Beranda Keluarga Muslimah Mengenal Nifas

Mengenal Nifas

0
Unsplash.co

Nifas merupakan darah yang keluar pasca lahirnya anak dan pisahnya anak dari rahim ibu. Para ulama fiqih pun sepakat dengan hal demikian.

Sementara mereka yang tidak sama pendapat bertanya apakah darah yang keluar sebelum lahirnya seorang anak disebut dalam proses kelahiran juga disebut nifas?.

  1. Al Hanafiyah mengatakan darah yang keluar sebelum keluarnya seorang anak tidak bisa disebut nifas, akan tetapi itu adalah darah istihadah, meski masa keluarnya darah ini cukup lama.
  2. As Syafi’iyah dan Al Malikiyah mengatakan bahwa darah yang keluar sebelum keluarnya anak dalam proses kelahiran itu darah haidh, bukan nifas. Dan tidaklah dianggap sebagai mulainya ‘waktu’ nifas kecuali pasca keluarnya anak serta pisahnya anak dari rahim ibunya.
  3. Al Hanabilah mengatakan bahwa dimulainya waktu nifas itu saat keluarnya sebagian dari badan anak, serta darah yang keluar dua hingga tiga hari sebelum keluarnya anak dengan dibarenginya rasa sakit juga disebut nifas tapi tidak dihitung sebagai waktu dimulainya nifas.
  4. Al Malikiyah mengatakan pendapat yang paling banyak bahwa darah yang keluar pra lahirnya anak dalam proses kelahiran itu nifas. [Paramuda/ BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.