Beranda Ilmu Islam Aqidah Ini Penjelasan Dr Zair Naik Mengapa Islam Melarang Yoga

Ini Penjelasan Dr Zair Naik Mengapa Islam Melarang Yoga

44
zakir naik
Dr Zakir Naik (4shared.com)

Seorang pemuda bertanya kepada Dr Zakir Naik dalam sebuah forum yang dihadiri ribuan orang, mengapa Lembaga Fatwa Malaysia melarang muslim melakukan yoga.

“Beberapa tahun lalu lembaga Fatwa Malaysia melarang muslim melakukan yoga, mereka berkata hal itu bertentangan dengan Islam. Apakah itu benar menurut Al Quran? Terima kasih” tanya pemuda tersebut.

Dr Zakir Naik pun kemudian menjawab:

“Saudara ini bertanya bahwa Lembaga Fatwa Malaysia melarang Muslim melakukan yoga. Karena hal ini bertentangan dengan Islam. Saudara ini bertanya apakah hal ini bertentangan dengan Quran.

Saudara, yoga adalah jenis olahraga, yang berasal dari berbagai tempat, termasuk dari kitab Wedha. Dan dalam yoga kau kemungkinan harus mengatakan hal-hal seperti aku bukan ahli dalam yoga tapi aku sadar dalam yoga kau harus mengatakan hal-hal seperti “om” dan menyanyikan kata-kata tertentu. Semua hal ini bisa mengarah ke syirik.

Ini kemungkinan mengarah ke syirik, itu artinya kau menyebut makhluk lain sebagai Pencipta selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam Islam, seperti yang kusebutkan dalam ceramahku, menurut surat An Nisa’ ayat 48 dan surat An Nisa’ ayat 116, Allah akan mengampuni dosa apapun kecuali dosa syirik. Dia tidak akan mengampuninya.

Syirik adalah menyekutukan Allah. Jadi jika kau menyekutukan Allah dengan makhluk, memanggil siapapun yang dinggap Tuhan selain kepada Allah, maka ini adalah syirik. Jadi yoga ini sering mengarah kepada syirik dan aku setuju dengan Lembaga Fatwa Malaysia yang melarang muslim melakukan yoga.”

44 KOMENTAR

  1. Saya ikuti kelas yoga utk senamannya yg berunsurkan regangan badan dan otot di celebrity fitness gym. Mrk tak mengamalkan zikir2 ohm dsbnya walaubagaimanapun, sy tetap berhati2. Sbb niat sy adalah utk kesihatan atau olahraga.

  2. Lebih baik muslim jangan mengikuti yoga……karena latihan yoga jika benar2 dilakukan, Muslim Akan menjadi murtad. Apakah Muslim mau murtad Dan di musuhi kaumnya……….dgn yoga org bisa lebih mengenal kebenaran.

  3. kita tertarik yoga untuk kesehatab,. melupakan sholat 5 waktu yang mentornya ALLAH sendiri,. menjadikan gerakanya bisa membantu kesehatan pelakuny,.. “JIKA DILAKUKAN SESUAI.MENTOR” bukan asal gugur kewajiban

  4. mohon maaf saya mau tanya ? kalau begitu apa bedanya kalau kita shalat tapi tidak menghayati bacaan yang kita baca, apakah diterima shalatnya ? kalau melakukan gerakan yoga dan membaca ommm, apakah termasuk dosa karena kita tidak tau artinya ?

    • Dalam solat, walaupun baca ayat alquran tidak ketahui makna, sudah bisa dapat pahala hanya dengan menyebut setiap huruf. Untuk perkataan dalam yoga tidak saya ketahui. Wallahua’lam. Moga bermanfaat.

    • Mohon maaf,, kiya diberikan akal untuk selalu belajar dan memahami, bila kita tidak tahu mengapa kita tidak menggunakan akal kita yg di berikan allah utk memahami arti trsrbut, alquran adalah kebenaran, terima kasih

  5. Sy ikut kelas yoga, setiap meditasi sy sll berdzikir dan mengucap sholawat, sy hanya ingin sehat sj, tdk pernah berucap ohm dlsb yang sy tidak kenal, tetep yakin dihati sholawat n dzikir hanya unt Allah……

  6. Telah jelas yang di ucapkan oleh Dr Zakir…”ada yoga yang mengucapkan kata-kata tertentu”…hal ini yang paling digaris bawahi oleh beliau….maka berhati-hatilah…

  7. Solat yg d lakukan tetapi tidak faham setiap ayat yg d baca dlm solat adalah dari hukum syarak tetapi seandainya anda mampu memahami setiap ayat yg anda baca dlm solat itu adalah lebih baik

  8. Solat yg d lakukan tetapi tidak faham setiap ayat yg d baca dlm solat adalah sah dari hukum syarak tetapi seandainya anda mampu memahami setiap ayat yg anda baca dlm solat itu adalah lebih baik

  9. Yoga merupakan salah satu cara agar manusia bisa bertransformasi menjadi mahluk generasi ke 4, yaitu memiliki ilmu seperti jin , menggunakan seluruh kemampuan 80% alam bawah sadar nya dengan energi dalam tubuh yg tak terpakai. Dengan demikian akan dekat dengan hal-hal gaib yg bisa di lakukan diluar akal manusia.
    Apabila bisa mencapai ke arah sana maka dirinya akan menjadi sombong dan akan bertindak liar semau nya termasuk melanggar perintah Allah dll spt yg dilakukan Firaun, ini sih hanya sebuah wacana saja menurut pendapat saya.

  10. Klau skdr mnjga ksehatan, msh bnyk olahraga slain yoga. Bnyk orng yg ikut yoga skdr ikut trend life style kyk artis 2 lokal international. Biar d bilang g ktinggalan jaman kali ye :)”

  11. Sejak kapan ada Tuhan lain selain Alloh SWT…..????
    Sejak kapan “om” itu menyaingi Kuasa Alloh SWT….??? Siapa yang membuat persaingan Alloh SWT dengan “om”….
    Saya tidak percaya “om” bisa menyaingi Alloh SWT……
    Kalo kalian menganggap yg mengatakan “om” adalah syirik, berarti kalianlah yg menganggap bahwa Alloh SWT disaingi “om” ……
    Saya tidak tau apa itu “om” dan kalianlah memperkenalkan “om” kepada saya…..
    Allohu Ahad……….

    • Ya ya…kalao Allah merasa disaingi dan disekutukan..berarti Allah ada rasa cemburu..padahal Dia dzat yg maha suci. Jd yg merasa cemburu adalah manusianya..yg mensyrikkan juga manusia. Subhanallah.
      Sejak kapan ada Tuhan lain selain Alloh SWT…..????
      Sejak kapan “om” itu menyaingi Kuasa Alloh SWT….??? Siapa yang membuat persaingan Alloh SWT dengan “om”….
      Saya tidak percaya “om” bisa menyaingi Alloh SWT……
      Kalo kalian menganggap yg mengatakan “om” adalah syirik, berarti kalianlah yg menganggap bahwa Alloh SWT disaingi “om” ……
      Saya tidak tau apa itu “om” dan kalianlah memperkenalkan “om” kepada saya…..
      Allohu Ahad……….

  12. islam sendiri sdh punya “yoga” yaitu Shalat .
    perhatikan semua gerakan shalat dgn pernafasan yg teratur dlm membaca Surah al quraan,
    ruku` – tu`maninah, sujud serta duduk diantara 2 sujud dll. dgn konsentrasi penuh atau khusyu`’
    semua gerakan impact nya lbh dahsyat drpd yoga

  13. Saya pilih yoga kr yoga adalah olah raga yg lengkap dapat menyatukan 3 unsur antara tubuh pikiran dan jiwa kita. Kalau ketiga unsur tersebut sudah seimbang, maka kita akan sehat. Saya merasakan manfaatnya. Saran saya ikuti yoga di fitness center saja, disana murni olah raga tidak ada mantra2 dsbnya.

  14. Qt manusia diberi akal & fikiran dr Allah…qt bisa membedakan hal positif & negatif…ambil positif nya dari yoga & buang sisi negatifnya…
    Sama halnya dgn HP…toh di HP ini ada sisi positif & negatifnya…toh yg menciptakan HP jg akun FB ini org non muslim…tp apakah HP jadi haram…???
    Sama halnya dgn fasilitas2 yg qt pakai skrg… listrik, mobil, motor, pesawat dsb…semua jg penemunya non muslim & sama2 memiliki nilai positif & negatif…tp apa masuk kategori haram???
    Justru qt harus bisa menggunakan rezeki Allah berupa akal fikiran utk bisa mengambil sisi positif dr yoga & membuang sisi negatifnya…qt ambil halalnya & buang haramnya…sama sprti qt menggunakan akal fikiran qt dlm memakai semua fasilitas dlm hidup qt…
    Mohon maaf kalau komen q ini kurang berkenan…

    • Setuju banget sama mba Lilis Winarti….heran sama yang pada meributkan hal ini. Kalo seperti ini kan malah jadi menebar su’udzon dan fitnah. Sedangkan beliau mengakui bahwa tidak tahu secara mendalam…..hadeeeehhh
      Ini kan kata kata beliaunya: “aku bukan ahli dalam yoga” (bukan ahli berarti tidak tahu secara mendalam, tapi koq bisa menilai?)
      Disisi lain para pelaku yoga belum tentu mengucapkan hal hal yang disebut beliau.
      Benar sekali bahwa pilihan olahraga lain masih banyak. Sama halnya dengan kita makan jagung rebus, ada buah ada kue ada nasi tapi kenapa jagung rebus yang dipilih? Semua sama sama sehat bermanfaat, tapi kembali lagi bahwa ini pilihan hati. Dan itu sudah menjadi hak masing masing individu. Hargai sajalah, jangan terlalu membesar besarkan hal yang seharusnya tidak perlu dibesar besarkan.
      Ada hal yang lebih penting untuk dibesar besarkan. Mari kita bersama sama selamatkan negara Islam yang tertindas. JIka tidak punya kuasa mulailah dengan doa semampu kita, jika mampu lakukanlah tindakan apapun itu kalo bermanfaat lakukanlah.

      Percuma bahas yoga dengan yang bisa bicara tapi tidak tahu banyak.

  15. Islam itu sederhana yg menurut anda haram maka jangan kamu lakukan jika menurut anda halal lakukanlah yg menentukan diterima tidak diterima hanya alloh sajalah , kita manusia hanya hambaNya dan gk bisa memutuskannya

  16. Andai perkara itu disukainya maka dia akan mencari sejuta alasan untuk melakukannya. Kenapa tidak olah raga lain seperti silat…?

  17. jangan membuat suatu perbuatan berdasarkan dengan pertimbangan sendiri dan mengabaikan timbulnya syubhat, jaga akidah kita dan berhati-hatilah setan selalu mengintip dari berbagai jalur dan pintu dimana kita semua umat Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam akan tergelincir karena ujub dan riya’ kita.

  18. Dikasih tahu sama yg paham agama pada ngeyel,sok pintar….memang terserah masing2 mau di nasehati diterima Alhamdulillah…tidak terima ya terserah semua ada konsekuensi nya masing2

  19. Shalat adalah yoga-nya org Islam lebih baik dan benar secara aqidah. Cobalah kita lakukan shalat dg benar dari sisi kekhusyu’-annya, gerakannya dan durasinya. Khusus durasi, lakukan seperti lamanya kita melakukan yoga atau olahraga. Insya Allah yg kita cari di luar ternyata sudah ada dalam Islam, hanya saja kita ini belum memahami Islam, hanya terlahir Islam karena org tua kita Islam.

  20. kalo komen ya baca dulu komen2 sebelumnya, biar nggak ada kalimat berulang….!!!

    buat yg bilg “kayak nggak ada olah raga lain”.. kita sukanya olh raga apa, knapa pilih itu, kan sama juga –> kaykx g ada ol rg lain? konteksnya

    Dr. Zakir Naik
    Olah Raga Yoga
    Halal Haram
    Fatwah Pemerintah

  21. Sy instruktur yoga,sy berhijab & kebetulan member sy wanita berhijab semua
    Sy tdk pernah memasukkan unsur2 hindu ddlm yoga, malah Sy selalu mengarahkan member sy untuk bbrp kali berdzikir pendek didalam hati (allah atau subhanalloh) ketika sesaat berhenti sejenak sehabis latihan inti(selain mengolah nafas juga smbil menenangkan detak jantung)
    Dan ketika savasana pun (posisi berbaring dlm keadaan rilex dan ttp menjaga kesadaran) sy slalu menginstruksikan sambil dzikir dlm hati
    Dalam yoga sy hanya mengambil sisi olahraga,mengolah nafas, fokus & konsentrasi yg dampaknya amat sangat bagus untuk ksehatan baik tubuh, mental dan jiwa tdk yg lain2nya…yg insyaalloh bs berdampak lebih khusuk (fokus)ketika sholat
    Dan tanpa disadari juga efek olah nafas bs membuat kita bs mengendalikan emosi
    Untuk yg berkomentar negatif ttg yoga
    “apakah anda sudah pernah mengikuti kelas yoga sebelum anda berkomentar??”
    Karena setau sy kebanyakan yg berkomentar hanya bersumber dari katanya katanya saja….
    Maaf apabila kata2 sy salah & menyinggung 😊🙏

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.