Beranda Ilmu Islam Aqidah Jawaban untuk Orang yang Menghubungkan Kedatangan Jokowi dengan Robohnya Crane di Masjidil...

Jawaban untuk Orang yang Menghubungkan Kedatangan Jokowi dengan Robohnya Crane di Masjidil Haram

109
Crane proyek Masjidil Haram roboh (Anadolu Agency)

Tulisan ini bukan untuk membela Jokowi. Tetapi untuk meluruskan pemahaman dan aqidah kita, baik dengan dalil naqliyah maupun dalil aqliyah.

Miris, mungkin demikian. Di saat musibah melanda ratusan jamaah haji, ada orang-orang yang mencoba menguhubung-hubungkannya dengan kedatangan Jokowi. Seakan-akan mau menarik benang merah, bahwa karena Jokowi-lah musibah itu terjadi.

“Crane timpa ratusan jamaah di Makkah, saat Jokowi mendarat di Jeddah,” demikian judul salah satu media nasional.
“Kedatangan Jokowi ke Arab Saudi “Disambut” Tragedi,” demikian judul di media lain.

Komentar-komentar netizen menunjukkan bahwa pesan dari judul berita itu ditangkap oleh pembaca.
“Apa jangan-jangan dia emang bawa sial,” tulis seorang netizen.
“Entahlah.. murka alam selalu mengiringi kedatangannya,” jawab netizen lainnya.

Islam mengajarkan bahwa segala musibah datangnya dari Allah, tidak terkait dengan kedatangan atau kehadiran seseorang. Allah mengajarkan ketika ada musibah, seorang muslim mengucapkan istirja’.

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“(orang-orang yang sabar) yaitu orang-orang yang jika ditimpa musibah mereka mengatakan ‘inna lillahi wa inna ilaihi raji’un’ (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya akan kembali)” (QS. Al Baqarah: 155)

Ucapan istirja’ ini bukan hanya menunjukkan tawakkal kepada Allah dan sikap sabar, namun juga mengakui bahwa yang bisa memberikan manfaat dan madharat hanyalah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ketika menafsirkan surat Al A’raf ayat 173, Mujahid dan mufassir lainnya dari kalangan tabi’in, mengutip kisah keluarga Fir’aun ketika mendapatkan musibah mereka mengatakan “ini karena Musa dan sahabat-sahabatnya.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang tathayyur. Yakni merasa akan sial jika ada tanda-tanda tertentu, baik burung ataupun makhluk lainnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَلاَ طِيَرَةَ

“Tidak ada thiyarah/tathayyur” (HR. Bukhari)

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ الطِّيَرَةُ شِرْكٌ

“Tathayyur adalah syirik, tathayyur adalah syirik” (HR. Abu Daud)

Menganggap seseorang selalu mendatangkan sial, termasuk bagian dari tathayyur.

Selain tertolak secara dalil naqli, anggapan seseorang selalu mendatangkan sial juga tertolak secara aqliyah. Keyakinan bahwa kedatangan seseorang selalu disambut musibah juga tertolak secara aqliyah.

Dalam kasus ini Jokowi. Ternyata sebelum ini Jokowi pernah datang ke Makkah untuk umrah. Dan ternyata tidak terjadi musibah apa-apa. Artinya, tidak ada hubungannya musibah ini dengan kedatangan seseorang dan tidak boleh meyakini seseorang selalu membawa sial. Wallahu a’lam bish shawab. [Syaifullah/Bersamadakwah]

109 KOMENTAR

  1. Maaf sebelumnya saya ingin bertanya, belakang ini banyak orang yg bercanda, dan ada berbagai macam candaan dan pertanyaan saya bagaimana candaan itu mengandung thiyarah/tathayyur?

  2. Ketika jokowi umrah baju ihramnya juga kebalik kan admin. Tapi apapun itu Allah yg maha agung maha pemberi petunjuk. Khusnudzon aja

        • Astghfirullah…….
          bukannya saya membela jokowi……
          dari nama anda saja sudah menghina orang……
          seburuk”nya orang tidak pantas kita hujat kita hina tanpa memberikan saran ……
          Ingat Rasulullah Sudah mengajarkan kita untuk saling menghormati saling menghargai….. walaupun dia non muslim mari kita syiar Islam dengan cara yg baik yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita ….

          • Maaf msalah ihrom jokowi, salah satu sumber mngtakan memangg d Edit oleh seseoran bernama J**** yg memang setau saya, tdk hanya jokowi sj yg d fitnah tp banyak sekali tokoh yg d fitnah d snini…

        • Sama kayak otak lo, otak yang lain normal, otak lu doang yang gak normal.. masih banyak bro pekerjaan halal yang bisa lu kerjain, dari pada elu menghujat orang. Gak takut dosa lo, atau lu udah pernah ya rasain rasa nya masuk neraka gimana ?.. coba dong di share, siapa tau orang yang fikiran nya sama kayak lo bisa tobat.

        • Sama kayak otak lo, otak yang lain normal, otak lu doang yang gak normal.. masih banyak bro pekerjaan halal yang bisa lu kerjain, dari pada elu menghujat orang. Gak takut dosa lo, atau lu udah pernah ya rasain rasa nya masuk neraka gimana ?.. coba dong di share, siapa tau orang yang fikiran nya sama kayak lo bisa tobat.C : JOKOLOR

    • Pada saat itu pak jokowi sedang sa’i bukan sedang tawaf jd gak ada yg salah walaupun terbalik. Ketika sedang tawaf pak jokowi sudah benar cara pakainya. Selain sudah pernah berhaji dan beberapa kali umroh saya kira pak jokowi sudah lebih paham dibanding kita yg belum pernah umroh maupun haji

    • Pengampunan (At-Tawbah):28 – Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

    • Anda itu gampang diprovokasi oleh photonya hasil editan si setan Jonru. Itu (baju Ihram terbalik) hasil rekayasa si Jonru. Kasihan banyak yg ngaku Islam tapi idiot (tolol)

    • Adunk, anda itu gampang diprovokasi oleh photonya hasil editan si setan Jonru. Itu (baju Ihram terbalik) hasil rekayasa si Jonru. Kasihan banyak yg ngaku Islam tapi idiot (tolol)

  3. Jokowi mmg tdk diridhoi sbgai presiden di indonesia, makanya setiap lgkahnya slaly mmbawa kemudhorotan, hasil pemilu banyak kecurangan, rakyat indonesia cuma bisa pasrah

    • Bukan saya membela jokowi, akan tetapi segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah, sehingga tidak meridhai jokowi sebagai presiden seperti tidak meridhai kehendakNya, mengapa Allah memilih jokowi hanya Dia yang tahu, yang manusia dapat lakukan adalah mengingatkannya bila keliru, bila tidak ditanggapi, mendoakannya dan tidak meniru sikap pemimpin kita yang buruk,, insya Allah bila pemimpin kita tidak baik dapat menumbuhkan calon2 pemimpin yang ingin memimpin lebih baik lagi

      • Firaun mnjd Raja pun atas Izin dan Ridhonya Alloh azawajala. Tp dlm perjalanannya Firaun mnjd Penguasa yg dzolim. Atas izin Alloh pula akhirnya dibenamkan diitengah laut. Percaya atau tdk atau hny sebuah kebetulan saja 4 peristiwa naas terjadi disaat ada Jokowi.
        1.Saat pesta mantenan anaknya Tukang beca tewa
        2. Saat Simulasi TNI di Mabes Cilangkap seorang Prajurit jatuh dr atas gedung didepan Jokowi.
        3.Saat HUT TNI AU pesawat jatuh terbakar.
        4 Dan yg terakhir kmrn peristiwa Hujan badai yg merubuhkan crane dan membawa korban.
        Alloh Swt berikan ujian dan cobaan seharusnya mnjd bahan Muhasabah.
        Wallahu alam bhishowab

        • Ini kalimat mirip dgn yg ada di FP nya jonru. Yg mula nya bilang syirik tapi di bgian akhir malah mmbenarkan klo jokowi itu mmbawa sial. Gila nih org

    • Eko,,,,,mengerti tidak Kata DiRidhoi dan tidak diridhoi,,,,hati-2 berbicara bisa jadi kita yg mendapat dampak buruknya,,,lebih baik kita berpikir yang positif,

    • dan saya ingin bertanya.. ketika benar dia tidak pantas menjadi pemimpin dengan segala kecurangan yang hanya dilakukan oleh pihaknya , dan lalu sekarang dia menjadi pemimpin, apakah berati allah salah untuk mengambil keputusan? ketika anda tidak setuju dengan apa yang telah terjadi? bukan kah anda sama saja secara tidak langsung menyalahkan allah atas apa yang telah terjadi?

    • ekodok loe klo coment baca dulu berita sblmnya jatuhnya crane itu sblm jokowi datang,baca beritanya yang lengkap jangan akhironnya aja

    • Firaun mnjd Raja pun atas Izin dan Ridhonya Alloh azawajala. Tp dlm perjalanannya Firaun mnjd Penguasa yg dzolim. Atas izin Alloh pula akhirnya dibenamkan diitengah laut. Percaya atau tdk atau hny sebuah kebetulan saja 4 peristiwa naas terjadi disaat ada Jokowi.
      1.Saat pesta mantenan anaknya Tukang beca tewa
      2. Saat Simulasi TNI di Mabes Cilangkap seorang Prajurit jatuh dr atas gedung didepan Jokowi.
      3.Saat HUT TNI AU pesawat jatuh terbakar.
      4 Dan yg terakhir kmrn peristiwa Hujan badai yg merubuhkan crane dan membawa korban.
      Alloh Swt berikan ujian dan cobaan seharusnya mnjd bahan Muhasabah.
      Wallahu alam bhishowab

      • RH. Prawiradinata, INGAT pd saat awal2 SBY jadi PRESIDEN ? … pd saat itu pun BANYAK TERJADI MALAPETAKA …. ada Gempa dan SUNAMI di Aceh…. IRINGAN2AN MOBIL PRESIDEN NABRAK DI JALAN TOL …. GUNUNG pd MELETUS … PESAWAT JATUH …. KAPAL TENGGELAM …..dsb …. Anda ingat tidak ? bgm mnrt anda ?
        Musibah di Mekkah (Masjidil Haram), bagi yg meninggal Insya Alloh dia mati sahid (Insya Alloh masuk Surga). Bagi pemerintah Saudi Arabia (Islam Timur Tengah pd umumnya) musbiah tersebut merupakan teguran. karena : 1. Adanya peperangan sesama umat muslim (misalnya, Tentara Saudi Arab menyerang Siriah, banyak pengungsi muslim justru ditampung di Eropa, dll). 2. Kurang waspadanya kontraktor dlm mengantisipasi bahaya Crane jika ada cuaca extrime dll. RH. Prawiradinata, hati2 anda kalau berkomentar, Alloh Maha Tau dan Maha Melihat apa yg tersirat di hati manusia.

    • Hahhahahaa pndukung kubu sblh wktu pmilu ya,, liat sesuatu jngn mncari2_celah negtifnya aja. Tar anak pusing gara2 jkowi, anak polek gara2 jkowi, crane jtuh gra2 jkowi, apa lu trlalu dbutakan kfanatikan ama kubu sblah yah?? Yg cerdas dkit jd umat Muslim coyyyy,, musibah apapun dtangnya Dr yg diatas.

  4. Kedatangan Jokowi dengan setiap musibah yang menyambutnya mungkin hanya kebetulan, tapi ada beberapa kejadian yang menjadi tanda-tanda. Bukankah kiamat juga ada tanda-tandanya..?! Memang saya pikir bukan Jokowinya yang sial melainkan sifatnya, kelakuannya dan kebijakannya yang bawa sial.

  5. wajar sekali itu…penghuni disana pada shock karena yang datang jokowi !
    jokowi kan lurus, baik dan gak pernah makan uang haram…manusia langka di indonesia

  6. hadeueuh ….. ni orang2.. kalau sudah benci kgk pada inget sama dosa …. jokowi selalu dinilai JAHAT .. SYETAN …. padahal kejahatan apa sih yg sdh di lakukan sama jokowi ? … Membunuh ? Merampok ? Korupsi ? .. apa coba ? …………. NGGAK PADA INGAT YA SAAT AWAL2 SBY JADI PRESIDEN ? … SAAT ITU PUN BANYAK TERJADI MALAPETAKA …. SUNAME …. IRINGAN2AN MOBIL PRESIDEN NABRAK DI JALAN TOL …. GUNUNG MELETUS … PESAWAT JATUH …. KAPAL TENGGELAM …..dsb …. PADA INGAT KGK ? …. wah wah wah ….. pada buta mata hati nya

  7. Komentar: itu penyakit akut absolut sampe mati semata dengki jagonya keok. KEOK ARTINYA TUHAN TIDAK BERKENAN..!! Mau ngeles lag?!

  8. Ywd yg merasa paling pintar di banding pak presiden…calonkan aja jadi presiden seperti si eko…kan dia sepertinya pintar…

    Jika dalam setahun ga becus kita gantung, gmn sanggup…menuruti kemauan rakyat indonesia…..

    Monggo di coba…

  9. menjaga ucapan lebih baik…jika tidak bisa memberikan solusi lbh baik diam. jokowi presiden kita. suka tidak suka,itu sdh keputusan Allah utk memilih dia jd pemimpin kita. boleh jd kita tidak suka dgn dia jd pemimpin…tp siapa tau beliau lah yg mengantarkan bangsa ini utk jd lbh baik lg. berbaik sangkalah…maka hidup akan lbh baik lg.

  10. Rupanya masih ada org govlok ya di dunia ini (mungkin banyak)
    Termasuk indo,presiden gk salah apa2 malah di tuduh :v
    Indonesia ini ingin menjadi negara apa??
    Lagian mana ada org pembawa sial yg bilang pembawa sial itu lebih buruk
    Dari pada pembawa sial
    Mungkin sy sia2 berkata sekasar ini toh gk bakal di dengar seluruh indo juga terutama para koruptor coeg :v

  11. Rupanya masih ada org govlok ya di dunia ini (mungkin banyak)
    Termasuk indo,presiden gk salah apa2 malah di tuduh :v
    Indonesia ini ingin menjadi negara apa??
    Lagian mana ada org pembawa sial yg bilang pembawa sial itu lebih buruk
    Dari pada pembawa sial
    Mungkin sy sia2 berkata sekasar ini toh gk bakal di dengar seluruh indo juga terutama para koruptor coeg :v

  12. Ga di dunia yg kebetulan, klo dulu unroh ga da apa2, bisa jadi blum mau di tunjukan, coba aja kalian ingat2 apa selalu setelah berbuat dosa kalian kena musibah enggak jg. Bisa jadi karena blum waktunya. Hanya Alloh yg tau itu kejadian untuk nyambut presiden yg lebih merangkul China dan Komunis, dibanding negara2 Islam

  13. Menurut Moechtar Loebis, salah satu ciri masyarakat Indonesia memang percaya takhayul. Jadi tidak terlalu kaget sebetulnya saat ada suatu kejadian, yang ditonjolkan bukan logika, tetapi hal-hal diluar logika yang tidak bisa dipertangungjawabkan tentunya. Biarpun sudah beragama tapi takhayul tetap jalan terus.. :3

  14. Sebenarnya segala sesuatu itu kalau tidak dkerjakan bersama2 dan tidak saling mendukung,, tidak akan bisa menjadi baik,,, bangunan yg roboh saja yg kecil apabila roboh tidak akan sanggup 1_10 org membuatnya berdiri,, apalagi dg indonesia yg besar ini, tidak akan mungkin presiden sanggup sendiri memperbaikinya apabila banyak diantara kita yg mencela,, yg kita butuhkan hanyalah kerjasama, mksdnya krjasama dalam memperbaiki tanah air ini,, kita pun kalau jd presiden juga tidak akan bisa memperbaiki negara ini sendiri apabila yg lain hanya penuh iri dan menghujat kita,,.. Cuma sekedar memberikan pemikiran,, ambil baik nya aja jgn ambil buruk nya,, smua hanya untuk pemahaman,… Buat wni smua mari kita sma2 bantu perbaiki negara kita, dg saling mengingatkan bukan dg saling menjelekkan satu sama lainnya.. Salam indonesia

  15. Athadira:semua perkara yg berlaku di muka bumi nh dh ade yg atur,ALLAH SWT.
    Cakap awak memg lh betul,semua it rahasia ALLAH jadi hanya ALLAH lh yg tahu.manusia tk boleh menduga2,ap lg sampai berprasangka buruk.koreksi diri je lh dlu.sudah bersih kah hati awak.semesti nye kita org kena bnyk2 berdoa kpd ALLAH.SEMOGA MUSIBAH INI BISA CPT SELESAI,ALLAH BERIKAN JALAN KELUAR YG TERBAIK.LG Pn org2 yg ad d mekah tu bkn lh semua nye suci tk de dosa.jd jgn mengencam PRESIDEN .BAHAYA LOH….UD BNYK KASUS,SYP YG MENJELEK2N PRESIDEN DI TANGKAP.HARGAI DAN HORMATI PRESIDEN KITA.BAGAIMANA PN DIA CUMA MANUSIA BIASA,TK LUPUT DRI DOSA.JGN KAMU MERASA SUCI.

  16. astaghfirullohhal’azdim,pemilu presiden dh berlalu tapi masih seperti masa kampanye aja,ayolh semua bersatu biar indonesia maju,sial untung ataupun mati semua Alloh yg ngatur,ga ada namanya orang pembawa sial

  17. Tanda2 kiamat semakin dekat, sebangsa dan setanah air mungkin jg yg seimanpun mulai hujat hujatan, jgn mudah percaya media saat ini, jgn suudzon aj kita yg masih hidup di dunia ini, kalo mengenai politik di indonesia ini cukup aja la hanya mengetahui, jgn muda terpengaruhi, soalnya swmua kegiatan politik itu hanya demi kepentingan para pemain politik saja, jgn mudah terpengaruh oleh media saat ini, bnyak pemberitaan yg di lencengkan demi suaru kepentingan saja , dari yg politik hingga untuk menaikkan rating media tersebut, kita jd warga negara kalau tidak bisa bertindak real, ya doakan saja yg terbaik buat indonesia dan keimanan kita sendiri, jgn berburuk sangka saja kita terhadap sesama, dan saya pernah membaca ” pemimpin itu merupakan cerminan dari rakyatnya itu sendiri, jd kalo mau pemimpin yg terbaik, berbuatlah dimulai dr sendiri. Salam seribu salam buat kita yg masih bisa menyikapi suatu berita dgn positif, anda diberi akal jadi gunakan sebaik2nya ya, saya yakin rakyat indonesia tidak sebodoh yg terlihat saat ini karna di pengaruhi media pemberitaan yg tidak jelas karna suatu kepentingan belaka 🙂

  18. masya Allah, orang kena musibah malah mejelek-jelekkan orang lain pula. untung saja Anda semua tidak menjelek-jelekkan korban, mungkin Anda bisa digantung sekalian. apa sih untungnya menghakimi orang lain? apa Anda semua merasa lebih mampu, lebbih suci, lebih pandai, lebih perkasa? kalau iya, silakan calonkan diri Anda sebagai presiden daripada cuman bisa berkoar-koar di belakang. saya bukan membela Jokowi tapi sebagai manusia kita pantas untuk menilai diri sendiri sebelum berkomentar. apalagi berkomentar negatif tentang orang lain. mohon dipikirkan lagi jika Anda ingin berkomentar. terimakasih. (nb: jaman orla mungkin Anda semua sudah di dor oleh petrus. untung ini sudah bukan orde lama lagi)

  19. Hanya Allah yang tau ,, jd jgn mendahului kehendaknya… manusia tempat salah dan dosa .. media cuma bikin sensasi biar terkenal apalagi dukun hoak smua kembali ke padaNYA klo kita beriman pada hari akhir qodhlo qadar ,Allah mencabut nyawa kita dengan cara apapun…

  20. Komentar:Alamak!!!Sebagian rakyat disumatra,kalimantan,Sulawesi Kesusahan bernafas karna Asap,Dia malah Mengungsi.Alasan mau berdoa diMekkah?ALLAH MAHA MENDENGAR.dimana pun kita berdoa.ingat kisah nabi Yunus As yg ditelan Hiu karna Lari meninggalkan Umat nya.

  21. Saya ada di mkkah udah agak lama…semenjak masjid haram di benahi sudah 3x kejadian semacam ini dan selalumakan korban banyak

  22. koreksilah dirimu sebelum mengkoreksi org lain, bermanfaatlah terlebih dahulu sebelum memanfaatkan. sebelum menyalahkan pemerintah, tanya dirimu apa yg sudah kamu perbuat untuk negeri ini. Mengkritiklah dengan cerdas bkn asal bicara mem’babi’ buta. krn itu akan membuatmua jadi lebih buruk dari babi yg ga buta 😀

  23. achhh lebay….saya bkn pro BPK jokowi….tapi enggak setuju banget semuanya dikait kaitkan..di pas pas sin antara musibah n kedatangan presiden kita ke sana..smart thingking donk.

  24. Bagaimana caranya sosialisasikan cara stop penghinaan presiden? Bangsa ini beneran gradasi moral! Kesian orang orang yang cuma menelan mentah mentah sebuah berita.. bukannya gue ngebela jokowi! Nggak.. tapi bagaimanapun dia adalah pemimpin negara, pemimpinnya saja gak dihormati, gimana kalian mau menghormati negara sendiri?

  25. Komentar: ya inilah rakyat indonesia bisa.nya cuma menghina bapak presiden, seharusnya ngasih motivasi, kritik, saran kok malah menghina, menjelek-jelekkan nama beliau .. Kpn bisa maju negara ini kalo rakyat.nya masih sperti ini .. PARAHHHHH .. !!! #saveNKRI #saveBpk.Presiden semangat terus pak untuk slalu membenahi negara kita yg sudah smakin bobrok ..

  26. Bro, Sis semua.. Ngetik Komentar yg berujung debat satu sama lain kan memakan energi. Ketepatan sy jualan Aqua.. Ada yg berminat barangkali.. ? Hehe

  27. Bukan saya membela jokowi, akan tetapi segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah, sehingga tidak meridhai jokowi sebagai presiden seperti tidak meridhai kehendakNya, mengapa Allah memilih jokowi hanya Dia yang tahu, yang manusia dapat lakukan adalah mengingatkannya bila keliru, bila tidak ditanggapi, mendoakannya dan tidak meniru sikap pemimpin kita yang buruk,, insya Allah bila pemimpin kita tidak baik dapat menumbuhkan calon2 pemimpin yang ingin memimpin lebih baik lagi

  28. Wuh, pada sibuk mencerca jokowi yaa, ingat lah, orang” yg suka mencerca kaumnya itu perbuatan dosa besar, dosanya melebihi dosa besar, dan org yg suka mencerca dan membicarakan aib kaumnya itu sama aja kalian memakan daging bangkai manusia, masyaallah, tobat lah kalian yg suka mencerca dan membicarakan aib kaum kalian.

  29. knp kedatangan presiden jokowi d sangkut paut’kn dgn musibah ini,br’pikirlah secara jernih bagi umat islam mungkin akan tau akan artinya takdir, krna slgla ssuatu’ny ALLOH lah yg mg’hendaki & yg mnntukan
    jgn mm’ponis orang sprti itu,lbih baik kt mndoakn buat korban biar d trima d sisi ALLOH & buat yg sdng mlksnkn ibadah haji smga mreka dlm lindungan ALLOH

  30. Senang rasanya ngebaca comment2 di atas. Keliatan kl sudah lebih banyak yg paham ketentuan Allaah ktimbang yg ngk paham. Mdh2an yg hari ini masih berfikir dan berperilaku negatif kedepannya bisa memperbaiki diri. Rasa malu atas kebodohan dan fikiran negatif adalah hukuman terberat bagi manusia berilmu

  31. hanya orang bodoh yg mengatakan kejadian d masjidil harom itu krna kedatangan pak jokowi. masih aja percaya kek gituan .semua yg ter jadi d dunia ini hanya ke hendak alloh bkan krna se seorang yg mendatangkan sial buktinya waktu dia omroh dulu gak terjadi apa”

  32. Komentar:
    Kalian smua malah kayak tom jerry aja.
    Bratem aja,saling hujjat saling hina
    Ά̲̣̥ρ̩̩̩̩̥ɑ̤̥̈̊ klian udah merasa benar bisa sling menyalahkan dan saling membenarkann.
    Bikin nambah dosa aja klian
    Byk2 istifar aja klian smua
    Astafirullohallazim

  33. Blusukan ke pasar, harga sembako naik…
    Blusukan ke kandang sapi, harga sapi naik…
    Blusukan ke sawah, harga beras naik…
    Blusukan ke bursa saham, rupiah anjlok…
    Blusukan ke HUT TNI, tentara ada yg jatuh dari lantai 2 ddn pesawat terbakar…
    Blusukan ke tempat berkabut eeh besoknya kabut lebih tebal sekolah ditutup…
    Blusukan ke Arab, crene jatuh…

  34. Ini kenapa ribut2, ngomongin jokowi, mau lu menghina jokowi ampe langit ke tujuh, tu orang tetap Preaiden kita, udah dulu, gw mau tidur.

  35. Alah memang kebetulan aja kejadiannya. .. tapi kan masih banyak PR di didlm negri kita yg lbh wajib harus diselesaikan ketimbang Umroh. .

  36. Untuk para hatters jokowi sebesar apapyn kalian berkoar-koar toh jokowi tetap presiden….kalian akan menderita selama 4 tahun lg..akan bertambah jika jokowi naik lg periode berikutnya…salam sakit jiwa…

    • Betul sekali dajjal. Penderitaan sudah sgt dirasakan oleh seluruh rakyat sejak setahun belakangan ini.. Apalagi kalo 4 tahun lagi, makin tambah sesangaara rakyat. Ya Allah, semoga dollar dan yg laen yg perlu turun, cepet turun.. Dan temen2 yg komen mendapatkan petunjuk informasi yg benar dan obyektif thdp seseorang.

  37. Cielaaaaah…..Jokowi baru memimpin Indonesia dalam 1 tahun aja sudah banyak dicacatin sama orang Cacat. Bener Bener BUTA dan TULI kalian Penghina PRESIDEN sekarang. Kenapa Elu gak Hina, Elu Cemooh Presiden yg sudah lebih dari 1 Periode dan hasilnya apa yg sudah kamu nikmati. Saya semenjak Soeharto sampai SBY hanya pedagan Mie Goreng Keliling… Tapi semenjak JOKOWI jadi Presiden Usaha sudah berganti menjadi Jauuuh lebih. Justru JOKOWI bagiku mendatangkang Berkah.

  38. Jokowi panen pahala subhanallah……karna setiap ada orang yg ngomongin jokowi kita dapat dosa jokowinya dapat pahala….apalagi smpe di fitnah masya allah besar baget tabungan pahala pak jokowi……dr pada ngomongin yg engga2 mnding di doain biar pak jokowi jd presiden yg bisa bangun bangsa indonesia jd lebih baik….aamiin….

  39. klo baca komen saya jadi teringat jaman masih ada SDSB,PORKAS,TOGEL semua nomor TOGEL selalu dihubung hubungkan bahkan nomor bisa dibuat salah( di mistake) klo 6 mistakenya 9..ha..ha..ha

  40. Org pintar sll hati” dlm tingkah n laku.
    org bijak sll jaga omongan,
    org iman /muslim sll khusnudhon billah, baik sangka n prcya dg muslim yg lain.
    org alim sll amar ma’ruf bilkhal/ dg sgl keada’an.
    muslim itu pedoman AL QURAN juga AL KHADITS.
    dlm isinya muslim spy baik trhdp org tua, tetangga, ulama, dan sll menjaga diri agar tdk membuat kerusakan di bumi termasuk:
    Ghibah:Ngrasani
    Memfitnah,
    adu domba
    menjelekan, menjatuhkan org lain,
    kalopun salah di ksh tau jgn tmbh di bully
    itu ajaran islam yg indah dan penuh cinta kasih.
    lebihlah dewasa sudah benarkah tingkah laku kita ???
    Sudah baikan ucapan kita ???
    Introfeksi diri sambil berdoa to kebaikan sdr, teman, klg n negara kita insya ALLOH lebih baik,
    SEMOGA KITA SEMUA DI BERI KEBAROKAHAN, AAMIIN

  41. setiap pemimpin harus mempertanggung jawab kan kepemimpinan y di hadapan Tuhan Yang Maha Esa di akhirat kelak jd baik buruk y hanya Tuhan lah yg tau…..jadi buat apa kita saling menyalahkan…yg menilai baik buruk y pemimpin kita cm Tuhan yg tau…..dan manusia hanya bisa mengingatkan jika pemimpin kita sudah menyimpang dari jalur kebenaran yg menjadi kebijakan y…..

  42. Komentar:sy cuma mau bilang rukun iman yg no enam berbunyi……..klo dah tau jgn ini itulah…..semuax g’ perlu . Malah klo maksa bisa syiri’ dan syiriAk tdk ada tobatx…..

  43. Semua terjadi krn kubu sebelah ngebet pngn jd presiden,jd ngomporin pengikutnya smua..untung qt ga milih kubu sebelah yg notabennya sngat ambisius bgt,negara ampe pecah belah gini.rakyat kecil jd sasaran ngehina hina jokowi tanpa mrk mikir tanpa mrk tau emg siapa lagi yg layak?kubu sebelah???? Oh nooooooooooo

  44. guys…wake up… ini semua InsyaAllah menyambut kemunculan al Mahdi kita..
    mari kita menyambut sang cahaya yg akan menyingkirkan kegelapan…

  45. Assww…Astagfirulloh….coba kita berfikiran jernih sesuai dgn agama masing2… siapa yg mengatur ini.? Semua presiden di Indonesia sdh dipilih oleh rakyat Indonesia yg katanya “rakyat adalah kepanjangan tangan Tuhan” rakyat adalah “dewa penentu”…tapi semua yg terjadi di alam ini penentunya adalah Tuhan..Allah SWT…!! Jadi terimalah ini sebagai Rahmat dr Allah SWT…jalankan..jgn mengeluh…jgn sebarkan fitnah..jgn suudzon… ALLAH SWT yg menentukan garis hidup seluruh manusia dibumi ini… semoga bermanfaat bagi kita semua.. Wassww…

  46. Mari kita priksakan hati kita masing2 broo ke dokter….jangan2 udah busuk…tiap ada artikel berbau jokowi kok pada ribut geger bnyak ide buat mncela….prehatin……

  47. sewaktu Jokowi Umrah gak ada hubungan dg kenegaraan dan blm jadi presiden, umrah secara pribadi tdk mewakili nama bangsa, sangat beda dg sekarang Jokowi membawa misi atas nama rakyat Indonesia. Dan saat itu terjadi hal yang amat langka sekali di Makkah, yaitu Badai Pasir, mendung petir dan hujan es, dan…..crane ambruk. Semua merupakan tanda-tanda alam yg dapat di cermati untuk diambil hikmah. Semua kejadian itu bukan disebabkan karena Jokowi datang Makkah, namun semua itu bukanlah juga kebetulan, karena sebagai mana firman Tuhan agr manusia memperhatikan tanda-tanda alam yg terjadi disekitar kita.

    “Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya.Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain).Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan kiamat kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya?”

    “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan air hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya. ”

    “Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan?”

  48. Hati-hati saudaraku yang Insya Allah tetap beriman, tetaplah santun dalam berkomentar. Sudah sangat jelas apa yang di posting oleh admin, jangan sampai kita dengan mengomentari orang yang susah di nasehati membuat hati kita jadi lebih keras. Biarkan mereka dengan kekerasan hati dan akalnya. Jika orang sudah dicabut nikmatnya oleh Allah tandanya sulit untuk menerima masukan karena hati dan akalnya telah mengeras.
    Btw sebagai ilustrasi :
    1. Saat Rosul lahirpun bencana terbesar adalah adanya serangan Raja Abraha terhadap Ka’bah, tetapi Alhamdulilah Ka’bah tetap selamat.
    2. Saat Nabi Yusuf pertama kali menjadi pejabatpun, cobaan terbesarnya adalah kemarau panjang selama 7 musim, Insya Allah dengan kesabaran dan tawakal semuanya bisa di atasi.
    Itulah contoh ujian terberat pemimpin, jika berhasil mengatasinya maka nilainya Insya Allah surga.
    Apakah ke-2 pemimpin di atas tidak di rhidoi Allah ?, Bisa di jawab sendiri.

  49. Komentar:Tai lah…macam pantek aj
    jadi org jngn mnyalahkan sseorang tanpa bukti,,bukanya mksud mmbela pak jokowi. siapa sih yg gk emosi ketika mndengar berita kayak gini,bahwa presiden kita/ negara kita di bawa2 dgn hal yg bodoh itu…

    maaf sbelumnya……..

    itu smua hnya allah yg tau,,dn dia lah yg mmberikan musibah..dia lah maha tahu dn maha segalanya..

    sekian,terima kasih
    assalamu’alaikum wr.wb

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.