Home Suplemen Khutbah Jumat Kumpulan Khutbah Jumat 2022, Versi Website dan PDF

Kumpulan Khutbah Jumat 2022, Versi Website dan PDF

1
kumpulan khutbah jumat 2022

Alhamdulillah, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala, BersamaDakwah kembali menghadirkan kumpulan Khutbah Jumat. Kali ini kumpulan Khutbah Jumat 2022. Versi website dan versi PDF.

Jumhur ulama berpendapat bahwa khutbah adalah syarat dalam shalat Jumat dan tidak sah shalat Jumat tanpa adanya khutbah. Syaikh Wahbah Az Zuhaini menegaskan hal ini dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu. Demikian pula Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah.

Khutbah yang hukumnya wajib menurut jumhur ulama, juga merupakan sarana tarbiyah pekanan bagi kaum muslimin. Melalui khutbah, khatib menyampaikan pesan ketaqwaan dan pembinaan keislaman.

Sebagai sarana tarbiyah peningkatan taqwa, khutbah Jumat akan lebih efektif jika temanya mengena. Relevan dengan kondisi jamaah atau situasi terkini, sehingga umat terarahkan bagaimana menyikapi permasalahan yang terjadi. Tentu saja, muaranya adalah mengajak kepada taqwa. Dan pencerahan berupa solusi islami dalam menghadpi problematika terkini adalah bagian dari implementasi taqwa.

Karenanya isi khutbah tidak boleh berbelit-belit dan penyampaiannya tidak berlama-lama. Ia perlu disampaikan secara singkat, padat, dan jelas. Jangan sampai khutbah Jumat terlalu panjang sehingga jamaah mengantuk atau ketiduran.

Sebagian ulama mensyaratkan Khutbah Jumat harus mengandung sedikitnya satu ayat dan satu hadits. Namun, tidak perlu banyak-banyak sehingga memakan waktu lama, terlebih di masjid perusahaan atau perkantoran yang jam istirahatnya sangat terbatas.

BersamaDakwah menyadari, ada kalanya karena faktor kesibukan, seorang khatib tidak sempat menyiapkan khutbah Jumat dengan tema terkini. Atau terkadang sudah menyiapkan, namun memerlukan ide pembanding sesuai dengan tema aktual atau problematika sosial yang tengah terjadi.

Oleh karena itu, BersamaDakwah menyediakan kumpulan khutbah Jumat 2022 ini. Meskipun sebagiannya ditulis pada tahun sebelumnya, semoga bisa dimanfaatkan dengan penyesuaian. Dan insya Allah kumpulan khutbah ini akan di-update ketika ada posting khutbah Jumat terbaru.

Untuk membaca versi website bisa langsung klik judul khutbah. Untuk versi PDF, silakan download di Telegram BersamaDakwah atau di link download pada bagian paling bawah masing-masing halaman khutbah.

1. Khutbah Jumat Tahun Baru 2022

Khutbah ini mengambil tema Resolusi untuk Hidup Setelah Mati. Mengambil momentum pergantian tahun yang umumnya menjadi momen evaluasi dan resolusi.

Ketika perusahaan dan instansi pemerintah membuat laporan tahunan dan mencanangkan target-target baru, kita juga memerlukan evaluasi dan resolusi. Bahkan muhasabah yang kita butuhkan tidak menunggu momen seperti tahun baru.

Muhasabah yang perlu kita hadirkan adalah memperbaiki kekurangan serta meluruskan target-target kehidupan. Terinspirasi bagaimana Al-Qur’an mengisyaratkan berjalan untuk urusan dunia dan berlari untuk mengejar akhirat.

2. Khutbah Jumat Boneka Arwah

Kita telah berada di era industri 4.0 seiring meningkatnya peran teknologi digital dan robotika di dunia industri. Namun, pada awal 2022 kita justru dikejutkan dengan fenomena adopsi spirit doll atau boneka arwah di Indonesia. Karenanya, khutbah Jumat ini mengambil tema Spirit Doll, Jahiliyah 4.0

Dengan tema khutbah ini, harapannya umat tercerahkan sehingga tidak ikut-ikutan mengadopsi boneka arwah. Apalagi jika disertai keyakinan bahwa di dalamnya ada arwah yang bisa mendatangkan manfaat atau madharat.

3. Bekal Ruhiyah Menghadapi Pandemi dan Resesi

Khutbah ini mengambil tema Bekal Ruhiyah Menghadapi Pandemi dan Resesi. Bersumber dari Surat Asy Syura ayat 19 dan 20. Di saat pandemi belum selesai dan resesi terjadi seperti saat ini, tema ini pas untuk menguatkan umat Islam agar lebih sabar dan tegar.

4. Khutbah Jumat Bulan Rajab

Sesuai judulnya, khutbah ini membahas keutamaan bulan Rajab dan amalan di dalamnya. Ia mengupas dua keistimewaan bulan Rajab. Pertama, sebagai asyhurul hurum (bulan-bulan haram) yang amal shalih di dalamnya dilipatgandakan.

Kedua, bulan yang dekat dengan Ramadhan dan menjadi momen dimulainya persiapan menyambut Ramadhan. Banyak ulama memulai doa penyambutan Ramadhan mulai bulan Rajab. Mengisyaratkan kepada kita untuk mulai bersiap menghadapi bulan mulia.

5. Khutbah Jumat Rajab

Apa bedanya dengan khutbah sebelumnya? Jika khutbah sebelumnya menjelaskan keutamaan bulan Rajab dan amalan di dalamnya, khutbah ini menjelaskan apa esensi doa bulan Rajab. Yakni meminta keberkahan. Sebab keberkahan adalah keniscayaan yang sangat kita butuhkan.

Bagaimana mengundang keberkahan? Selain menjelaskan hakikat keberkahan, khutbah ini membahas empat langkah mengundang keberkahan.

6. Khutbah Jumat Isra Miraj

Khutbah bertema tema Isra’ Mi’raj dan Shalat Khusyu’ ini cocok disampaikan di bulan Rajab. Khususnya pada Jumat pekan ketiga atau keempat, menjelang peringatan Isra’ Mi’raj. Sebab khutbah ini mengingatkan kepada jamaah bahwa oleh-oleh utama Isra’ Mi’raj adalah shalat. Dan shalat yang Allah kehendaki adalah shalat yang khusyu’.

7. Khutbah Jumat Bulan Sya’ban

Khutbah Jumat bulan Sya’ban ini mengambil tema Keutamaan dan Amalan Bulan Sya’ban. Menjelaskan keutamaan bulan Sya’ban. Mulai dari diangkatnya amal manusia hingga hadirnya nisfu sya’ban. Juga menjelaskan amal-amal sunnah pada bulan Sya’ban.

Rasulullah mencontohkan, beliau memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. Kedua, Bunda Asiyah mencontohkan melunasi hutang puasa Ramadhan pada bulan Sya’ban. Dan ketiga, memperbanyak ibadah dan amal shalih secara umum.

8. Khutbah Jumat Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keutamaan. Bulan istimewa yang di dalamnya umat Islam wajib berpuasa. Surat Al Baqarah ayat 183 yang menunjukkan wajibnya puasa juga menunjukkan tujuan utama berpuasa. Yakni membentuk taqwa. Apa itu taqwa? Hati-hati. Nah, puasa melatih hati-hati dan khutbah Jumat ini menjelaskannya.

9. Khutbah Jumat Bulan Syawal

Karena khutbah ini untuk bulan Syawal, ia menjelaskan lima karakter orang bertaqwa. Sebab kaum muslimin baru saja selesai menuntaskan ibadah puasa yang bertujuan membentuk pribadi taqwa.

Ada lima karakter orang bertaqwa berdasarkan Surat Ali Imran ayat 133-135. Yaitu gemar berinfak, menahan marah, memaafkan manusia, suka berbuat baik dan segera bertaubat. Khubah Jumat ini menjelaskan lima karakter tersebut dengan penjelasan singkat dari berbagai tafsir. Juga keutamaan taqwa.

10. Khutbah Jumat Dzulhijjah

Khutbah Jumat Dzulhijjah ini cocok untuk akhir bulan Dzulqa’dah atau awal Dzulhijjah. Mengambil tema Amal Dzulhijjah di Masa Wabah.

Yakni memperbanyak ibadah dan amal shalih di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Lalu puasa arafah, sholat idul adha, serta berqurban.

11. Khutbah Jumat Tahun Baru Islam

Khutbah ini khusus untuk pekan pertama bulan Muharram, dalam suasana tahun baru Islam. Mengambil tema Spirit Hijrah di Segala Zaman karena semangat hijrah harus terus ada untuk menjadi pribadi dan masyarakat muslim yang lebih baik. Baik di masa normal maupun di tengah pandemi.

12. Khutbah Jumat Muharam

Sesuai judulnya, khutbah ini tepat untuk menyambut bulan Muharram. Bulan pertama dalam kalender hijriyah.

Karenanya ia membahas pentingnya muhasabah. Menjelaskan tafsir atas firman Allah: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.  (QS. Al Hasyr: 18)

13. Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan

Khutbah kali ini cocok untuk bulan Agustus, bulan kemerdekaan. Mengambil momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, khutbah Jumat ini berisi bagaimana mensyukuri nikmat kemerdekaan.

14. Empat Amal Berhadiah Surga

Ini juga bisa menjadi khutbah Jumat 2022. Menjelaskan salah satu hadits yang Rasulullah sampaikan di awal-awal setelah tiba di Madinah. Yakni menyebarkan salam, membantu orang yang membutuhkan, menyambung silaturahim dan sholat malam.

Bersumber dari sabda beliau: “Sebarkan salam/kedamaian, berilah makanan, sambunglah silaturahim, shalatlah di malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad; shahih)

15. Safar bukan Bulan Sial

Khutbah ini tepat untuk bulan Safar. Dalam rangka meluruskan keyakinan sebagian masyarakat yang menganggap Safar sebagai bulan sial. Akibat keyakinan yang salah itu, banyak orang tidak berani melangsungkan pernikahan, pindah rumah, dan lain-lain di bulan Safar.

16. Khutbah Jumat Rabiul Awal

Khutbah ini menjelaskan tiga peristiwa penting di bulan Rabiul Awal. Yakni bulan Maulid, tibanya Rasulullah di Madinah, dan wafatnya Rasulullah.

Khutbah Jumat 2022 ini juga menjelaskan betapa besarnya cinta Rasulullah kepada umatnya dan mengajak untuk bermuhasabah, bagaimana cinta kita kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

17. Khutbah Jumat Rabiul Akhir

Khutbah Jumat ini mentadabburi tiga ayat di dalam Surat Al Hasyr. Yakni ayat 18 hingga ayat 20. Karenanya ia diberi tema “muhasabah berujung jannah.” Sebab berawal dari muhasabah, meningkatkan muraqabah lalu dengan rahmat Allah seorang mukmin akan masuk jannah.

18. Resolusi Berbasis Muhasabah

Ini bisa menjadi khutbah akhir tahun 2022. Mengajak kaum muslimin untuk memanfaatkan setiap momentum sebagai sarana muhasabah. Termasuk ketika pergantian tahun atau periode tertentu. Dari muhasabah itu kemudian dirumuskanlah resolusi. Resolusi yang membuat kita menjadi lebih baik, lebih dekat kepada Allah dan lebih bersiap menghadapi masa depan di akhirat kelak.

Demikian kumpulan khutbah Jumat 2022. Mohon doanya semoga Allah mudahkan untuk update dengan tema-tema terbaru sesuai isu aktual tahun 2022. [BersamaDakwah]

BARU 1 KOMENTAR

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.