Beranda Suplemen Resensi 40 Hadits Shahih untuk Anak

40 Hadits Shahih untuk Anak

0
Sampul Buku 40 Hadits Shahih untuk Anak

Hadits adalah sumber rujukan utama kaum Muslimin setelah al-Quran al-Karim. Hadits merupakan perkataan, perbuatan dan persetujuan dari Rasulullah Saw. Hadits diriwayatkan dengan jalur yang amat detail, sehingga keabsahannya senantiasa terjaga. Karenanya, kita mengenal hadits yang mutawattir, shahih, ahad, hasan, bahkan yang lemah dan palsu.

Hadits bukan hanya ilmu untuk mereka yang telah lama berislam atau kaum dewasa. Karena, banyak sekali sahabat yang telah membersamai Rasulullah Saw sejak kecil, sehingga mereka pun mempelajari hadits saat belia. ‘Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah yang merupakan anak angkat Rasulullah Saw, Anas bin Malik yang dihadiahkan oleh orang tuanya untuk mendampingi Rasulullah Saw dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, guru, ustadz, kakak atau siapa pun, sudah seharusnya bagi kita untuk mengenalkan bahkan mengajarkan hadits kepada anak-anak, adik-adik dan murid-murid kita. Apalagi, belajar sewaktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, sehingga mudah membekas dan tak mudah hilang dari ingatan.

Buku “40 Hadits Shahih untuk Anak” ini adalah salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua dalam mengajarkan dan mengenalkan hadits shahih kepada anak-anak.

Di dalam buku ini, dihimpunkan 40 petuah bijak Rasulullah Saw dalam banyak bidang. Misalnya anjuran untuk bersahabat dengan baik melalui sabda Rasul, “Tidak beriman seseorang hingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.” Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik ini dimasukkan dalam hadits kedua di halaman 12.

Selain ajaran agar seorang anak bisa bersahabat dengan baik, dicantumkan pula hadits tentang keutamaan berbakti kepada orang tua. Dalam hadits keempat disebutkan, Rasulullah Saw bersabda, “Ridha Allah terletak pada keridhaan orang tua, dan murka Allah terletak pada murka orang tua.” (Hr. Baihaqi) (h. 18)

Selain disajikan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak, masing-masing hadits dalam buku ini dibahas dalam tiga bagian.

Pertama, lafal hadits dengan mencantumkan perawi, teks arab dan terjemahannya. Kedua, penjelasan hadits dengan bahasa singkat. Ketiga, dilengkapi dengan kisah hikmah yang sesuai dengan makna hadits, baik kisah sahabat maupun fiksi yang disesuaikan dengan tema hadits.

Hal lain yang menjadi kelebihan buku ini, di dalamnya terdapat cerita bergambar yang disukai oleh anak-anak dan aneka permainan mencerdaskan, baik berupa olah kata, pengenalan akhlak terpuji melalui kotak kata, dan sebagainya. []

Detail Buku

Judul : 40 Hadits Shahih Untuk Anak
Penulis : Tethy Ezokanzo
Penerbit : Tiga Anada (Anggota Tiga Serangkai) – Solo
Cetakan : Pertama, April 2014
Tebal : 176 hlm; 24 cm
ISBN : 978-602-257-658-7

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.