Beranda Ilmu Islam Fiqih Sholat Hajat, Niat, Tata Cara, Doa, Keutamaan dan Keajaiban

Sholat Hajat, Niat, Tata Cara, Doa, Keutamaan dan Keajaiban

82
sholat hajat
ilustrasi (Twitter)

Sholat hajat memiliki keutamaan dan keajaiban yang luar biasa. Siapa yang memiliki hajat atau kebutuhan dan ingin Allah mengabulkannya, kerjakan sholat ini. Bagaimana tata cara sholat hajat, niat, doa dan keutamaannya? Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan maksud khusus memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan hajat, kebutuhan atau keperluannya.

Setiap orang pasti memiliki hajat, memiliki kebutuhan dan keperluan. Ada kalanya keperluan itu sifatnya ringan dan tidak banyak disadari. Misalnya kesehatan bagi orang yang sehat dan kebutuhan sehari-hari.

Para sahabat mencontohkan, mereka selalu berdoa kepada Allah dalam urusan kecil sekalipun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan untuk melakukan demikian:

لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ حَتَّى يَسْأَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْأَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Ketika kebutuhan atau keperluan itu dirasa besar, Rasulullah mengajarkan untuk tidak hanya berdoa namun mendahuluinya dengan sholat sunnah dua rakaat. Nah, sholat dua rakaat dengan maksud meminta pertolongan Allah inilah yang disebut sholat hajat.

Hukum Sholat Hajat

Sholat hajat hukumnya sunnah. Dalam kitab-kitab fiqih, sebagian ulama mencantumkan sholat hajat namun sebagian tidak mencantumkan pembahasannya.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, Prof Dr Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu dan Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Mazhab mencantumkan pembahasannya. Sedangkan Syaikh Musthofa Al Bugho dalam Fiqih Manhaji tidak mencantumkan pembahasan sholat hajat.

Sholat hajat juga banyak dibahas dalam kitab-kitab hadits seperti Shahih at Targhib wat Tarhib karya Syaikh Nasiruddin Al Albani dan Al Adzkar karya Imam Nawawi.

Prof Dr Wahbah Az Zuhaili mencantumkan sholat hajat sebagai sholat sunnah ketiga dalam sub bab Sholat-Sholat Mu’ayyanah Mustaqillah, setelah sholat tarawih, sholat dhuha, sholat tasbih dan sholat istikharah.

“Sholat ini termasuk sholat sunnah karena ada hadits riwayat Abdullah bin Abu Aufa dalam Sunan Tirmidzi menerangkan tentang sholat ini. Imam At Tirmidzi berkata bahwa hadits tentang sholat hajat termasuk hadits gharib,” tulis beliau dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab menuliskan, “Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

Baca juga: Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Hajat

Sholat hajat memiliki beberapa keutamaan. Yang paling populer adalah dikabulkannya hajat atau kebutuhan.

Berikut ini keutamaan sholat hajat:

1. Dicintai Allah

Sebab sholat ini merupakan ibadah sunnah. Melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti ini akan mendatangkan kecintaan Allah.

إِنَّ اللهَ تَعَالَـى قَالَ : مَنْ عَادَى لِـيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْـحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَـيَّ مِمَّـا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَـيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

2. Ditinggikan Derajatnya

Dengan memperbanyak sholat, seorang hamba akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu” (HR. Muslim)

3. Diampuni Dosanya

Dengan memperbanyak sholat, seorang hamba juga akan diampuni dosanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mengerjakan sholat ini termasuk memperbanyak sholat dan memperbanyak sujud sebagaimana hadits di atas.

4. Hajatnya Dikabulkan

Ini keutamaan khusus sholat hajat. Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat (HR. Ahmad)

Baca juga: Sholat Dhuha

Keajaiban Sholat Hajat

Salah satu keajaiban sholat hajat diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi lalu dicantumkan Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam Shahih at Targhib wa at Tarhib di bawah judul anjuran sholat hajat dan doa sholat hajat.

Dari Utsman bin Hunaif radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang laki-laki buta datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatan mataku.” Beliau bersabda, “Atau aku biarkan saja engkau (seperti itu)?” Dia berkata, “Wahai Rasulullah, hilangnya penglihatanku memberatkanku.” Rasulullah bersabda, “Pergilah lalu berwudhulah, kemudian sholatlah dua rakaat, lalu ucapkanlah (doa):

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ إِلَى رَبِّى بِكَ أَنْ يَكْشِفَ لِيْ عَنْ بَصَرِيْ اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ وَ شَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِيْ

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu agar Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku dan terimalah syafaatku pada diriku.”

Lalu ia pun pulang dan Allah menyembuhkan penglihatannya.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Syaikh Nashiruddin Al Albani menjelaskan bahwa arti “wa syaffi’nii fii nafsii” adalah terimalah syafaatku pada diriku yang maksudnya terimalah doaku.

Baca juga: Kisah Keajaiban Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Sebelum sholat disyaratkan suci dari hadats kecil dan hadats besar; suci badan, pakaian dan tempat dari najis; menutup aurat; dan menghadap kiblat.

Seperti hadits di atas, hendaklah menyempurnakan wudhu dan sholat hajat dua rakaat juga dengan sempurna. Secara ringkas, tata caranya sebagai berikut:

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat atau ayat Al Qur’an
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam

Bacaan di setiap gerakan sholat sebagaimana bacaan sholat pada umumnya. Bagi yang belum tahu, bisa membaca artikel Bacaan Sholat

Setelah selesai sholat dianjurkan berdzikir sebagaimana penjelasan Imam Nawawi dalam Al Adzkar dan kemudian berdoa kepada Allah memohon hajat atau kebutuhannya agar dikabulkan Allah. Lebih utama doa yang dibaca adalah doa sholat hajat yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Niat Sholat Hajat

Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah suatu syarat. Artinya, tidak harus melafalkan niat. Syaikh Wahbah menjelaskan, menurut jumhur ulama selain madzhab Maliki, hukumnya sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Sedangkan menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Bagi yang melafadzkan, lafadz niat sholat hajat adalah sebagai berikut:

niat sholat hajat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya: “Aku niat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Baca juga: Sholat Jenazah

Doa Sholat Hajat

Dalam kitab Al Adzkar, Imam Nawawi rahimahullah mencantumkan dua buah hadits terkait dzikir dan doa sholat hajat.

Pertama, adalah dzikir sholat hajat. Dibaca setelah selesai sholat.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَ تَدَعْ لِى ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

“Tiada Ilah Tidak kecuali Allah, Yang Maha Santun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan memperoleh rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu keperluan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang” (HR. Tirmidzi)

Menurut Imam Nawawi, sanad hadits ini masih diperbincangkan sebagai kata Imam Tirmidzi sendiri.

Sedangkan doa sholat hajat yang shahih yang kemudian juga dicantumkan Imam Nawawi dalam Al Adzkar adalah sebagai berikut:

doa sholat hajat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّى فِى حَاجَتِى هَذِهِ فَتُقْضَى لِى اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ

(Alloohumma innii as-aluka wa atawajjahu ilaiku binabiyyika Muhammadin nabiyyir rohmati yaa Muhammad innii tawajjahta bika ilaa Robbii fii haajatii haadzihi fatuqdlo lii Alloohumma syafi’hu fiy)

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu dengan kebutuhanku ini agar dipenuhiNya. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Demikian pembahasan lengkap mengenai sholat hajat lengkap. Mulai dari pengertian, tata cara, niat, doa, hingga keutamaan dan keajaibannya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

82 KOMENTAR

  1. Berapa kali sebaiknya sholat hajat dilakukan? Misalnya 3 malam berturut-turut, ataukah cukup satu kali saja? Atau dilakukan terus menerus sampai yg diinginkan terkabul?
    Mohon jawabannya, terima kasih.

    • Seluruh waktu -selain waktu dilarang sholat- bagus untuk sholat hajat. Jika mau yang terbaik, bisa di sepertiga malam terakhir karena waktu itu lebih mustajabah untuk berdoa.

  2. Maaf ini sekedar sharing aja, saya pernah baca sholat hajat itu doa’nya apa memang hrs lbh banyak dr sholat yg lain’nya..
    Msl’kn wkt sujud ada doa khusus yg hrs d’ucapkn beberapa kali..
    Trimaksih untuk penjelasan’nya..

  3. Subhanallah alhamdulillah, terimakasih pak… Saya amalkan sholat Hajat ini, saya lakukan setelah sholat sunnah dhuha, dzuhur, maghrib, dan isya (true story). Dan alhamdulillah hajat saya untuk lolos sebagai CPNS Pemprov DKI Jakarta dapat terwujud dan di ijabah oleh Allah SWT.😊.
    Terimakasih pak, sekarang saya lanjutkan lagi sholat hajatnya agar dimudahkan Allah SWT untuk menikah, semoga diijabah aminn.
    Sekali lagi terimakasih atas tuntunan sholat hajatnya pak😊🙏

  4. Gan ane mau tanya nih sholat hajat
    Pada rekaat kedua setelah membaya tasyahut ahir/tahiyat ahir, tepetnya sebelum salam, sujud kembali dengan takbir

    Terus Berikut membaca ketika sujud setelah atahiyat akhir ;
    Tasbih (10x)
    سُبْحَانَ اللّهِ – والْحَمْدُللّهِ – وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ – وَ اللّهُ اَكْبَرُ

    Latin ;

    subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar

    Artinya ;
    Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya, dan tiada tuhan selain Allah, dan Allah yang Maha besar.

    Sholawat (10x)
    اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

    Latin ;

    Allahumma shalli ‘ala sayyidinaa Muhammad, wa ‘ala ‘ali sayyidina muhammad.

    Artinya ;
    “Ya Allah! Limpahkanlah rahmat, kasih sayang kepada Nabi Muhammad dan keluarganya

    Doa mohon ampun (10x)
    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    Latin ;

    Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar”

    Artinya ;

    (“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.) QS. Al Baqoroh 201

    Bener g to gan…?

  5. Pak jika kita mau melaksanakan sholat hajat itu doanya akan dikabulkan misal saya ingin mengahadapi un agar di permudah bisa ngk pak

  6. Assalamualaikum pak Ustadz., Saya sedikit mau tanya, Apah boleh kita memohon beberapa Hajat sekaligus dalam Sholat hajat kita, terima Kasih sebelumnya pak Ustadz.

  7. Pak ustad aku mau tanya,apakah ayat yg di baca pada rakaat pertama harus ayat kursi harus dibaca tujuh kali?apakah boleh pakai ayat lain?dan rakaat ke dua apakah harus al iklas sebanyak sebelas kali,mohon penjelasan nya pak,trmsh.

    • Tidak ada tuntunan harus membaca ayat kursi tujuh kali dan al ikhlas sebelas kali. Sholat hajat itu boleh membaca surat atau ayat apapun dari Al Quran setelah membaca surat Al Fatihah.

  8. Pak ustad saya mau tanya misalkan sholat hajat dilanjut sholat istikharah itu boleh gak yah? Misalkan juga berdoa dgn memohon hajat yg diinginkan itu pekerjaan sedangkan utk sholat istikharah itu minta jodoh… Begitu apa diperbolehkan???

      • Assalamualaikum pak Ustadz., saya mau nanyak sholat hajat dalam bacaan al-fatiha dan ayat al-quraan apakah dibaca seperti kita membaca sholat wajib atau bacaannya dilakukan dalam hati ???

  9. Pak Ustad saya mau bertanya…

    Apakah sholat Hajat boleh di lakukan berjamaah?. Kemudian, apakah jika dilakukan berjamaan itu membaca Surat Alfatihah & Ayat al-Quran nya di keraskan atau cukup di dalam hati?.
    Terimakasih.

  10. Saya solat hajat kepengen dapat iphone, semoga terkabulkan yaa aamiin. Dan jikalau saya mendapatkan apa yang saya mau ini yaitu hp iphone, saya bernazar yaitu akan lebih taat lagi akan urusan akhirat. Aamiin
    Tolong doa dan tolong aamiin kn ya

  11. Izin bertanya pak ustad.. Sholat hajat itu harus tidur dulu ap enggk pak ustad diwaktu malan hari?

  12. Dalam konteks penggunaan kalimat pada arti لا اله الا الله dalam doa setelah sholat hajat, tertuliskan tiada ilah tidak kecuali Allah , yang seharusnya tiada tuhan kecuali Allah.
    Wallahu a’lam bi murodihi

  13. setelah salam pada sholat hajat, apakah dianjurkan untuk sujud, dengan mmuji Allah, (tasbih, tahmid, tahlil dan takbir) kmudian dlnjutkan dngn solawat dan doa mhon ampunan. apa itu boleh??

    • Tidak ada tuntunan dari Nabi untuk sujud lagi setelah salam pada sholat hajat. Yang diajarkan beliau adalah sholat dua rakaat kemudian berdoa. Apakah boleh jika sesekali setelah salam sujud dulu sebelum berdoa? Karena di luar sholat, boleh saja.

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Poin utama yang membedakan sholat hajat dengan sholat lainnya adalah doanya itu. Jadi doanya jangan ditinggalkan karena itu inti sholat hajat.

  14. Assalammualaikum
    Mohon maaf pak ustadz, saya mau bertanya
    Utk shlt hajat ini setelah shlt zuhur, asar,mgrb, isya apakah boleh?
    Trus saya mau bertanya lagi klo mau melakukan shlt hajat ketika disepertiga malam yg harus dikerja duluan shlt sunnah tahajud, istikarah, hajat itu yg mana duluan hrus dikerjakan.

    Terimakasih

  15. Alhamdulillah Allah sangat sayang kepada umat nya kalau boleh tau butuh berapa lama untuk bisa di jabah ?

    • Tidak ada patokan pasti. Pengabulan doa adalah hak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Memang ada yang cepat dikabulkan setelah sholat hajat misalnya laki-laki buta dalam hadits di atas. Ada juga yang setahun karena ia minta anak shalih padahal istrinya belum hamil.

  16. Assalamualaikum ustadz saya mau nanya apa mungkin allah mengabulkan doa umat nya yang tidak mungkin menjadi mungkin ? Contoh nya saya ingin memperbaiki hubungan dengan pacar saya padahal pacar saya mungkin sudah sangat membenci saya apa mungkin dia saya bisa di dengar oleh Allah ? Tolong pak ustadz kasih masukan kepada saya

  17. Asalamualaikum pak saya mau bertanya…jika di dalam solat hajat tersebut kita meminta agar pacar kita tambah sayang atau tambah cinta tanpa harus ada orang ke3 kira” dikabulkan tidak

  18. shalat hajat buat meminta jodoh didekatkan boleh?
    dan semisal aku pengen nikah sama si A biar dikukuhkan ,boleh?

  19. Assalammualikum
    saya ingin bertanya untuk doa sholat hajat apakah bisa mikta minta langsung dengan menggunakan bahasa sendiri atau bahas indo.?

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Sebaiknya doa sholat hajat dengan bahasa Arab seperti yang diajarkan Rasulullah di atas. Tapi jika tidak bisa membacanya, boleh bahasa Indonesia.

  20. Ustad, bolehkan setelah sholat hajat kita membaca doa doa seperti surah alfatihah ditujukan kpd Rasulullah, orang tua kita dll, kemudian dilanjutkan lagi mmbaca surah al falaq, surah an naas dn ayat kursi sebanyak 3x, kemidian membaca salawat 10x kemudian diakhiri baca doa hajat.

    Kalau yg benar nya seperti yg dicontohkan Rasulullah gimana ya ustad, Mohon jawaban nya ustad .
    Trima kasih

  21. Ustad kl sy tdk hafal dengan doa yg lafazd arab boleh tidak doa pada sholat hajat kita pakai bahasa indonesia

    • Jika belum hafal, boleh membaca doa sholat hajat. Jika kesulitan membaca Arabnya, boleh bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu, akan lebih baik jika berusaha menghafalnya.

    • Salah satu yang membedakan sholat hajat dengan sholat sunnah dua rakaat lainnya adalah doa tersebut. Kalau belum hafal, doa sholat hajat boleh dibaca. Kalau tidak bisa bahasa Arab, boleh menggunakan bahasa Indonesia.

  22. Semua sdh saya baca komentar dan jawabannya..tinggal saya coba sambil belajar melaksanakannya agar bisa dikabulkan oleh Allah SWT..tks pa Ustad dan timnya yg memberikan pelajaran ilmu yang sangat bermanfaat ini semoga selalu di berkahi.Aamin YRA

  23. Pagi pak ustadz, kebetulan ini hampir waktu sepertiga malam, pak ustadz saya ingin bertaubat dg Allah, saya ingin menjadi org jujur dalam hal apapun ustadz, tapi saya ingin benar2 istiqomah, apakah ada ayat khusus yang dipanjatkan ketika stelah sholat pak ustadz??
    Mohon pencerahannya pak ustadz, terima kasih,,

  24. Mau tanya ustad itu tadi kan doanya untuk kebutuhan umum…bagaimana doanya jika ada hajat khusus seumpama minta didatang jodoh…jazzakumullah khairan…

    • Iya, doa sholat hajat di atas untuk umum, kebutuhan apa pun. Jika yang diminta adalah jodoh, saat membaca doa itu, dimaksudkan dalam hati bahwa yang diminta adalah jodoh. Boleh pula setelah membaca doa sholat hajat dilanjutkan dengan doa minta jodoh.

  25. Asalmkm.. pa ustad.. utk sholat hajat.. dan doa minta apapun insya Allah di kabulkan .. termasuk minta doa supaya istri bertobat kembali ke jln yg benar dan insaf .. kembali ke keluarga juga bisa g pa ustad.. trims wslm

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.