Beranda Tazkiyah Fadhilah 8 Menit Amal yang Memasukkan ke Surga

8 Menit Amal yang Memasukkan ke Surga

0
amal yang memasukkan ke surga

Setiap manusia pasti ingin masuk surga. Ada satu amalan, yang melakukannya hanya dibutuhkan waktu sekitar delapan menit, namun Allah memberikan balasan berupa surga. Apa delapan menit amal yang memasukkan ke surga itu?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadits shahih:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ مُقْبِلٌ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Tidak seorang muslim pun berwudhu lalu memperbagus wudhunya, kemudian ia sholat dua rakaat dengan penuh khusyu’, melainkan wajib baginya mendapatkan surga.” (HR. Muslim)

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Tidak seorang pun berwudhu lalu memperbagus wudhunya, kemudian ia sholat dua rakaat dengan penuh khusyu’, melainkan wajib baginya mendapatkan surga.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Menyempurnakan Wudhu dan Sholat Dua Rakaat

Ya, wudhu dengan baik lalu sholat dua rakaat dengan penuh khusyu’ adalah amalan itu. Rasulullah mensabdakan bahwa muslim yang melakukannya akan diganjar Allah dengan surga. Surga diwajibkan untuknya. Wajib baginya mendapatkan surga.

Wudhu dan sholat sunnah dua rakaat itu, bisa dikerjakan dalam waktu delapan menit. Sekitar tiga menit wudhu dan sekitar lima menit sholat dua rakaat.

Hadits ini menunjukkan keutamaan wudhu. Sekaligus menunjukkan betapa sayangnya Allah kepada hambaNya. Dia melipatgandakan pahala. Dia membalas amal hambaNya dengan pahal berlipat ganda. Bahkan memberikan kenikmatan abadi berupa surga bagi hamba yang dikehendakiNya, kadang-kadang dengan amal yang tidak sebanding dengan nilai surga tersebut.

Baca juga: Sholat Dhuha

Keutamaan Wudhu Lainnya

Wudhu juga memiliki sejumlah keutamaan lain yang luar biasa. Di antara keutamaan wudhu adalah:

1. Membersihkan dosa

Dari Abdullah Ash Shunabahi radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang hamba berwudhu lalu berkumur-kumur, maka keluarlah dosa-dosa dari mulutnya. Ketika ia membersihkan hidung maka dosa-dosanya akan keluar dari hidungnya. Ketika ia membasuh muka maka dosa-dosanya akan keluar dari wajahnya hingga di bawah kelopak matanya.

Ketika ia membasuh kedua tangan maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kukunya. Ketika ia ia menyapu kepalanya maka dosanya akan keluar dari kepala bahkan dari kedua telinganya. Ketika ia membasuh kedua kakinya maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kuku jari-jari kakinya. Kemudian perjalanannya menuju masjid dan shalatnya menjadi pahala yang bersih baginya.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

2. Mengangkat derajat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku tunjukkan padamu hal-hal yang Allah akan menghapuskan dosamu serta mengangkat derajatmu?” Para sahabat menjawab, “Mau ya Rasulullah.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika menghadapi kesusahan, memperbanyak langkah menuju masjid, serta menunggu shalat demi shalat. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath.” (HR. Muslim)

3. Wajah dan anggota wudhunya bercahaya

“Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat nanti dengan wajah dan anggota badan bersinar karena bekas air wudhu. Maka barangsiapa yang bisa memanjangkan cahayanya, hendaklah ia melakukanya.” (HR. Muslim)

Demikian delapan menit amal yang memasukkan ke surga. Dan demikianlah keutamaan wudhu yang luar biasa. Untuk pembahasan lengkap tata cara wudhu hingga niatnya, bisa dibaca di artikel Niat Wudhu. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.