakah Rasulullah mengkhususkan sesuatu kepadamu?”

Ali menjawab,

“Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak mengkhususkan kepada kami sesuatu yang tidak disampaikan kepada orang-orang, kecuali apa yang terdapat di sarung pedangku ini.”

Maka Ali mengeluarkan sebuah lembaran yang berisi tulisan berikut,

“Allah melaknat orang yang menyembelih sesuatu untuk selain Allah, Allah melaknat orang yang mencuri tanda batas wilayah, Allah melaknat orang yang melaknat ayahnya, dan Allah melaknat orang yang melindungi orang yang berbuat pelanggaran.”

Pada saat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sakit menjelang wafatnya, Abbas bin Abdul Mutthalib berkata kepada Ali,

“Ayo kita pergi menemui Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam untuk menanyakan pada siapa beliau menyerahkan urusan ini.

Apakah diserahkan pada kita atau pada selain kita, yang penting kita mengetahuinya agar beliau berwasiat kepada kita.”

Ali menjawab,

“Demi Allah, jika kita tanyakan hal itu pada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, lalu beliau mencegahnya dari kita, orang-orang tidak akan pernah memberikannya kepada kita setelahnya.

Demi Allah, aku tidak akan menanyakan hal tersebut kepada Rasulullah.”

Ali pun menceritakan tentang saat-saat terakhirnya bersama Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Ali berkata,

“Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyuruhku untuk membawakan sebuah piring kepadanya.

Beliau menulis di atasnya sesuatu yang akan membuat umatnya tidak tersesat setelah kepergiannya.

Maka saya khawatir beliau akan meninggal sebelum sempat menuliskannya. Saya pun berkata pada beliau, “Saya akan menghafal dan memahaminya.”

Beliau berkata, “Saya mewasiatkan tentang shalat, zakat, dan budak-budak yang kalian miliki.”

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Bersambung ke Benarkah Ali Mendapat Wasiat Sebagai Khalifah Pertama? (Bagian 3)