Beranda Kisah-Sejarah Kisah Sahabat Beginilah Bentuk Fisik dan Gaya Berpakaian Ali bin Abi Thalib

Beginilah Bentuk Fisik dan Gaya Berpakaian Ali bin Abi Thalib

Ilustrasi: blogger

Nama Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muththalib bin Hasyim. Abu Thalib adalah saudara kandung Abdullah bin Abdul Muththalib, ayah baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Jadi Ali bin Abi Thalib adalah saudara sepupu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau terkenal dengan julukan Abul Hasan dan Abu Turab.

Semenjak kecil beliau hidup diasuh oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, karena ayahnya terlalu banyak beban dan tugas yang sangat banyak dan juga banyak keluarga yang harus dinafkahi, sedangkan Abu Thalib hanya memiliki sedikit harta semenjak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam masih anak-anak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengasuhnya sebagai balas budi terhadap pamannya, Abu Thalib yang telah mengasuh beliau ketika beliau tidak punya bapak dan ibu serta kehilangan kakek tercintanya, Abdul Muththalib.

Bagaimana bentuk fisik dan cara berpakaian Ali?

Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muththalib bin Hasyim adalah sosok yang memiliki tubuh yang kekar dan lebar, padat berisi dengan postur tubuh yang tidak tinggi, perut besar, warna kulit sawo matang, berjenggot tebal berwarna putih seperti kapas, kedua matanya sangat tajam, murah senyum, berwajah tampan, dan memiliki gigi yang bagus, dan bila berjalan sangat cepat.

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu‘anhu adalah sosok manusia yang hidup zuhud dan sederhana, memakai pakaian seadanya atau tidak berlebihan dan tidak terikat dengan corak atau warna tertentu. Pakaian beliau berbentuk sarung yang tersimpul di atas pusat dan menggantung sampai setengah betis, dan pada bagian atas tubuh beliau adalah rida’ atau selendang dan bahkan pakaian bagian atas beliau bertambal. Ali bin Abi Thalib juga selalu mengenakan kopiah putih buatan Mesir yang dililit dengan surban.

Ali bin Abi Thalib juga kerap memasuki pasar, menyuruh para pedagang bertakwa kepada Allah dan menjual dengan cara yang ma’ruf tanpa kecurangan atau menipu timbangan.

Ali bin Abi Thalib yang berwajah good looking itu menikahi Fatimah az-Zahra putri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan dikarunia dua orang putra, yaitu al-Hasan dan al-Husain. [Paramuda/BersamaDakwah]