Beranda Ilmu Islam Fiqih Bolehkah Wanita Bertemu Mantan Suami? Bagaimana Ketentuannya?

Bolehkah Wanita Bertemu Mantan Suami? Bagaimana Ketentuannya?

ilustrasi cerai © forumdakwahahlussunnahdotcom

Assalamu’alaikum. Wahai Syaikh, bolehkan seorang wanita bertemu dengan mantan suaminya? Jika boleh, apa saja ketentuannya? Terima kasih.

Jawaban:

Wa’alaikum salam warahmatullah.
Ketika seorang wanita telah ditalak oleh suaminya dan masa iddahnya telah habis, maka laki-laki tersebut telah menjadi orang lain baginya. Sama seperti terhadap laki-laki non mahram lainnya, mereka tidak boleh berkhalwat atau berduaan karena hal tersebut diharamkan.

Meskipun khalwat dilarang, mereka boleh bertemu dengan mantan suaminya sebagaimana bertemu laki-laki lain, dengan syarat menutup aurat, tidak tabarruj, tidak memakai parfum, tidak bersentuhan, disertai mahram atau di tempat umum (ada orang lain yang menemani), serta tidak melanggar batas syar’i dan adab-adabnya.

Adapun jika masih berada pada masa iddah dalam talak satu atau talak dua, mereka harus tetap bertemu dan berada dalam satu rumah. Bisa jadi talak itu terjadi karena kurang pertimbangan sehingga suatu saat dalam masa iddah keduanya ingin ruju’, maka akan mudah dan hal itu menjadi lebih baik. Dan inilah salah satu hikmah adanya masa iddah dalam Islam. Bisa jadi selama masa itu hati suami istri menjadi jernih, cinta mereka tumbuh kembali, dan hubungan mereka menjadi lebih baik dan lebih kokoh.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman mengenai ketentuan ini:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَأَحْصُوا الْعِدَّةَ وَاتَّقُوا اللَّهَ رَبَّكُمْ لَا تُخْرِجُوهُنَّ مِنْ بُيُوتِهِنَّ وَلَا يَخْرُجْنَ إِلَّا أَنْ يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُبَيِّنَةٍ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَمَنْ يَتَعَدَّ حُدُودَ اللَّهِ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهُ لَا تَدْرِي لَعَلَّ اللَّهَ يُحْدِثُ بَعْدَ ذَلِكَ أَمْرًا

“Hai Nabi, apabila kamu menceraikan istri-istrimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah Tuhanmu. Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) keluar kecuali mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru.” (QS: Ath-Thalaaq Ayat: 1)

Sesuai ayat ini, dalam masa iddah tersebut, suami tidak boleh mengusir istrinya dari rumah dan istri juga tidak boleh meninggalkan rumah (semisal pulang ke rumah orang tuanya).

Wallahu a’lam bish shawab. [Disarikan dari fatwa Syaikh Dr. Yusuf Qardhawi]

51 KOMENTAR

  1. Boleh ke says bermalam di rumah bekas suami says.boleh ke bekas suami says datang p rmh says..berjumpa anak2 hanya says .suami Dan anak2

  2. Saya mau menikah dengan seorang janda. Di rumah janda tersebut masih dipajang foto mantan suaminya.
    Bagai mana seharusnya menyikapi keadaan ini? Apakah itu Syah syah saja, atau saya harus memaksa utk menurunkan foto mantan suaminya itu.?
    Saya pernah bilang agar diturunkan tapi dia gak mau karna alasannya foto itu anak anak nya yg menginginkan agar tetap terpasang di tempatnya..
    Apa yang harus saya lakukan?

  3. Jika seorang istri sering berhubungan dengan keluarga mantan suami pertama Tampa ijin atau mendapatkan ijin suami baru apa hukumnya?karena saya tidak pernah ijinkan untuk menemuinya atau tlp,sms karena demi menjaga keharmonisan rumah tangga .mohon bantuanya .terimakasih 081332635502…

  4. Komentar: assalamualaikum…saya D,baru menikahi wanita dgn status janda.Pertanyaan saya,bolehkah istri saya menemui mantan suaminya dgn alasan suatu urusan,padahal urusan itu bisa diwakilkan kepada keluarga istri saya dan sedangkan saya sendiri tidak memberi izin terhadap istri saya.apa hukumnya dan bagaimana menurut akidah Islam.?mohon jawabannya.Terimakasih, Wassalamu’alaikum…

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Tidak boleh bagi seorang istri menemui laki-laki non mahram tanpa seijin suaminya. Hal ini perlu dipahamkan kepada istri dengan cara yang baik agar ia mengerti. Semoga Allah memberkahi keluarga Pak Deni dan dijadikanNya sakinah mawaddah wa rahmah.

  5. Saya baru bercerai selama kurang dr 1minggu, dan kemarin saya bertemu dan bersalaman (cium tgn) apakah itu artinya saya telah rujuk apa tdk? Mohon penjelasannya

      • Bolehkah istri menemui mantan suaminya dan mantan mertuanya (nenek dari anak2nya) bersama anak2nya dan bermalam bersama di rumah mantan mertuanya??

      • Sy sdh memiliki anak tapi suami saya terkadang berkunjung kerumah mantan istrinya dan berfoto bareng bersama anak dan mantan istrinya tanpa seizinku, bolehkah hal itu menurut islam

  6. bolehkah mantan suami bertemu mantan istri dan sering berkomunikasi dengan mantan istrinya? sedangkan mantan suami sudah menikah lagi. Dan pernah disarankan agar mantan istri berhubungan hanya dengan istri si mantan suami.. namun mantan istri menolak dan malah mengancam mantan suami tidak mendapatkan kabar dr anak mereka.

    • Istri tersebut harus mendapat ijin dari suaminya jika dia komunikasi dengan mantan suaminya. Sebab mantan suami telah menjadi orang lain baginya, yang haram bersentuhan. Juga rawan terjadinya fitnah.

      • Jika mantan istri belum menikah dan terjadi si Istri dr mantan suami berburuk sangka kepada mantan istri karena Mantan istri pernah meminta mantan suami untuk memanggil panggilan sayang saat masih menikah.

        • Dan apakah yang wajib meminta ijin bertemu mantan itu hanya Istri? Sedangkan Suami bebas menentukan tanpa memikirkan perasaan Istri barunya? Karena Suami selalu merasa menjadi kepala rumah tangga yg harus selalu dipatuhi Istri.

          • Suami juga tidak bisa serta merta bertemu dengan mantan istrinya dalam kondisi berduaan karena mereka sudah jadi orang lain yang bukan mahramnya. Perlu ada orang ketiga yang mendampingi, lebih baik lagi jika pasangan suami istri keduanya ikut bertemu jika ada pertemuan dengan mantan.

  7. Assalamualaikum,, bagaimana hukum nya menurut agama jika seorang istri menolak janji dengan suami terkait dengan larangan suami bertemu dengan mantan suami,karna istri takut melanggar janji tersebut, dengan mantan suami di karunia 2 anak perempuan,,, adapun komunikasi skg ini belum terjadi, tp tak menutup kemungkinan sepanjang kehidupan ada hal yg harus dikomunikasi kan dengan mantan suami terkait anak,, itupun dgn ijin suami nantinya…

  8. Assalamualaykum…
    Mantan suami saya punya WAG dng anak2 dan mantan istrinya. Dan jg ada WAG dgn adik2 nya suami yg ada mantan istri nya. Apa yg hrs saya lakukan ? Alasan suami gak mau keluar dr group…gak enak sm anak2 dan adik2 nya. Saya seperti orang asing….

  9. 4 th saya menikah dg duda cerai anak 1
    Mantan istrinya jg sdh menikah lagi dn skrg mempunyai 3 anak.
    Dulunya mantan istri memisahkan dn melarang suami saya ketemu sm anak nya, tetapi skrg sdh membolehkan si anak ketemu sm bapaknya.
    Anehnya si mantan istri tsb merahasiakan dn keberatan kl suaminya yg skrg mengetahui kl dia msh menjalin hub dg mantan suami nya.

    Apa yg hrs saya lakukan?
    Kl saya ikut ketemu saya di pojokkan …
    Apa saya ikutan tdk peduli dg mereka kl mereka mau ketemuan?
    Atau saya ceritakan aja ke suaminya?

    • Ingatkan suami Bu Feni dan wanita tersebut, agar suaminya tahu dan tidak timbul masalah/fitnah di belakang hari. Bu Feni tidak perlu menceritakan ke suaminya, biar istrinya saja yang cerita.

  10. Assalamu’alaikum …
    Mohon pencerahan nya …
    Boleh kah mantan istri sering datang ke rmh mantan suaminya meskipun cuma utk menstrikakan pakaian anak2 nya …
    Apa hukum nya menurut islam jika istri masih sering dtg ke rumah mantan suami

  11. Assalamualaikum
    Mohon pencerahan nya..
    Istriku sering datang ke rumah mantan suami setiap sore hari dan hari sabtu, bertemu anak serta mencuci pakaian, aku tdk mengijinkan karena mantan suami masih ada rasa dengan istriku (istriku gugat cerai mantan suami karena sering kdrt). Mohon pencerahan nya ustad.
    Terimakasih.
    Wassalammualaikum wr wb

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika suami melarang istrinya menemui mantan suami, maka istri harus taat, tidak boleh menemuinya. Kalau sangat penting misalnya demi anak, sebaiknya ditemani suami demi menghindari fitnah dengan mantan suaminya.

  12. Assalamualaikum
    mohon pencerahan.. bagaimana hukum dalam islam seorang mantan istri bertemu datang kerumah mantan suami yg non muslim kristen? ..

  13. Assalmualaikum!!
    Saya mau bertanya.
    Mantan suami saya setiap tahun datang kerumah karna. Menjenguk anaknya
    Mantan istri tidur di rumah suami saya. Itu hukumnya apa ??
    Tolong saya ingin mengerti

  14. Assalmualaikum!!
    Saya mau bertanya.
    Mantan istri suami saya setiap tahun datang kerumah karna. Menjenguk anaknya
    Mantan istri tidur di rumah suami saya. Itu hukumnya apa ??
    Tolong saya ingin mengerti

  15. Assalmualaikum!!
    Saya mau bertanya.
    Mantan istri suami saya setiap tahun datang kerumah karna. Menjenguk anaknya
    Mantan istri tidur di rumah suami saya. Itu hukumnya apa ??
    Tolong saya ingin mengerti
    Hati saya sakit melihat semua ini saya sekarang sebagai istri suami saya apa berhak meminta suami saya untuk melarang mantan istrinya tidur dirumah??

  16. Assalmualaikum!!
    Saya mau bertanya.
    Mantan istri suami saya setiap tahun datang kerumah karna. Menjenguk anaknya
    Mantan istri tidur di rumah suami saya. Itu hukumnya apa ??
    Tolong saya ingin mengerti
    Hati saya sakit melihat semua ini saya sekarang sebagai istri suami saya apa berhak meminta suami saya untuk melarang mantan istrinya tidur dirumah??

    Dan mantan istri selalu mengunggah foto bersama anaknya
    Dan selali tag suami saya.
    Saya sangt terpukul!!
    Mohon bantuannya

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Setelah cerai, ia menjadi bukan mahram bagi suami sebagaimana wanita lain pada umumnya. Dan sebagaimana wanita lain yang bertamu, ia boleh tidur di rumah selama diijinkan oleh tuan rumah dan tidak melanggar syariat. Sehingga tidak boleh baginya berduaan, bersentuhan, dan seterusnya.

      Jika Bu Niken tidak ridho di tidur di rumah, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik ke suami. Soal dia foto sama anaknya, Bu Niken perlu bersabar menyikapinya. Kalau bisa, ingatkan dia agar tidak mentag suami Bu Niken karena ia telah menjadi orang lain sebagaimana wanita lain pada umumnya. Semoga Allah memberkahi kesabaran Bu Niken.

  17. Ust saya mau bertanya
    Bolehkah saya pergi jalan bersama mantan suami
    Karena alasan anak saya msh kecil kami ingin terlihat seperti ortu yg lain
    Tp kami tidak bisa kembali karena alasan mantan mertua tdk menginginkan saya ust.
    Masalahnya byk teman sejawat saya ceramahin saya haram hukumnya jalan dengan mantan suami padahal kami tidak pernah bersentuhan apalagi bahas soal yg masalah yang dulu
    Mohon pencerahannya ust. 🥺😭

  18. Assalamualaikum ust saya mau tanya
    Suami saya punya mantan istri dan anak
    Sekarang mantan istri dan suami saya sering berkomunikasi suami saya kadang lebih perhatian terhadap mantannya dibandingkan saya dan anak saya

    Bagaimana sikap mantan istri yang seharusnya menghadapi mantan suami yang sudah menikah?
    Apa pantas ketika mantan istri minta pulsa kpda mantan suami yang sudah beristri lagi?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Suami istri yang telah bercerai, mereka menjadi orang lain. Sehingga interaksinya juga dihukumi sebagai orang lain non mahram.

      Nafkah terhadap anak kandung yang masih kecil masih menjadi tanggungjawab suami (ayah). Tetapi untuk mantan istri, tidak ada kewajiban memberikan nafkah lagi.

      Jadi kalau mantan istri minta pulsa, sama dengan wanita lain minta pulsa, sama dengan orang lain minta sedekah atau minta tolong. Terserah diberi atau tidak, lebih baik dikomunikasikan dengan istri sekarang agar tidak timbul salah paham.

  19. Assalamu’alaikum ustad saya ingin bertanya?
    Saya menikah dengan duda anak 1 ,setiap bulan suami saya mengirim uang buat keperluan anak nya,tetapi tidak pernah bilang atau izin ke saya ustad,apakah tidak ada hak saya buat mengetahui nya ustad ,tolong pencerahan nya ustad…

  20. Assalamu’alaikum ustad,saya ingin bertanya ustad?
    Saya menikah dengan duda anak 1 setiap bulan suami saya mengirim nafkah buat keperluan anak nya,tetapi suami saya tidak pernah memberi tahu saya atau memintak izin,saya harus bagaimana ustad,apakah tidak ada hak saya untuk mengetahui nya?
    Tolong pencerahan nya ustad…

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Anak yang masih kecil memang tanggungjawab ayahnya meskipun sudah cerai. Sebaiknya dikomunikasikan dengan istri agar tidak timbul salah paham.

  21. Istri saya meminta izin untuk mengunjungi mantan suaminya yang dalam ke adaan sakit parah, saya selalu suami sah, jadi bingung, di ijinkan takud salah tdak di ijinkan tkt salah. Kayaknya istri ngotot dan nampak sangat berharap di ijinkan pergi, tapi sya dngan terpaksa saya ijinkan melihat sangat mantan dlm sakit keras, namun melihat ngotot dan air mata istri sy beranggapan bahwa istri saya sangat mencintai mantannya, salah kah sikap saya atau perasaan saya, tapiasih sya ijinkan.

  22. assalamualaikum..
    bila seorang suami menemui mantan istri tanpa pamit pada istri yg sedang bekerja atau sedang dirumah , dengan alasan membawa berobat dan bermain anak pd pernikahan nya dulu bagaimana seorang istri harus bersikap? krn istri merasa cemburu. apakah memang boleh cara mendidik anak dengan perlihatkan bawa ayah ibu nya masi bisa jalan bertiga dengan anak mereka. sedangka mereka masing-masing punya suami dan istri skrg

  23. Assalamualaikum..
    Suami saya sering ke rumah mantan istri nya bertemu anak2 nya tanpa memberi tahu saya,,saya sebagai istri mersa tidak nyaman jika suami saya pergi sendiri ke rumah mantan istri untuk mnjenguk ank2 nya..saya sudah bilang klo mau ke sana saya ikut agar saya tidak berprasangka mcm2,,tetapi kata suami saya keluarga dari mantan istri tidak suka jika saya ikut..jadi saya harus bagai mana..jjur saya tidak bisa menerima jika trus seperti ini..
    Mohon masukan nya Ust.🙏

  24. Saya bilang kepada Suami saya jika Dia mau bertemu Ank2 nya tolong jgn ke Rumah mantan istri,,bisa saja dengan mnjemput ank2 dan bawa ke rmh..tetapi alasan dari kluarga mantan istri tidak suka dgn saya..saya hnya ingin perasaan saya di hargai sebagai seorang Istri..mohon masukan nya Ust.🙏

  25. assalamu’alaikum
    ustad bagaimana menyikapi suami saya yg mengatakan kepada mantan istri nya akan memberikan nafkah kepadanya, tanpa berdiskusi dulu dengan saya sebagai istri sah nya skrg, kalau untuk anak nya sy ikhlas dunia akherat suami memberikan nafkah tapi utk mantan istri nya rasa nya hati saya berat menerimanya apalagi suami tidak ada bicara kepada saya dan nafkah utk saya pun masih jauh dari cukup.
    terimakasih ustad
    assalamu’alaikum

  26. Aslm. Alkm. Ustads saya seorang janda krn bercerai dengan suami dan mempunyai 3 anak tapi mantan suami sakit parah dan tdk mempunyai tempat tinggal dan sy pun sebenarnya jg numpang di rumah org tua. Atas permintaan anak saya apakah sy boleh merawat mantan suami dan memanggilx ke rumah org tua saya

  27. Apah hukumnnya ust jika mantan istri suamu saya menginap dirumah mantan mertuanya karnabmertua saya meninggal ? Tapi mantan istri suami saya sdh menikah jika dia datang sendiri tampa suaminya apah hukumnya

  28. Pak ustad mohon pencerahannya,saya secara agama sudah ditalak sama suami,tapi belum resmi secara hukum negara..berhubung suami masih belum kunjung pulang karna keberadaannya msih merantau diluar negri.apakah saya harus masih tetap tinggal dirumahnya atau kah menunggu kepulangan nya dulu?..suami saya merantau sudah 8 tahun dan blum ada kepastian kapan dia pulang

  29. Assalamualaikum udtad, mohon pencerahan nya..sy menikah dgn janda dgn 2 ank laki2 yg sudah dewasa..( 21 thn keatas )…isteri sy sengaja merahasikan kpd mantan suami nya bhw dia sudah menikah…dgn alasan macam2..sehingga mantan nya dpt bebas menelepon nya kpn saja..sy sebnarnya kberatan, krn anak2 sudah dewasa..Sy ingin mantan suami nya yg langsung berkomunikasi dgn anak2 tanpa perantara isteri sy..salam.

  30. Assalamualaikum
    Saya mau tanya ustadz, saya saeorang istri dari seorang duda beranak satu. Anak sambung saya tinggal bersama ibu kandungnya. Salahkah bila saya berkeberatan jika suami saya menjumpai anaknya di atas rumah mantan istrinya??
    Alasan saya keberatan karna :
    1 mantan istrinya blm menikah lagi
    2 setiap suami dan saya ke rumah mantan istrinya sikap dan cara berpakaian si mantan istri TDK pantas.
    Dan saya merasa risih karnanya.
    si anak sering memaksa utk si ayah tengok anak ke rumah mantannya, padahal si anak bukan lagi anak di bawah umur. apa hukumnya ustadz??

  31. Assallamualaikum ustadz

    Maaf saya bertanya, mohon di jawab ya ustadz

    Saya seorang bujangan. Kemudian saya menikahi seorang janda yg memiliki 3 orang anak.

    Tapi mantan suaminya masih ngasih istri saya uang dan ngasih uang bekas anaknya.

    Meskipun istri saya sudah bilang setiaku hanya untuk mu, maksudnya saya,
    Tapi kenapa tetap saja dihati saya takut dan khawatir istri saya akan berpaling ke mantan suaminya karna di kasih uang.

    Pernah saya baca sekali, klo mantan suaminya tidak bisa lupakan wajah istri saya…..

    Bagaimana ini ustadz?

    Mohon jawabannya !!!

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.