Beranda Keluarga Muslimah Jadi Tempat Curhat? Lima Hal Ini Sebaiknya Tak Dilakukan oleh Muslimah

Jadi Tempat Curhat? Lima Hal Ini Sebaiknya Tak Dilakukan oleh Muslimah

1
ilustrasi muslimah curhat (beritaku.net)

Curhat sudah menjadi bagian keseharian hidup manusia. Beragam hal kita utarakan -dari situasi kantor yang menyebalkan hingga harga daging yang mahal. Bagi kebanyakan orang curhat adalah katarsis yang baik untuk melepaskan tekanan emosional. Curhat umumnya diutarakan kepada teman terdekat. Sayangnya meski terlihat mudah ternyata menjadi tempat curhat bisa juga bikin mendatangkan masalah bagi anda, muslimah semua.

Untuk mengantisipasinya, ada lima hal yang sebaiknya tak dilakukan:

1. Terlampau sering Menyela

Tidak menyenangkan bila di tengah-tengah cerita anda menukas, menyela dan sejenisnya. Jadi tunggu dan bersabarlah sebentar hingga ceritanya tuntas, baru Anda boleh bertanya. Tentu yang relevan dengan cerita.

2. Terburu menghakimi

Jangan terburu-buru menghakimi apa yang teman anda ungkapkan. Yang harus dipahami, dalam hidup ini tak semuanya berjalan seperti yang Anda pikirkan. Gunakan berbagai sudut pandang sebelum berkomentar. Ini akan menyelamatkan anda dari kesalahan memberi penilaian.

3. Memaksakan Pendapat

Saat teman meminta pendapat, silakan Anda menanggapinya. Tetapi yang harus diingat jangan kecewa saat ia tak menuruti pendapat Anda. Sebagus apapun pendapat kita, keputusan ada di tangannya. Dia yang akan menjalani, bukan kita.

4. Memberi Nasehat Tanpa diminta

Kerap saat teman tengah curhat, serangkaian nasehat meluncur tanpa dia minta. Padahal tak jarang orang datang hanya untuk didengar, sekedar melepaskan beban emosional. Memang tidak gampang melakukannya. Tapi, dengan latihan semua orang pasti bisa mengerem keinginan untuk “menasehati” orang lain.

5. Tidak berterus terang tentang situasi Anda

Katakan saat sedang ingin sendirian, tidak mau diganggu dengan curhatan atau hal-hal lain. Jangan mengiyakan karena sungkan. Jika ini anda lakukan, bukannya menyenangkan justru yang terjadi kebalikan. Gestur tubuh Anda yang tidak nyaman, akan menjadi bumerang. Bisa-bisa Anda dituduh tidak tulus oleh teman. Anda tak mau mengalami hal ini bukan?

Semoga kelima tips ini bisa membantu Anda, muslimah yang dipercaya sebagai pendengar sahabat atau saudara. [Afin Yulia/Bersamadakwah]

BARU 1 KOMENTAR

  1. tempat curhat yang paling aman adalah
    1. bersujut (shalat) dan berbicara/berkeluh kesah kepada Allah
    2. ngomong sama benda mati, seperti dinding, kayu dll. makhluk Allah ini akan menerima curhat anda dan tak akan memberi tahu isi curhat anda kepada manusia lainnya
    yang paling utama adalh yang nomer 1

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.