Beranda Suplemen Kesehatan Berjuta Khasiat Serat untuk Kesehatan

Berjuta Khasiat Serat untuk Kesehatan

0
sumber gambar: foodtank.com

Serat merupakan salah satu zat yang amat dihajatkan oleh tubuh sebagai penunjang kesehatan, tapi tidak diproduksi di dalam tubuh. Karenanya, serat hanya bisa didapatkan oleh tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan berserat. Serat dibutuhkan oleh tubuh dari kepala hingga kaki.

Berikut ini khasiat serat untuk kesehatan tubuh sebagaimana terdapat dalam rubrik Senggang, Harian Umum Republika, Ahad, 3 Januari 2016.

  1. Metabolisme
    Di dalam proses metabolisme tubuh, serat sangat dibutuhkan untuk pencernaan. Utamanya serat yang larut dalam air, yang terdapat pada buah-buahan.
  2. Menurunkan kolesterol
    Serat bisa mengikat lemak, gula dan kolesterol. Ketiga zat ini diikat, lalu dikeluarkan dalam bentuk kotoran (feses).  Serat ini banyak terdapat dalam berbagai jenis sayuran.
  3. Menurunkan resiko terjangkit beberapa penyakit
    Selain menurunkan kolesterol, serat juga berkhasiat mencegah terkena penyakit diebetes melitus (kencing manis), wasir, hemoroid atau ambeien.
  4. Menyehatkan jantung
    “Serat,” kata Dr Ulul Albab SpOG yang merupakan pengurus Ikatan Dokter  Indonesia, “dapat menjaga kadar gula darah sehingga baik untuk pembuluh darah dan dapat menghambat penyerapan lemak, serta tidak terjadi hipokolesterol. Hal ini baik untuk kesehatan jantung.”
  5. Menurunkan berat badan
    Serat juga amat bermanfaat dalam menurunkan berat badan seseorang melalui mekanisme diet. Ketika seseorang mengonsumsi makanan berserat tinggi, tubuh akan menghasilkan hormon kolesistokinin. Hormon ini berkemampuan memberikan sinyal rasa kenyang kepada otak, sehingga seseorang berhenti mengonsumsi makanan.

Serat sendiri terdiri dari serat yang larut dalam air dan tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air terdapat dalam berbagi jenis buah-buahan. Serat ini pula yang bisa memengaruhi kepadatan feses seseorang. Sedangkan serat yang tidak larut dalam air terdapat dalam berbagai jenis sayur-mayur.

Selain dari berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, serat yang tinggi juga terdapat di dalam singkong. Singkong lebih mengenyangkan di banding nasi karena kandungan serat yang tinggi di dalam singkong. Serat sendiri bisa mengenyangkan karena merupakan bagian dari karbohidrat.

Sebagai solusi agar tidak bosan dalam mengonsumsi makanan berserat, harus ada variasi, seperti dibuat salad, jus, sate buah, dicampur dengan susu, coklat, dan lain sebagainya.

Wallahu a’lam. [Pirman/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.